semestafakta

Sedikit yang kita tahu tentang semesta…

56 FAKTA MENARIK TENTANG UZBEKISTAN

semestafakta-uzbekistan flag

1. Uzbekistan pernah menjadi bagian dari Kekaisaran Persia kuno dan kemudian dikalahkan oleh Alexander Agung pada abad ke-14 SM. Pada abad ke-8, suku nomaden Turkis yang tinggal di sana memeluk agama Islam karena serbuan tentara Arab yang menguasai daerah tersebut. Bangsa Mongol di bawah Ghengis Khan mengambil alih wilayah tersebut dari Saljuk Turki paada abad ke-13, dan kemudian menjadi bagidan dari Kekaisaran Agung Tamerlane dan para penggantinya sampai abad ke-16. Orang Uzbek menjajah wilayah tersebut pada awal abad ke-16 dan bersatu dengan penduduk di area tersebut. Negara kota ini menentang ekspansi Russia ke area tersebut tetapi dapat dikalahkan oleh tentara Russia pada pertengahan abad ke-19. Teritorial tersebut menjadi republik Uzbek pada tahun 1924 dan menjadi Republik Sosialis Soviet Uzbekistan pada tahun 1925. Di bawah pemerintahan Uni Soviet, Uzbekistan berkonsentrasi pada pertumbuhan kapas dengan bantuan irigasinya, mekanikanya, dan pupuk kimia serta pestisidanya yang menyebabkan kerusakan lingkungan yang serius.

semestafakta-uzbekistan map

2. Sejak merdeka dari Uni Soviet pada tahun 1991, Uzbekistan dipimpin oleh presiden Islam otokratis, Karimov, seorang bekas pemimpin Partai Komunis yang memerintah dengan tangan besi. Pada tahun 1999, setelah bom bunuh diri di bus, dia mendeklarasikan, “saya siap memenggal 200 kepala orang, untuk mengorbankan hidupnya, agar tercapai kedamaian di Republik Uzbekistan”. Ribuan tahanan politik dan agama mendapat siksaan mengerikan, bahkan dengan cara direbus hidup-hidup.

semestafakta-Karimov

3. Menurut Mark Dickens, penulis buku A Phoenix Rises n the Desert, Timur (Timurleng) resmi dianggap sebagai pahlawan nasional kemerdekaan baru Uzbekistan. Monumennya di Tashkent sekarang menggantikan monumen Marx yang sebelumnya berdiri di situ.

semestafakta-timurlane2semestafakta-timurlane

4. Ibu kota Uzbekistan adalah Tashkent. Kota ini sudah berusia lebih dari 2000 tahun. Nama Tashkent berubah dari masa ke masa. Pada awalnya bernama Chach, Shash, Binkent. Semua nama ini berhubungan dengan istilah “Tash” (batu) yang digunakan sebagai nama kota Tashkent (artinya “perkampungan batu”). Pada awalnya, kota ini tumbuh di tempat dengan nama yang serupa yang berada di persimpangan gunung yang berperan penting dalam perdagangan antara Timur dan Barat. Pada waktu itu, Tashkent merupakan benteng yang memukul mundur serangan suku nomaden. Tashkent juga masih menjadi pusat transportasi internasional penting.

5. Sekarang Tashkent terkenal sebagai salah satu pusat ilmu pengetahuan dan kebudayaan dunia. Akademik Opera dan Teater Ballet adalah benar-benar unik dengan arsitektur dan desain interiornya. Lapangan Teatrikal dengan air mancur  yang menarik di tengah-tengah teater adalah tempat pavorit rekreasi bagi penikmat kota Tashkent dan para pengunjung lainnya.

semestafakta-ballet

6. Di Bukhara terdapat patung Nasruddin Afandi (Nasrudin Hoja) yang sering dikaitkan dengan cerita fabel yang penuh humor bernuansa sufi dan sering mengandung pelajaran hikmah yang tersembunyi.

semestafakta-Nasreddin Afandi

7. Puncak tertinggi Uzbekistan berada di Adelunga Toghi (4301 meter) dan titik terendahnya berada di Sariqamish Kuli (12,8 meter). Sungai Amu Darya merupakan sungai terpanjang di Uzbekistan.

8. Kota Tashkent adalah sedikit dari kota di dunia dimana kamu bisa menyaksikan malam dengan terang bintang di langit karena rendahnya kandungan gas.

9. Penduduk Uzbekistan sangat mendambakan “negara yang damai” dengan mengatakan “Yurtimiz tinch, osmonimiz mussaffo bo’lsin“, yang artinya adalah “kita berharap negara kita tetap dalam keadaan damai dan langit kita selalu cerah (terhindar dari cuaca buruk).

10. Orang Uzbekistan sangat menghormati orang yang lebih tua dan tidak pernah menghina dan bahkan meneriaki orang tuanya. Ketika bertambah tua usianya, orang tua tinggal bersama anaknya yang paling muda. Semua anak-anaknya akan menikah dan kemudian akan pindah dengan rumah barunya yang dipersiapkan oleh orang tuanya.

11. Uzbekistan mempunyai banyak ilmuwan besar, misalnya Ibnu Sina dengan bukunya yang terkenal,  The Book of Healing dan The Canon of Medicine (Qanun fil Thib), yang digunakan di universitas-universitas Eropa pada akhir tahun 1650. Al Khawarizmi, yaitu seorang matematikawan, astronom, dan ahli geografi. Istilah Algoritma dan Algebra berasal dari namanya yang mempunyai peran penting dalam ilmu matematika. Al Biruni, yaitu seorang sejarawan, kronolog, dan ahli bahasa. Dia dikenal sebagai antropolog pertama dan bapak geodesi karena kontribusinya terhadap geografi. Di bulan terdapat kawah yang diberi nama dengan namanya. Akhmad Al Fergani, seorang astronom terkenal abad pertengahan adalah lahir di lembah Fergana.

semestafakta-al khawarizmi semestafakta-albirunisemestafakta-ibn sina

12. Tambang emas Muruntan Uzbekistan adalah salah satu tambang emas terbuka terbesar di dunia.

semestafakta-Uzbekistan’s Muruntan gold mine

13. Stasiun metro Tashkent dengan pilar dan langit-langit dari marmer, dan logam yang diukir, adalah merupakan salah satu stasiun kereta paling indah di dunia.

semestafakta-Tashkent’s metro semestafakta-Tashkent’s metro2 semestafakta-Tashkent’s metro3

14. Cara menyambut atau memberi salam kepada wanita Uzbekistan adalah dengan membungkuk dengan tangan diletakkan di dada.

15. Menurut tradisi kuno Uzbekistan, anggota keluarga yang akan mengadakan perjalanan harus mengambil sepotong kecil dari roti Uzbekistan. Sisa roti itu kemudian dikubur atau disembunyikan sampai orang yang bepergian tersebut kembali ke rumah.

16. Cadangan Uranium Uzbekistan menempati peringkat ke-7 di dunia setelah Australia, Kazakhstan, Russia, Kanada, Afrika Selatan, dan Ukraina, dan peringkat ketiga sebagai pengekspor Uranium setelah Kazakhstan dan Australia.

17. Produksi gas alam Uzbekistan masuk dalam sepuluh negara produsen terbesar di dunia dan menempati peringkat ketiga dalam CIS setelah Russia dan Turkmenistan. Industri gas Uzbekistan berkonsentrasi di area Gazly dan Karshi. Pada tahun 2010, Uzbekistan menemukan ladang gas baru di dekat kelokan Kosbulak dan wilayah Ustyurt Utara (Aral Barat), juga cadangan di area Ernaza di wilayah minyak dan Bukhara-Khiva.

18. Cadangan dan produksi tembaga dan Tungsten Uzbekistan masuk dalam sepuluh negara produsen terbesar di dunia.

19. Di pantai Qashqadaria terdapat salah satu dari lima pusat garis lintang di dunia dan disebut dengan Kitab. Pada musim semi tahun 2010, tim Kitab di ORI-40 mulai meneliti asteroid di dekat bumi yang berbahaya.

20. Kota tua di Uzbekistan telah berusia 2750 tahun, dan yang paling terkenal adalah Samarkand (bersama dengan Roma) adalah salah satu kota tertua di dunia.

21. Kota Jalur Sutera ini adalah tempat bagi bangunan menarik yang berubin dari kobal biru langit, aqua dan ubin warna biru kehijauan. Mulai dari Registan, yaitu situs arsitektur paling dramatis di Asia Tengah, menuju Masjid Bibi-Khanym, sampai makam Gur-E-Amir, yaitu tempat peristirahatan Timur dan Shah-i-Zinda yang menakjubkan, Samarkand merupakan kota yang luar biasa.

22. Bukhara adalah salah satu mutiara Jalur Sutera Besar. Pada zaman kuno lebih dari 60 karavan berada di sini untuk berdagang dari India, Cina, Iran, dan negara lainnya. Bukhara mempunyai peninggalan oasis, pusat ilmu pengetahuan dan kebudayaan yang besar di Jalur Sutera Besar. Fakta membuktikan bahwa kota ini berada di persimpangan jalur karavan, adalah kubah peninggalan abad ke-15 – 16-an seperti Toki Sarrafon (kubah tempat penukaran uang), Toki Telpak Furushon (kubah tempat penjual penutup kepala/topi), dan Toki Zargaron (kubah penjual mutiara) yang masih bisa dijumpai sampai sekarang.

semestafakta-Toki Sarrafonsemestafakta-Toki Telpak Furushon semestafakta-Toki Zargaron

23. Jalur Sutera Besar adalah fenomena unik dalam sejarah perkembangan peradaban, yaitu sebagai pertukaran nilai-nilai budaya, menaklukan tempat, dan perkembangan peradaban. Jalan perdagangan antar benua besar dalam sejarah manusia ini telah menghubunkan benua Eropa dan Asia di zaman kuno yang merentang dari Roma sampai ke ibu kota kuno, Japan Nara.

semestafakta-The Great Silk Road

24. Khiva merupakan salah satu dari sedikit kota di dunia yang bangunan bersejarahnya masih terawat sampai sekarang. Arsitektur monumental Khiva dari peninggalan akhir abad ke-18 sampai pertengahan abad ke-19 membentuk kota yang penuh gairah selama tiga generasi sampai sekarang.

25. Shakhrizybs merupakan kota kelahiran Amir Timur. Dia yang mendirikan kekaisaran Movarrounnakhr dan menjadi rajanya. Di menjadikan Samarkand sebagai ibu kotanya. Banyak bangunan menawan terlihat di sini pada masa Timurids. Arsitektur terindah, pekerja bangunan, ahli dekorasi arsitektur didatangkan ke sini atas permintaan Emir Timur. Bersama dengan para ahli lokal mereka membuat bangunan megah yang menggambarkan pengalaman dan tradisi dari berbagai macam agama.

26. Monumen-monumen dan bangunan bersejarah di kota Khiva adalah Ichan-Kala (akhir abad 18 dan awal abad 19), Madrasah Allahkulikhan (1834/1835), Madrasah Kutlug-Murad-Inak (1804/1812), Tim dan Caravansary Allahkulikhan (abad 19), Madrasah Abdullakhan (1865), Masjid dan Majlis Anush Khan (1657), Tash-Hauli (istana Allahkulikhan (1830/1836), Masjid Okmachit (1832/1842),  Masjid Jamaah Jum’at dan Menara (1788/1789), Makam Said Allaudin (abad 14), Madrasah Muhammad Amin Khan (1851/1852), Menara Kalta Minor (1855), Kunya-Ark (1868/1888),  Menara Tura-Murat-Tur (1888), Madrasah Shergazi Khan (1718/1720), Masjid Baglandi (abad 19), dan Madrasah Arabkhan (1838).

27. Meski banyak bangunan bersejarah hancur akibat revolusi tahun 1917 dan akibat gempa bumi tahun 1966, namun monumen bersejarah unik, termasuk Kukeldash dan madrasah Barak Khana yang didirikan pada abad ke-16, sampai sekarang masih berdiri.

28. Pada tahun 2002, piramida kuno ditemukan oleh arkeolog Russia dan Uzbekistan di wilayah Kashkadarya  dan Samarkand. Pidamira tersebut diyakini sudah berusia 2700 tahun.

29. Kitab “Treatise on Demonstration of Problems of Algebra” ditulis oleh Omar Kayam di Samarkand.

semestafakta-omar kayam semestafakta-omar kayam

30. Tempat-tempat menarik di Uzbekistan meliputi kota kuno Tashkent, Makam Kaffali-Shash, Madrasah Kukeldash, Museum Seni Nasional, Registan Square, Shir Dor dan Tilya Kari, Masjid Bibi Khanyum, Shah-e- Zinda, Museum Afraisab, Masjid Kalyan dan Menara Kalyan, Madrasah Ulug Beg, Kota Urgench, dan Galeri Seni Nukus.

semestafakta-Kukeldash Madrasasemestafakta-registan squaresemestafakta-Kalyan Mosque and Kalyan Minaret semestafakta-KHAN'S PALACE

31. Vozrozhdeniye, sebuah pulau di Laut Aral, adalah situs uji coba rahasia untuk senjata biologi pada era Soviet. Pada tahun 1988, Soviet berusaha mengubur bukti tentang pulau tersebut, sebuah warisan yang mengerikan yang dinyatakan oleh ilmuwan Amerika bahwa situs tersebut mengandung virus anthrax dan racun lain yang berbahaya.

semestafakta-Vozrozhdeniye semestafakta-Vozrozhdeniye3

32. Orang Uzbekistan terkenal dengan lagunya yang dinamakan dengan Koshuk, yaitu lagu keluarga dengan melodi diapason kecil, yang mencakup satu atau dua teks puitis. Karakter joget melodinya memberikan kekompakan dalam joget yang menghibur. “Lapar” adalah dialog lagunya. Di beberapa kesempatan, Lapar dipakai dalam lagu pernikahan, “Ulan” (yang ditampilkan berupa dialog seorang lelaki dengan perempuan).

semestafakta-Koshuk 2 semestafakta-Koshuk

33. Uzbekistan mempunyai daftar Warisan Budaya Manusia yang berharga di bawah program UNESCO, “Masterpieces of the Oral and Intangible Cultural Heritage”, yaitu: Lagu tradisional “Katta Ashula” (“Nyanyian Agung”), festival musim semi “Navruz”, musik kuno “Shashmaqom”, dan etnografis budaya unik di wilayah Boysun, Surkhandarya.

semestafakta-navrus semestafakta-navrus2

34. Golden Road to Samarkand adalah judul puisi James Elroy Flecker (1884-1915), yang diantara bait puisinya adalah: We travel not for trafficking alone: By hotter winds our fiery hearts are fanned: For lust of knowing what should not be known, We make the Golden Journey to Samarkand.

semestafakta-Golden Road to Samarkand semestafakta-James Elroy Flecker

35. Makanan khas Uzbekistan adalah Palov/plov, yaitu yang terbuat dari nasi, daging dan parutan atau irisan wortel dan bawang putih. Minuman nasionalnya adalah teh hijau. Roti tradisional Uzbekistan dibuat dengan cara dibakar di dalam tungku yang terbuat dari tanah yang dinamakan dengan Tandyr.  Roti ini terasa krispi dan enak. Bahkan, ilmuwan kedokteran, Ibn Sina, menggunakan roti Uzbek untuk mengobati orang sakit. Sup spesial Uzbekistan adalah Mastava dan Shurpa.

semestafakta-plov

36. Masakan lain Uzbekistan adalah Sup Lagman, salad Terong (Bademjan), sup Chuchvara, salad Tashkent, Manty, Samsa, Salad Achichuk, Naryn, Shurpa, Dimlama, Kutabi, Kebab (Shaslik), Piring Buah Eksotik, dan Holvaytar.

semestafakta-achichuk semestafakta-bademjan semestafakta-chuchvara semestafakta-dimlama semestafakta-holvaytar semestafakta-kutabi semestafakta-lagman semestafakta-manty semestafakta-Mastava semestafakta-naryn semestafakta-samsa semestafakta-Shurpa semestafakta-tashkent salad

37. Teh Hijau (kok choy) adalah minuman pilihan pertama di Uzbekistan, di samping Teh Hitam (quora choy). Teh disajikan di mangkuk Cina kecil (pyola) dari teko teh Cina (choynik). Minuman teh ini banyak dijual di Chaikhana (rumah teh). Minum teh sudah menjadi gaya hidup orang Uzbekistan.

semestafakta-chaikhana semestafakta-chaikhana2 semestafakta-chaikhana3

38. Tempat-tempat menarik di Uzbekistan adalah Moynaq (Distrik Muynak), Menara Kalyan, Shah-I-Zinda (Samarkand), Elliq-Qala (Beruni), “Lubang Hama” di penjara Zindon (Bukhara), Taman Perdamaian Seattle (Tashkhent), Makam Nabi Daniel di Samarkand, Istana Khan (Kokand), Makam Ali di Shakhimardan (Distrik Ulugnor), Lembah Fergana, Museum Amir Timur (Timurleng), Observatorium Ulugh Beg.

semestafakta-TOMB OF DANIEL AT SAMARKAND

39. Film yang populer di buat di Uzbekistan adalah film Telba, yang disutradarai oleh Ayyub Shahobiddinov dan dibintangi oleh Ulubek Qodirov dan Dilnoza Kubaeva.

semestafakta-Telba

40. Acara TV yang pavorit di Uzbekistan adalh “Baxt Formulasi” dan “Ozod Show”. Orang Uzbekistan menyukai opea sabun tahun 2005 dari Mexico yang berjudul Esmeralda dan setiap harinya meluangkan waktu satu jam untuk menyaksikan kisah cinta Armando dengan Esmeralda.

semestafakta-Ozod show

41. Group musik yang terkenal di Uzbekistan adalah Bolalar yang dikepalai oleh Tokhir Sodikov, meski juga ada penyanyi lain, yaitu Sherali Juraev.

semestafakta-Bolalarsemestafakta-Sherali Juraev

42. Merek mobil yang biasa dipakai di Uzbekistan adalah Daewoo, Chevrolet, dan Nexia.

43. Nama orang Uzbekistan biasanya diambil dari bahasa Turki, Arab dan Persia. Nama yang umum digunakan di Uzbekistan adalah Abdulloh dan Alisher (untuk laki-laki) dan untuk nama perempuan ditambahi dengan “Gul” yang artinya “kembang”, seperti GULsara, MohiGUL, dan GULchehra.

44. Mata uang Uzbekistan hanya terdiri empat jenis pecahan, yaitu pecahan 100, 200, 500, dan 1000 Soum. Yang menjadi problem adalah bahwa 1000 Soum adalah sekitar 50 sen dollar. Bayangkan sekarang bagaimana cara membawa 100 Dollar. Maka yang banyak terlihat di sana adalah orang membawa tas belanja berisi uang dari satu tempat ke tempat lain, khususnya sopir truk.

semestafakta-uzbek currency

45. Olahraga pavorit Uzbekistan adalah Kurash. Menurut website IKA (International Kurash Assosiation), Kurash berasal dari istilah Uzbek yang berarti “mencapai gol (tujuan) dengan cara yang adil dan fair”.

semestafakta-Kurash semestafakta-Kurash2

46. Uzbekistan mempunyai penulis terkenal di dunia, yaitu Hamid Ismailov. Dia hidup di pengasingan, menghabiskan waktunya di Moskow dan Paris sebelum tinggal di London samai sekarang. Meski karyanya dilarang di Uzbekistan, tetapi karyanya sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Russia, Inggris, Perancis, Jerman, Turki, dan bahasa lainnya di dunia. Karya novelnya yang terkenal adalah The Railway, sebuah karyanya sebelum dia dipaksa pindah.

semestafakta-Hamid Ismailov semestafakta-Hamid Ismailov2 semestafakta-Hamid Ismailov3 semestafakta-Hamid Ismailov4

47. Uzbekistan terkenal barang tembikarnya, yaitu di kota Rishtan, di Lembah Ferghana, khususnya barang dari keramik yang menarik. Rahasia pembuatan keramik ditularkan dari ayah kepada anaknya. Keramik Rishtan sangat beragam coraknya, dan mempunyai kualitas suara porselain yang tinggi. Diyakini bahwa jika suaranya lebih nyaring, berarti kualitas keramik lebih bagus. Ada tiga jenis pokok dalam manufaktur barang-barang pecah belah, yaitu bentuk pola khusus, beberapa warna cat dan lapisan khusus yang unik. Lapisan ini dinamakan dengan Ishkor dan oleh karena itu keramik Rishtan kadang-kadang juga terkenal dengan nama Ishkor.

semestafakta-Gijduvan 2 semestafakta-Gijduvan

48. Uzbekistan adalah surganya kuda, terutama di lembah Ferghana, yang merupakan warisan dari kuda naga legendaris dari barat, dan kuda ini disukai karena ukurannya dan kecepatannya oleh Kekaisaran Han, Wudi. Sekarang, seluruh kuda keturunan Inggris berasal dari tiga kuda jantan yang diimport ke Inggris pada akhir abad ke-17. Salah satu kudanya berasal dari Arab, yang lainnya dari Maroko, dan yang ketiga dari Turkoman, yang dinamakan Kuda Surga (Heavenly Horse).

semestafakta-horse of ferghana

49. Vodka banyak ditemukan di Uzbekistan. Yang kebanyakan orang tidak tahu adalah bahwa Uzbekistan ternyata memproduksi sendiri anggur. Di Samarkand, kita bisa mengunjungi  kilang anggur Khovrenko untuk melihat beberapa contoh produk anggur Uzbekistan.

50. Xuang Zang adalah pendeta Buddha yang mengadakan ziarah dari Cina sampai ke India pada awal abad ke-7. Dia menceritakan perjalanannya melalui Uzbekistan. Tentang Samarkand, dia bercerita: “Barang-barang dagangan asing berharga dari banyak negara tersedia di sini. Penduduknya sangat terlatih dalam seni dan perdagangan melebihi negara-negara lain. Raja dan penduduknya tidak menyembah Tuhan tetapi memuja api”.

semestafakta-Xuan Zang 3 semestafakta-Xuan Zang

51. Bertambahnya usia bagi orang Uzbekistan bukanlah suatu aib. Di sini ada istilah Aksakal-a (jenggot putih), yaitu orang yang dituakan dalam suatu keluarga dan masyarakat dan pendapatnya dianggap penting.

semestafakta-Aksakal-a

52. Orang laki-laki yang lebih tua selalu mengenakan Chapan, yaitu jas panjang. Sedangkan lelaki muda cenderung memilih pakaian ala Barat (Russia) setiap harinya.

semestafakta-Chapan

53. Orang Uzbekistan mencintai gigi emas, khususnya di wilayah sekitar Khiva dan Bukhara. Awalnya berasal dari tradisi nomaden, di sana tidak ada bank untuk menyimpan uang, dan oleh karena itu orang-orang menyimpannya dalam bentuk gigi emas.

semestafakta-golden teeth semestafakta-golden teeth2

54. Daging ayam di Uzbekistan sangat mahal dibandingkan daging domba dan sapi, dan kualitas dagingnya sangat spektakuler.

55. Jika kamu pergi ke restoran untuk makan malam, jangan heran dengan penampilan joget dan dengan semua wanita yang minum vodka. Kebanyakan suami mereka bekerja di negara-negara lain di Asia Tengah.

semestafakta-dance2 semestafakta-dancing

56. Joget di Uzbekistan sangat mudah, dan hanya diperlukan pengetahuan 5 dasar gerakan, yaitu joget ayam, Ironman,  “memutar bolam” India, gerak elang, dan “Pick da cotton Amerika Selatan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on July 6, 2015 by .
%d bloggers like this: