semestafakta

Sedikit yang kita tahu tentang semesta…

162 FAKTA MENARIK TENTANG IRLANDIA

1. Tiga warna di bendera Irlandia yang diciptakan pada tahun 1848, didesain untuk melambangkan realitas politik Irlandia. Warna orange menyimbulkan agama Protestan Irlandia, warna hijau untuk Katolik Irlandia dan warna putih melambangkan harapan perdamaian diantara keduanya.

semestafakta-irelang flag

2. Nama tidak resmi Irlandia adalah “Daratan Zamrud” (Emerald Island). Memang di sana suasana hijau dan sejuk. Para ahli menyatakan bahwa flora Irlandia menggambarkan lebih dari empat puluh tempat teduh yang hijau. Penyanyi Irlandia tekenal, Johnny Cash, bahkan menulis lagu yang menggambarkan suasana tersebut dengan judul, “40 Shade of Green”.

semestafakta-ireland ma

3. Lagu nasional Irlandia adalah Amhrán na bhFiann.

4. Nama “Leprechaun” mempunyai beragam asal-usul. Ada yang mengatakan berasal dari istilah Gaelik, yaitu “Leipreachan” yang artinya “bidadari lunak/encer. Ada lagi yang mengatakan berasal dari “Leath bhrogan” yang artinya “tukang sepatu”.

4. Belfast adalah ibu kota Wilayah Irlandia bagian Selatan (Inggris) dan Dublin adalah ibu kota wilayah-wilayah bagian dari Irlandia.

5. Yang unik di Irlandia adalah banyaknya rawa-rawa di sana. Rawa-rawa menempati area 12.000 km persegi dan sudah terbentuk sejak zaman neolitik.

6. Hampir setiap wilayah di Irlandia terdapat kastil sebagai saksi bisu dalam sejarah Irlandia. Diantara kastil tersebut adalah kastil Belleli, Bunratty, Caldwell, Bellintobir, Kerraykfirgus, Kloghen, King John, Monie, Donsoghlay, dan lain-lain. Banyak dari kastil tersebut sekarnag berubah menjadi hotel berbintang.

7. Irlandia adalah salah satu dari 12 negara uni Eropa yang pertama kali memakai mata uang Euro pada tahun 2002.

8. Pound Sterling adalah mata uang yang digunakan 6 wilayah Irlandia bagian utara yang menjadi bagian dari Inggris. Ke 26 wilayah Irlandia lainnya menggunakan mata uang Euro.

9. Kota Glenties, di wilayah Donegal, di bagian utara pulau tersebut paling banyak memenangkan kota paling teratur dan rapi dengan 5 kali kemenangan.

10. Irlandia tidak ikut dalam Perang Dunia II. Irlandia memilih netral, meski banyak orang Irlandia yang meninggalkan militer Irlandia untuk bergabung dengan tentara Inggris.

11. Situs Neolitik Newgrange (3200 SM), di wilayah Meath, adalah pemakaman cagar budaya paling baik di Eropa. Ruang tengah monumennya dibuat lurus dengan matahari terbit pada titik balik matahari musim dingin, dan menjadi ‘observatorium matahari’ tertua di dunia.

12. Beberapa kilometer dari Newgrange, kuburan Knowth, berisi lebih dari sepertiga dari jumlah keseluruhan seni megalitik di seluruh Eropa Barat.

13. Pemakaman di Carrowmore, County Sligo, adalah pemakaman megalitik terbesar (salah satu dari 30) makam megalitik di Irlandia dan Inggris.

14. Padang Céide di County Mayo, adalah situs zaman batu paling luas di dunia. Situs ini berisi sistem lapangan tertua yang terkenal di dunia (berusia 6000 tahun), juga pagar batu terbesar di Eropa (77 km).

semestafakta-The Céide Fields in County Mayo

15. Bukit Uisneach, di County Westmeath, adalah sebagai pusat tradisional Irlandia. Meski terletak 20 km dari pusat geografis Irlandia yang sebenarnya (sebelah selatan Athlone), lokasi dari bukit setinggi 182 meter ini sangat luar biasa karena faktanya bahwa 22 negara, dua pertiga dari Irlandia, dapat dilihat dari puncak bukit ini. Pada zaman pertengahan, bukit ini merupakan situs api unggun utama dari festival Beltane (1 Mei), yang menandai awal musim panas.

semestafakta-The Hill of Uisneach

16. Sampai abad ke-11, Bukit Tara (dekat Navan, County Meath), merupakan tempat bagi raja-raja Agung Irlandia, ibu kota politik dan keagamaan Irlandia, dan juga sebagai pusat lalu lintas kuno Irlandia.

17. Pada tahun 1854, tiga pekerja laki-laki membuka jalan untuk jalur rel kereta Ennis yang melintasi sisa-sisa peninggalan benteng bukit zaman perunggu, Mooghaun Hillfort, yang kemudian menjadi benteng bukit terbesar di Irlandia. Di situs tersebut terdapat kotak batu berisi 150 obyek, yang kebanyakan terbuat dari emas. Situs tersebut adalah penemuan terbesar bermacam-macam obyek emas di Eropa Barat, dan dikenal sebagai Great Clare Gold Find.

semestafakta-Bronze Age Mooghaun Hillfort semestafakta-Bronze Age Mooghaun Hillfort2 semestafakta-Bronze Age Mooghaun Hillfort3

18. Halloween berasal dari festival bangsa Irlandia yang bernama Samhain, yaitu festival panen yang diadakan pada tanggal 31 Oktober untuk menandai berakhirnya musim panas. Festival Samhain kemudian menjadi kebiasaan seluruh orang suci (Saints) ada 1 November dari awal zaman Pertengahan dan berkembang terus selama berabadabad yang kemudian melahirkan tradisi Halloween.

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

semestafakta-halloween2

534841746

534841746

semestafakta-halloween4 semestafakta-halloween5

semestafakta-Samhain2 semestafakta-Samhain3 semestafakta-Samhain4

19. St. Patrick sebenarnya bukan berasal dari Irlandia, seperti anggapan banyak orang. St. Patrick dikenal karena sebagai orang suci pelindung bangsa Irlandia dan mempunyai hari yang berasal dari namanya yang dirayakan orang di dunia dengan minum-minuman. St. Patrick sebenarnya adalah putra bangsa Romawi yang tinggal di Inggris, yang menurut legendanya, dia diculik dan dijadikan budak di pulau Emerald sebagai penggembala kambing.

semestafakta- St. Patrick

20. Meski Santa Patrick itu adalah santa pelindung bangsa Irlandia, tetapi hari St. Patrick pertama diperingati justru di Amerika, yaitu di kota New York dan bukan di Irlandia. New York pertama memperingati parade Hari St. Patric k pada tahun 1762.

21. Hari St. Patrick diperingati lebih khidmat di Irlandia dibandingkan dengan minum-minuman. Di seluruh dunia, khususnya di Amerika, Hari St atrick diperingati dengan minum bir hijau yang murah. Namun di Irlandia, sebagai asal perayaan Hari St. Patrick, diperingati sebagai hari suci dan khidmat tanpa minum-minuman. Tapi sekarang di Irlandia sendiri sudah terengaruh perayaan Hari St. Patrick model Amerika.

semestafakta-St. Patrick day semestafakta-St. Patrick day2

22. Maewyn Succat dipercaya sebagai nama asli St. Patrick.

23. Memakai dasi hijau, memakai pakaian atau topi berwarna hijau adalah bukan tradisi Irlandia asli dalam merayakan Hari St. Patrich. Orang Irlandia pada hari St. Patrick akan memakai jas dengan menyelipkan setangkai daun semanggi.

24. Mantra dalam time quartet yang terkenal karya Madeleine L’Engle, adalah berasal dari doa atau mantranya St. Patrick.

25. Londonderry’s Banks of the Foyle Halloween Carnival adalah perayaan Halloween tertua di Irlandia dan juga merupakan pesta jalanan terbesar di Irlandia.

26. Bahasa nenek moyang orang Irlandia adalah Gaelik Irlandia. Sekarang, 1,6 juta penduduk mengklaim pandai dalam berbahasa Irlandia, tetapi hanya ada 380.000 yang fasih dan lancar.

27. Inilah contoh dari bahasa Gaelik: Failte (FAHLT-shuh)= Selamat datang; Conas ta tu? (CONN-us A-thaw too)=Apa kabar ?; Go raibh maith agat (guh riv muh AG-ut)= Terima kasih; Slan (slawn) = Selamat tinggal; Taim sugach! (taw im SOO-gakh) = Saya sedang mabuk!; Slainte (SLAWN-chuh/SLAWN-tuh)= Horeee; Gall (gaul) = orang asing; Cill (kill) = Gereja; Caislean(CASH-loin) = Kastil; Garda (gard-uh) = Polisi; Leithras (LEH-hrass)= toilet; Teach (chockh) = Rumah.

28. Menurut para sejarawan, lebih dari 4% semua presiden Amerika adalah keturunan Irlandia.

29. Sembilan dari orang yang menandatangani Declaration of Independence adalah keturunan Irlandia, dan sembilanbelas presiden Amerika adalah keturunan Irlandia, termasuk George Washington.

30. Banyak kota di Amerika mempunyai nama khas Irlandia. Di West Virginia ada Gunung Gay-Shamrock. Di Indiana ada Danau Shamrock. Di Oklahoma dan Texas ada Shamrock. Di di Califronia, Ohio, dan Dublin ada Dublin.

31. 70 juta orang di dunia mengaku keturunan Irlandia.

32. Di Irlandia ada Batu Blarney di Kastil Blarney yang dianggap mempunyai kekuatan magis. Orang yang menciumnya akan menjadi pembicara atau juru bicara yang hebat.

33. Arah kincir angin di Irlandia adalah mengikuti arah jarum jam, dan berbeda dari arah gerakan kincir angin di seluruh dunia.

34. Menurut statistik, 57% orang Irlandia memakai kontak lensa.

45. Di Irlandia, menguburkan tubuh sampai leher di sungai yang kering dipercaya merupakan cara terbaik untuk menyembuhkan sakit setelah bangun pagi karena kebanyakan minuman beralkohol.

36. Hurling (lempar bola) adalah salah satu olahraga nasional Irlandia. Permainan Gaelis kuno ini berasal dari abad ke-7. Permainan ini mirip dengan Hockey, tetapi bola banyak melambung di udara.

semestafakta-Hurling

37. St. Brendan dianggap telah menemukan Amerika 1000 tahun sebelum Columbus menemukannya.

semestafakta-Saint Brendan 2 semestafakta-Saint Brendan

38. 88% penduduk Irlandia memeluk Katolik Roma. Republik Irlandia merupakan salah satu negara yang penduduknya banyak menghadiri gereja di Dunia Barat (sekitar 45% peduduknya mengikuti Misa di gereja)

39. Hanya 9% penduduk Irlandia yang rambutnya berwarna merah/pirang alami.

40. James Hoban, dari Irlandia, adalah yang mendesain Gedung Putih di Amerika. Ada tahun 1792, George Washington dan Thomas Jefferson mengadakan lomba untuk menemukan orang yang akan membangun tempat kediaman presiden, dan orang tersebut adalah James Hoban.

41. William Brown dari Irlandia (yang di Spanyol dikenal dengan “Guillermo Brown) adalah salah satu dari pahlawan nasional Argentina. Dia dikenal sebagai “Bapak Angkatan Laut Argentina” dan merupakan pemimpin penting dalam perjuangan kemerdekaan Argentina.

semestafakta-William Brown

42. Nama tempat terpanjang di Irlandia adalah Muckanaghederdauhaulia, di wilayah Galway (County Galway). Nama ini memunyai arti “rawa-rawa babi diantara dua lautan”

43. Jack dan Emily adalah nama pavorit Irlandia selama tahun 2011 dan 2012.

44. Tokoh Zorro yang sebenarnya adalah berasal dari Irlandia.

45. Krim Irlandia Bailey yang diluncurkan di Irlandia pada awal tahun 70-an, sekarang menjadi minuman yang sangat populer di dunia.

semestafakta-Baileys Irish Cream

46. Di Irlandia lebih banyak handphone dibandingkan penduduknya.

47. Goat Sucker (Kambing Penghisap) adalah nama bagi penduduk wilayah Wicklow.

48. Kapal Titanik dibuat di Irlandia, yaitu di Belfast.

49. John Wodd Dunlop menemukan jam angin di Belfast.

50. James Murray menemukan Susu Magnesia di Belfast.

semestafakta-James FitzMaurice

51. Lord Kevlin menemukan hukum Termodinamika ke-2 di Belfast.

52. Bar terbesar di Irlandia adalah bar Johnnie Fox’s sedangkan bar terkecil adalah bar Bittles.

semestafakta-Johnnie Fox's semestafakta-Johnnie Fox's2

53. Derek (crane) di Belfast dinamakan dengan Samson dan Goliath.

54. Belfast mempunyai dermaga kapal paling kering di dunia.

55. “Starway to Heaven” nya Lez Zeppelin pertama kali live di Ulster Hall.

56. Jam Albert di Belfast adalah ‘menara Pisa’ nya Irlandia. Kemiringannya sejauh 1,25 meter.

semestafakta-albert clock

57. Dolores McNamara dari Limerick memenangkan lotere Euromillion sebesar 115 juta Euro.

58. Irlandia adalah negara terbaik peringkat ke-7 dalam penyelenggaraan FIFA World Cup.

59. Irlandia mempunyai stadiun sepak bola terbesar ke-4 di Eropa, yaitu stadiun Croke Park di Dublin dan menjadi markas Gaelic Athletic Association.

semestafakta-croke park

60. Irlandia adalah peringkat ke-9 dari 178 negara dengan stabilitas sosial, ekonomi, dan politik yang tinggi.

61. Irlandia adalah negara pertama di dunia yang mengkampanyekan larangan merokok pada bulan Maret 2004. Irlandia juga negara pertama yang mengkampanyekan larangan pemakaian kantong plastik di toko-toko.

62. Pertambangan Tara di dekat Narvan adalah tambang zinc terbesar di Eropa dan terbesar kelima di dunia.

63. Astronom William Edward Wilson (1851-1908) adalah orang yang pertama kali mengambil foto matahari, bulan, bintang, dan gerhana matahari. Pada tahun 1889, dia menjadi orang yang pertama kali mengukur temperatur matahari, yang mencapai perkiraan 6590°C, dan mendekati pengukuran modern, yaitu 6075°C.

semestafakta-William Edward Wilson

64. Irlandia mempunyai pesta Olimpiade sendiri sejak zaman perunggu. Permainan Tailteann (Aonach Tailteann), seperti yang mereka kenal, adalah kontes atletik yang diadakan untuk menghormati dewa-dewa kematian, Tailtiu, istri Lugh. Meski dalam sejarahnya terbukti permainan ini diadakan dari abad ke-6 sampai ke-12 M, namun sudah menjadi anggapan bahwa asal-usul permainan Tailteann adalah sejak tahun 632 SM, atau bahkan jauh sebelumnya pada tahun 1600 SM (sedangkan permainan Olimiade Yunani adalah sejak tahun 776 SM). Permainan modern yang masih bertahan diadakan sejak tahun 1924.

semestafakta-tailte god

65. John Butler Yeats adalah pemenang medali Olimpiade pertama untuk Irlandia dalam melukis. Lukisannya, The Liffey Swim, memenangkan medali perak pada tahun 1924 pada olimpiade Musim Panas di Paris.

semestafakta-John Butler Yeats

semestafakta-The Liffey Swim

66. Irlandia adalah salah satu negara terakhir di Eropa yang mengadopsi sistem feodal (yang diperkenalkan oleh Inggris). Pada abad pertengahan, masyarakat Irlandia memelihara organisasi masyarakat Celtik tradisional yang berdasar pada suku. Ketiadaan feudalisme berarti bahwa di sana tidak perbudakan. Irlandia adalah salah satu negara Eropa yang menghapus perbudakan rakyatnya sendiri (dan menentang mengimport budak dari luar Irlandia).

67. Irlandia menggratiskan pendidikan kepada rakyatnya, bahkan sampai ke perguruan tinggi.

68. Tanah di Irlandia awalnya tidak ditanami padi-padian (kecuali di sebagian kecil di bagian tenggara) sampai diperkenalkannya mesin dan pupuk modern pada abad ke-20. Sebelum itu, Irlandia hanya mengandalkan peternakan, mungkin sejak Proto-Celts (keturunan dari Indo Eropa dari padang rumput Pontic) yang menghuni daratan tersebut sekitar tahun 2000 SM.

69. Didirikan dari tahun 1729, Gedung Parlemen Irlandia di Dublin, adalah gedung parlemen pertama di dunia dan sekarang menjadi pusat Bank Irlandia.

70. Kota Dublin dulunya bernama “Dubb Linn”, yang berarti “Kolam Hitam”. Nama tersebut menunjukkan danau kuno di kota tersebut, yang sekarang menjadi bagian dari Kebun Binatang Kota Dublin.

71. Kereta komuter pinggiran kota pertama di dunia dibuka dari Dublin ke Dun Laoghaire pada tahun 1834 (dua tahun sebelum pembukaan jalan kereta London dan Greenwich).

72. Rumah sakit Rotunda di Dublin adalah rumah sakit bersalin terpanjang di dunia yang sudah beroperasi sejak tahun 1745.

73. Istilah “boycott” (boikot) berasal dari orang Irlandia, Kapten James Boycott (1832-1897), yaitu seorang tuan tanah dari Ulster. Ada tahun 1880, setelah menolak mengurangi sewa tanahnya, Liga Tanah Irlandia memutuskan berhenti berhubungan dengannya. Seluruh masyarakat mulai mengasingkan dia dan bahkan toko-toko menolak melayaninya. The Time of London dengan segera menggunakan namanya untuk istilah isolasi/pengasingan dan istilah tersebut (boycott/boikot) masuk dalam kosa kata bahasa Inggris.

semestafakta-James Boycott semestafakta-James Boycott2

74. Bar tertua di Irlandia, Bar Sean, sudah berdiri selama 900 tahun yang lalu. Bar resmi tertua di Irlandia adalah Bar Grace Neill di Donaghadee, yang berdiri pada tahun 1611.

semestafakta-Sean's Bar 2 semestafakta-sean's bar

75. Distrik Temple Bar di Dublin berasal dari nama Sir William Temple, yang rumah dan tamannya berlokasi di sana pada abad ke-17 (“bar” dipakai sebagai nama umum Anglo-Saxon untuk pos jaga)

76. Irlandia menempati urutan keempat sebagai negara dengan pengkonsumsi bir terbanyak di dunia, setelah Jerman, Austria, dan Republik Czech.

77. Arthur Guinness (pemilik merek bir terkenal, Guinness), memiliki 21 anak.

78. Bir-bir terkenal yang berasal dari Irlandia adalah Guinness, Smithwicks (Kilkenny), dan Harp Lager.

semestafakta-guinnesssemestafakta-harp lagersemestafakta-Swithwicks

79. Pada tahun 1840-an Irlandia memperkenalkan Bikarbonat soda yang melahirkan roti soda Irlandia.

80. Pada tahun 1876 Guinness mendaftar harpa sebagai simbolnya, sebelum alat musik harpa menjadi simbol Irlandia.

81. Pada Juni 2010, setiap pendonor darah di Irlandia akan mendapat satu sloki bir Guinness. Setelah itu, perusahaan Guinness menolak mempromosikan alkohol sebagai minuman yang memabukkan.

82. Setiap harinya ada 10 juta gelas Guinnes yang diminum di seluruh dunia.

83. Ada sekitar 50 jenis makanan dan masakan khas Irlandia. Diantaranya adalah Slow-Cooker Corned Beef & Cabbage (Daging sapi dan Kubis Korned), Banger & Mash (Bubur Sosis), roti cokelat Irlandia, Slow-Cooker Beef Stew, Irish Cream Bundt Cake, Boxty, Kue Stepherd tradisional Irlandia, Dublin Coddle, Purple Cabbage & Pecan Salada, Kue Steak Guinness, Dely-Style Corned Beef, Roti Soda Asli Irlandia, Kue Apel Irlandia, Salad Shamrock, Salmon Panggang Irlandia, Guinness-Cheese Spread, dan lain-lain.

semestafakta-Bangers & Mash semestafakta-Dublin Coddle semestafakta-Irish Roasted Salmon semestafakta-Periwinkles semestafakta-Purple Cabbage & Pecan Salad semestafakta-Shepherd's Pie semestafakta-Slow-Cooker Corned Beef & Cabbage semestafakta-Steak & Guinness Pie semestafakta-Ultimate Irish Apple Cake

84. Makanan paling lezat di Irlandia Utara adalah Ulster Fry, yang secara tradisional terbuat dari bahan-bahan berkolesterol tinggi, seperti daging babi, telur, roti soda, saos, roti kentang, jamur, tomat bakar, buncis bakar, dan puding hitam.

semestafakta-Ulster Fry

85. Majalah Playboy dilegalkan di Irlandia pada tahun 1995.

86. Tidak ada hukuman mati di Irlandia. Hukuman mati terakhir dilakukan pada tahun 1954.

87. Tiga simbol paling terkenal di Irlandia adalah Shamrock hijau (semanggi), harpa, dan salib Celtik.

semestafakta-Celtic cross semestafakta-green Shamrock semestafakta-the harp

88. Menurut legendanya, masing-masing helaian daun semanggi mempunyai arti. Helaian daun yang pertama adalah perlambang harapan, yang kedua adalah keyakinan/iman, yang ketiga adalah cinta, dan yang keempat adalah keberuntungan.

semestafakta-green Shamrock2

89. Kurang dari 70 tahun setelah kemerdekaan, Irlandia memilih presiden wanita pertama pertama Irlandia, yaitu Marie Robinson

90. Irlandia menempati peringkat ke-10 sebagai negara yang baik untuk perkembangan dan pertumbuhan anak.

91. Irlandia adalah satu-satunya negara di dunia yang menjadikan alat musik, yaitu harpa sebagai simbol kebangsaannya. Harpa yang tertua ada di Trinity College, yang dibuat tahun 1300 an.

semestafakta-harp in trinity college

92. Trinity College pernah digunakan sebagai penjara pada tahun 1700-an.

93. Gedung tertinggi di Irlandia adalah 17 lantai yang berlokasi di Cork.

94. Jembatan O’Connel pada awalnya dibuat dari tali yang hanya bisa dilewati oleh satu orang dan keledai. Kemudian jembatan ini dibangun kembali pada tahun 1801 dengan menggunakan kayu. Pada tahun 1863, dibangun kembali dengan lebih modern tetapi dengan nama awalnya adalah Carlisle.

semestafakta-O'Connel bridge

95. Pada zaman pertengahan, Lough Derg dianggap sebagai salah satu dari dua tempat untuk masuk ke neraka. Tempat satunya adalah Gunung Etna di Sisilia.

96. Ibu kota Skotlandia adalah Edinburgh. Nama tersebut adalah untuk menghormati suster Edany dari Irlandia, yang membangun biara di sana pada abad ke-6.

97. Tanah berlumpur terbesar di dunia adalah tanah berlumpur Allen di Irlandia yang luasnya mencapai 400 mil per segi.

98. Di wilayah Tyrone, di pinggir Lough Neagh terdapat pohon suci yang membawa keberuntungan bila orang melemparkan koin di batang pohonnya. Tetapi sayangnya pohon tersebut sekarang mati karena terkenal limbah logam beracun.

99. Di Irlandia kamar mandi dinamakan dengan toilet, sedangkan kafetaria dinamakan dengan kantin.

100. Budaya Irlandia mewariskan kepada kita joget atau dansa modern. Berasal dari dansa Irlandia tradisional, Michael Flatley menciptakan joget irama modern yang memukau dunia yang dilambangkan oleh pertunjukan seperti Riverdance dan Lord of The Dance

semestafakta- Lord of the Dance semestafakta- Riverdance

101. Kebanyakan nama-nama keluarga di Irlandia diawali dengan “Mac” atau “O”, yang dalam bahasa Gaelik berturut-turut mempunyai arti “anak dari….” dan “cucu laki-laki dari…”

102. Petunjuk jalan di Irlandia disamping dipasang di papan berdiri juga dipasang di tembok.

semestafakta-street sign semestafakta-street sign2

103. Sejak tahun 1981, Konser Slane diadakan setiap tahun di halaman Kastil Slane, atas inisiatif dari pemiliknya, yaitu Marquess Conyngham ke-8. Para artis yang tamil di Slane adalah David Bowie, Bob Dylan, Queen, The Rolling Stones, Bruce Springsteen, Guns N’ Roses, R.E.M., The Verve, Robbie William, Bryan Adams, U2, Red Hot Chili Peppers, Madonna, dan Oasis.

104. Ada 22 Grammy Award dimanangkan oleh roker dari Irlandia, yaitu U2.

105. Kontribusi terbesar Irlandia terhadap budaya pop adalah Father Ted, yaitu tayangan menyindir tentang tiga pendeta Katolik yang dibuang ke Pulau Craggy sebagai hukuman karena melanggar hukum agama. karya ini dibuat oleh seorang penulis Irlandia, Arthur Mathews dan Graham Linehan.

semestafakta-Father Ted

106. Irlandia memenangkan tujuh kali Eurovision Song Contest (pada tahun 1970, 1980, 1987, 1992, 1993, 1994, dan 1996), lebih banyak dari negara manapun.

107. Di Irlandia tidak ada kode pos selain di Dublin dan Cork City.

108. Di Irlandia ada tempat khusus rekrasi hutan, yaitu bernama “the Clit”.

109. Dalkey, kota pinggiran Dublin, adalah “Beverly Hills” nya Irlandia, rumah bagi para selebritis Irlandia, seperti penulis Maeve Binchy, Roddy Doyle, dan Hugh Leonard, sutradara film Neil Jordan dan Jim Sheridan, juga beberaa tokoh musik internasional, seperti Bono anggota U2 dan The Edge, Enya, Chris de Burgh dan Van Morrison. Diantara bekas penduduknya adalah James Joyce, George Bernard Shaw, dan penyanyi yang lebih belakangan Jim Kerr, dan pembalap F1 Damon Hill dan Eddie Irvine.

semestafakta-dalkey semestafakta-dalkey2

110. U2 dan The Cranberries adalah kelompok musik dari Irlandia.

111. Cerita vampire yang terkenal di dunia, Count Dracula, ditulis ada tahun 1887 oleh Bram Stoker, dari Dublin. Inspirasi karakter tokohnya dalam kehiduan nyata adalah temannya, yaitu aktor Sir Henry Irving. Count Dracula adalah puncak dari cerita vampire selama 20 tahun dalam literatur Victoria. Dracula dianggap terinspirasi oleh legenda Irlandia kuno, Abhartach, yaitu kepala suku jahat, yang setelah dikhianati oleh korbannya dan kemudian dibunuh oleh pahlawan Cathrain, dia bangkit dari kuburnya setiap malam untuk minum darah korbannya.

semestafakta-Bram Stoker

112. Novelis lainnya yang berontribusi terhadap dunia literatur adalah Jonathan Swift dengan karyanya Gulliver’s Travels, dan James Joyce dengan novelnya Ulysses.

semestafakta-Gulliver’s Travels semestafakta-Gulliver’s Travels2

113. Ada 10 mitologi dan legenda yang terkenal di Irlandia, yaitu Leprechauns, Faeries, Finn MacCool, Shamrock, Santa Patrick, Children of Lir, Harpa Dagda, Changeling, Pookas, dan The Banshee.

114. Pada tanggal 12-16 Juni di Dublin diadakan Bloomsday, yaitu festival untuk memperingati kehidupan dan karya dari seorang penulis James Joyce.

115. Irlandia adalah daratan yang bebas dari ular, karena letaknya yang terisolasi dari daratan utama benua Eroa. Di Irlandia tidak terdapat binatang-binatang khas benua Eropa, seperti tikus mondok (moles), musang, kuskus, atau rusa.

116. Irlandia adalah satu-satunya negara Uni Eroa yang masih melarang aborsi (kecuali untuk melindungi keselamatan ibunya).

117. Pada ketinggian 688 meter di atas samudera Atlantik, Croaghaun (di Pulau Achill) adalah jurang tertinggi kedua di Eropa, setelah Cape Enniberg di Pulau Faroe.

semestafakta-Croaghaun

118. Taman Phoenix di Dublin seluas 707 hektar, adalah taman kota terbesar ketiga di Eropa setelah La Mandria di Venaria Reale (Turin) dan Taman Richmond di London.

semestafakta-Phoenix Park semestafakta-Phoenix Park2

119. Irish National Stud’s Japanese Garden, yang dibuat antara tahun 1906 dan 1910 oleh ahli perkebunan Tassa Eida, dianggap sebagai taman atau kebun terbaik di Eropa, yang berlokasi di Kildare.

semestafakta-The Irish National Stud's Japanese Gardenssemestafakta-Tassa Eida

120. Mercusuar Hook dianggap sebagai mercusuar tertua yang masih dipakai di Eropa, dan barangkali yang tertua di dunia. Berlokasi di Hook Head, di County Wexford, bangunan terakhir rampung pada tahun 1172 atau pada tahun 1245, meski dibangun pertama sejak abad ke-5.

semestafakta-Hook Lighthouse

121. Giant’s Causeway adalah masuk dalam delapan keajaiban dunia. Situs ini terdiri 40.000 batu basal batangan berbentuk heksagonal yang ditata atau dijejer saling berdekatan sehingga membentuk bukit. Masing-masing kumpulan batu tersebut mempunyai namanya sendiri-sendiri, seperti Giant’s Organ, Punchbowl, dan Wisihing Chair.

semestafakta-giant causeway semestafakta-giant causeway2

122. Royal Society for the revention of Cruelty to Animal (RSPA) didirikan pada tahun 1824 oleh Richard Martin, seorang politisi Irlandia dan salah satu aktivis pertama hak-hak binatang.

123. Ahli fisika Anglo-Irlandia, John Tyndall (1820-1892), adalah orang yang pertama menemukan efek rumah kaca, orang pertama yang menyatakan mengapa langit itu berwarna biru (efek Tyndall), juga sejumlah penemuan lain tentang proses atmosfer. Dia juga ilmuwan pertama yang ditunjuk sebagai ahli fisika khusus.

semestafakta-John Tyndall 2 semestafakta-John Tyndall

124. Sir James Martin adalah teknisi dari Co Down yang menemukan kursi ejector (kursi lontar pada pesawat) pertama di dunia.

semestafakta-ejector seat semestafakta-ejector seat2

125. Pada tahun 1830, Col. Edward Joshua Cooper menciptakan Observatorium Markee dirumahnya di Kastil Markee. Observatorium ini adalah observatorium pribadi yang paling maju ada zamannya, dan menyajikan teleskop dari besi pertama di dunia dan lensa pembias terbesar (34 cm). Pada tahun 1848, asisten Copper, Andrew Graham, menemukan asteroid Metis 9, yaitu satusatunya asteroid yang ernah ditemukan dari Irlandia.

126. Pada tahun 1845, William Parsons (1800-1867), Earl of Rosse ke-3, membangun Leviathan of Parsonstown, yaitu sebuah teleskop cermin dengan lubang bidik kamera sebesar 72 inc (1,8 m). Teleskop ini adalah teleskop terbesar di dunia sampai tahun 1917. Anaknya yang paling muda, Sir Charles Algernon Parsons (1854-1931), menemukan turbin uap dan membangun kapal perang dan kapal penumpang turbin pertama di dunia. Pada tahun 1879, kakak Charles, yaitu Earl of Ross ke4, memasang roda air yang dilengkapi dengan turbin di Sungai Camcor untuk mengalirkan listrik ke Kastil Birr dan ke perkotaan, dan menjadikan Birr (kota Parsons) sebagai kota pertama di dunia yang mendapat aliran listrik.

semestafakta-William Parsons

127. John Philip Holland (1840-1914) menemukan kapal selam pertama dengan berendorong diri ada tahun 1877. Dia kemudian membuat kaal selam ertama yang digunakan oleh angkatan laut Amerika (1900), angkatan laut Kerajaan (1901), dan Angkatan Laut Kerajaan Jeang (1904). Kemudian dia memainkan peran menentukan dalam kemenangan Jepang atas Russia pada tahun 1905, dan kemudian Holland mendapat hadiah atau enghargaan Order of the Rising Sun oleh Raja Meiji.

128. Louis Brennan (1852-1932), yaitu seorang teknisi mesin Irlandia yang pindah ke Australia, menemukan torpedo yang mamu dikendalikan pada tahun 1874. Ini adalah senjata pertama dalam sejarah yang dapat diarahkan dari jarak jauh menuju sasaran. Dia kemudian menemukan sistem monorel dengan keseimbangan groskois dan helikopter groskopis, yang menjadi helikopter tanpa awak pertama di dunia.

semestafakta-Louis Brennan semestafakta-Louis Brennan2 semestafakta-Louis Brennan3 semestafakta-Louis Brennan4 semestafakta-Louis Brennan5

129. Dilihat dari posisinya yang strategis di pinggir barat Eropa, Irlandia mempunyai peran yang menentukan dalam komunikasi jarak jauh pertama dengan Amerika Utara. Pada tahun 1907, penemu kuturunan Irlandia-Italia, Guglielmo Marconi, memasang stasiun radio transatlantik permanen pertama di dunia di Derrigimlagh Bog dekat Clifden, di County Galway. Stasiun tersebut beroperasi samai tahun 1918. Tahun selanjutnya, John Alcock dan Arthur Whitten melakukan penerbangan non stop pertama melintasi samudera Atlantik. Mereka terbang pada 14 Juni 1919 dari St. John di Newfoundland dan mendarat di stasiun Marconi, dengan membawa surat lintas Atlantik. Pada 12 – 13 April 1928, pilot kelahiran Dublin, Kapten James FitzMaurice terbang dari Dublin ke Newfoundland, yang menjadi penerbangan pertama Trans-Atlantik dari Timur ke Barat.

130. Pada 9 Juli 1939, pesawat Pan Am Clipper III meninggalkan Botwood, Newfoundland, dan pada hari berikutnya mendarat di Foynes, County Limerick. Pan Am Clipper III adalah penerbangan komersial langsung pertama dari Amerika ke Eropa. Selama tiga hari berikutnya, desa Foynes menjadi bandara sipil tersibuk di dunia, yang melayani penerbangan dari Amerika Utara ke Eropa. Humprey Bogart, Ernest Hemingway, John F. Kennedy, dan Eleanor Roosevelt semuanya terbang melalui bandara Foyness selama Perang Dunia II. Kopi Irlandia katanya ditemukan di Foynes pada tahun 1942 untuk menjamu dan menghibur para penumpang setelah pesawat Pan Am dipaksa kembali memutar balik karena cuaca yang buruk. Era keemasan ini diabadikan di Museum Pesawat Terbang Foynes, di situs bandara tua. Pada tahun 1942, bandara Shannon menggantikan Foynes sebagai pintu masuk ke Amerika.

semestafakta-an am clier semestafakta-Foynes Flying Boat Museum semestafakta-Foynes Flying Boat Museum2 semestafakta-foynes port

131. Hotel Woodenbridge, yang dibuka pada tahun 1608, adalah hotel tertua di Irlandia, yang berada di Vale of Avoca, Kabuaten Wicklow (County Wicklow).

semestafakta-Woodenbridge Hotel

132. Kastil Trim adalah kastil Anglo-Norman pertama yang dibangun (dari tahun 1169) di Irlandia, dan juga kastil terbesar yang pernah dibangun, yang luasnya mencapai 30.000 m persegi.

semestafakta-Trim Castle

133. Kastil Kilbrittain, di wilayah Cork, adalah kastil berpenghuni tertua di Irlandia. Kastil ini dibangun oleh suku O’mahony sekitar tahun 1035.

semestafakta-Kilbrittain Castle

134. Kastil Kilkea, di wilayah Kildare, adalah kastil berpenghuni terus-menerus tertua di Irlandia. Kastil ini adalah pusat kedudukan Fitzgeralds dari awal abad ke-13, kemudian sampai awal tahun 1960-an. Fitzgeralds dibuat oleh Barons od Offalay ada abad ke12, kemudian menjadi Pangeran Kildare (dari tahun 1316), dan kemudian menjadi Adiati Leinster (dari tahun 1766), yaitu gelar tertinggi di Irlandia. Kastil tersebut kemudian berubah menjadi hotel yang tutup dari tahun 2008-2010 karena krisis moneter Irlandia.

semestafakta-Kilkea Castle

135. Lomba balap perahu dayung pertama diadakan di Teluk Dublin pada tahun 1663.

136. Royal Cork Yacht Club (Klub Perahu Dayung Royal Cork) berdiri pada tahun 1720 dan merupakan klun perahu dayung tertua di dunia.

137. Harmsworth Cup, yang diadakan pertama pada tahun 1903 di Queenstown (Cobh), wilayah Cork, adalah penghargaan internasional pertama untuk balapan motorboat.

138. Pelabuhan Cork mengklaim sebagai pelabuhan alam terbesar kedua di dunia dengan area navigasi, setelah ort Jackson di Sydney. Klaim tersebut dinyatakan oleh pelabuhan Halifax di Kanada, dan pelabuhan Poole di Inggris.

semestafakta-Cork Harbour 2 semestafakta-Cork Harbour

139. Republik Irlandia mengalami ledakan ekonomi dramatis sejak akhir abad ke-20. Sampai krisis ekonomi tahun 2009, Irlandia mempunyai GDP tertinggi per kapita kedua di Uni Eropa (setelah Luxemburg), Indeks Pembangunan Manusia tertinggi ke-4 di dunia, kebebasan ekonomi tertinggi ke-3 di dunia. Selama tahun 2012 eringkat tersebut terus turun ke eringkat 5, 7, dan 9.

140. Perusahaan-perusahaan hi-tech Amerika besar-besaran berinvestasi di Irlandia. 25% komuter Eropa sekarang dibuat di Irlandia. Irlandia adalah eksportir software terbesar di dunia. Markas Eropa (atau regional) dan/atau layanan service Google, Microsoft, Apple, IBM, Dell, Intel, Motorola, Oracle, Lotus, dan Layanan Komputer Boeing semuanya berlokasi di Irlandia.

141. Pasangan di Irlandia dapat menikah secara sah pada hari St. Brigid (1 Februari) di Teltown, wilayah Meath, hanya dengan kedua saling berjalan ke arah asangan. Jika ernikahan tersebut gagal, keduanya bisa “bercerai” dengan keduanya berjalan dengan menjauhi pasangannya, pada hari St. Brigid tahun berikutnya. Tradisi ini berasal dari undang-undang Brehon Irlandia kuno, yang memperbolehkan kawin kontrak.

142. Patung “Oscar” untuk Academy Award didesain oleh Cedric Gibbons, yang lahir di Dublin ada tahun 1823. Gibbons indah ke Amerika dan diangga sebagai desainer to MGM yang sudah terlibat dalam pembuatan 1500 film.

semestafakta-Cedric Gibbons semestafakta-Cedric Gibbons2

143. Catherine Kelly, yang meninggal pada tahun 1785, dianggap sebagai wanita Irlandia yang terkecil. Dengan tinggi total hanya 34 inci dan beratnya 8 pond, dia dikenal sebagai “Peri Irlandia”

144. Jalan Montgomery di Dublin pernah menjadi distrik prostitusi di seluruh Eropa dengan 1600 pelacur yang diperdagangkan. Lagu kuno Irlandia berjudul “Take Me U To The Monto” mengingatkan masa itu.

145. Ada tujuh batu besar di Benteng pulau Aran, yaitu Dun Aonghasa, Dun Ducathair, Dun Eoghanacha dan Dun Eochla di Inishmore, Dun Chonchuir dan Dun Fearbhai di Inishmaan, dan Dun Formna di Inisheer. Awal “Dun” berarti “Benteng Kepala Suku”.

146. Grace O’Malley dikenal sebagai Ratu Bajak Laut, yang mengepalai kapal dengan kru lebih dari 200 orang laki-laki dari pantai barat Irlandia pada tahun 1500-an.

semestafakta-grace o malley2

147. Undang-undang zaman pertengahan di Irlandia memerbolehkan seorang laki-laki menceraikan istrinya karena telah membahayakan kehormatannya dengan cara tidak setia, mencuri, atau membuat kekotoran atau berantakan.

148. Orang kembar identik tertinggi yang pernah lahir adalah Knipe Bersaudara dari Magherafelt di wilayah Derry yang tingginya mencapai 7 kaki 2 inci dan lahir ada tahun 1761.

149. Irlandia pernah mempunyai kepercayaan takhayul bahwa bulan Mei adalah bulan yang jelek untuk melangsungkan pernikahan, karena dihubungkan dengan Perawan Maria. Tapi sekarang kepercayaan tersebut telah hilang, dan sebaliknya bulan Mei menjadi bulan pavorit untuk melangsungkan pernikahan di Irlandia.

150. Muhammad Ali adalah keturunan Irlandia. Buyut laki-lakinya lahir di Ennis, wilayah Clare, dan indah ke Kentucky ada tahun 1860-an. Di sana dia menikah dengan wanita keturunan Afrika-Amerika. Anak yang lahir dari pasangan ini juga menikahi wanita keturunan Afrika-Amerika, yang kemudian melahirkan ibunya Ali, Odessa Grady. Dia menikah dengan lelaki bernama Cassius Clay dan keduaya pindah ke Louisville dan di sana keduanya melahirkan Muhammad Ali.

151. Ernest Shackleton, yang terkenal karena keikutannya dalam ekspedisi antartika pada tahun 1901-1904 melintasi Ross Ice Shelf, adalah lahir di Kilkea, wilayah Kildare.

semestafakta-Ernest Shackleton

152. Jenderal Amerika pertama yang meninggal dalam Revolusi adalah Richard Montgomery, yang lahir di Donegal, Irlandia.

153. Pada saat mengadakan pelayaran, kapten laut Irlandia sering membawa batu kerikil dari Pulau Scattery, yaitu rumah bagi Santa Cannera, orang suci pelindung pelaut.

154. Di Irlandia bagian Utara, melarang orang mengunjungi sinema pada hari Minggu. Undang-undang Observasi Minggu (The Sunday Observation Act) akan mengenakan denda sebesar £50 bagi yang melanggarnya.

155. Bahasa Cina (Mandarin) banyak digunakan oleh kelompok minoritas di Irlandia bagian utara.

156. Di Irlandia bagian utara ada lomba menyelam di dalam lumpur dengan alat bantu pernapasan (snorkelling) yang diadakan setiap tahun.

157. Kastil Ballygally katanya dihuni oleh hantu Ratu Isobel Shaw yang menurut dugaan dia terunci di dalam kamarnya dan ditelantarkan sampai kelaparan oleh suaminya sampai dia melompat keluar jendela dan menemui ajalnya. Hantu tersebut terkunci di dalam kamar pada malam hari dan kemudian menghilang. Merinding jadinya !.

semestafakta- Ballygally Castle

158. Kebun binatang Belfast adalah rumah khusus bagi sekawanan kera berwajah ungu, kanguru pohon (Goodfellow) di Inggris dan Irlandia.

semestafakta-purple langursemestafakta-tree kangaro

159. Snack Tayto dari Irlandia Utara telah dibuat di kastil berusia 500 tahun. Snack tersebut dikirim ke orang Irlandia Utara dan terkenal di seluruh dunia dengan “selera rumah”.

semestafakta-tayto

160. Drisheen adalah jenis puding yang terbuat dari darah sapi, babi, atau kambing. Puding putih adalah campuran dari daging babi, sereal, roti, dan lemak. Periwinkle adalah siput laut yang direbus dalam air garam.

semestafakta-Drisheen 2 semestafakta-Drisheen

161. Orang Irlandia terkenal suka humor, yang mereka sebut sebagai “craic” (diucapkan dengan crack). Mereka juga terkenal suka saling mengejek (yang disebut “salgging”) kepada orang yang sudah akrab.

162. Di Irlandia, hanya butuh 5000 kopi agar lagu bisa menduduki top chart musik Irlandia.

Leave a comment

Information

This entry was posted on October 29, 2015 by .