semestafakta

Sedikit yang kita tahu tentang semesta…

40 FAKTA MENARIK TENTANG KAMBOJA

 

semestafakta-cambodia map

1. Semboyan negara Kamboja adalah “Bangsa, Agama, Raja”

2. Nama Kamboja (Cambodia) berasal dari bahasa Perancis, Cambodge, yang berasal dari bahasa Khmer, Kâmpuchea, yang artinya “Kelahiran Kambu” (born of Kambu). Selama rezim Democratic Kampuchea (DK) tahun 1975-1979 dan Republik Rakyat Kamboja (People’s Republic of Kampuchea/PRK) tahun 1979-1989, Kamboja dikenal dengan nama Kampuchea, dan sekarang berubah menjadi Kamboja dan nama resminya adalah Kerajaan Kamboja

3. Bendera Kamboja adalah satu-satunya bendera di dunia yang ada gambar gedungnya, yaitu bangunan Angkor.

semestafakta-cambodia flag

4. Phnom Penh adalah ibu kota Kamboja. Kota ini didirikan pada abad ke-14 yang menjadi ibu kota pengganti dari Angkor. Nama Phnom Penh atinya “Bukit Penh”, yang berasal dari nama kuil Buddha, Wat Phnom, yang berdiri di pusat kota sejak thun 1373. Nama ‘Penh’ menunjukkan pendeta yang membangun kota tersebut.

5. Sejarah kekejaman Kamboja adalah kekuasaan Khmer Merah (Khmer Rouge). Hanya dalam waktu 4 tahun rezim ini membantai seperlima pendudukan kamboja atau sekitar dua juta orang yang mati karena dihukum mati, kerja paksa, dan kelaparan, yang sebagian besar adalah para pendeta dan kaum terpelajar. Khmer Merah diciptakan oleh Pol Pot di hutan Kamboja pada tahun 1960-an. Nama Khmer Merah adalah sebutan dari Norodom Sihanouk, seorang raja pendiri dan perdana menteri Kamboja. Kelompok Khmer Merah menciptakan rezim komunis radikal untuk melawan pengaruh Barat di Kamboja.

semestafakta-Cambodia Khmer Rougesemestafakta-Cambodia Khmer Rouge-2

6. Ladang Pembantaian Choeuong Ek berlokasi 15 km sebelah barat dari Phnom Penh. Diperkirakan ada sekitar 17.000 orang terbunuh di sini dan lebih dari 8.000 tengkorak dipajang di Stupa Memorial yang dibangun di sana pada 1988. Sebagian besar korban ditawan di Tuol Svay Prey High School untuk dieksekusi mati. Museum Tuol Sleng didedikasikan untuk mengenang korban-korban ini dan mengenang kejahatan rezim Khmer Merah.

semestafakta-The Killing Fields of Choeuong Eksemestafakta-The Killing Fields of Choeuong Ek2semestafakta-The Killing Fields of Choeuong Ek3semestafakta-The Killing Fields of Choeuong Ek4

7. Kuil Buddha kuno, Angkor (Angkot Wat), di pedalaman hutan kamboja, di kota Seam Reap, ditemukan oleh petualang Perancis, Henry Mahout pada abad ke-19. Kuil ini dibangun oleh Raja Suryawarman II yang berkuasa dari tahun 1131 sampai 1150 dan kota Bayonans, Angkor Thom, dibangun oleh Raja Jayawarman VII yang berkuasa dari tahun 1181 sampai 1220.

semestafakta-the Angkor Wat2semestafakta-the Angkor Watsemestafakta-King Suryavarman IIsemestafakta-King Jayavarman VII

8. Istilah Angkor berasal dari bahasa Sanskrit, nagar, yang berarti kota dan Wat berasal dari vatthu, yaitu dari bahasa Pali Khmer yang artinya tanah kuil.

9. Angkor menjadi salah satu pusat peradaban terbesar. Sebuah tim peneliti internasional pada tahun 2007 menggunakan foto satelit dan teknik modern lainnya menyatakan bahwa Angkor adalah kota pra industri terbesar di dunia dengan luas 1.150 mil persegi yang mungkin dihuni oleh jutaan orang. Angkor menjadi situs warisan budaya dunia UNESCO pada tahun 1992.

10. Angkor adalah bangunan peninggalan Hindu yang tidak lazim, karena menghadap ke barat yang berhubungan dengan kematian dalam budaya Hindu. Para arkeolog dan ilmuwan masih tanda tanya, mengapa para pembangun kuno memilih menyimpang dari ‘norma’ pada waktu itu.

11. Angkor berubah dari Hindu menjadi Buddha sekitar akhir abad ke-13. Kuil tersebut masih digunakan oleh kaum Buddha sampai sekarang.

12. Pagoda Silver di Phnom Penh adalah wilayah fenomenal di Kamboja yang usianya telah ratusan tahun. Pagoda Silver adalah rumah bagi patung Buddha yang didekorasi menggunakan 9584 berlian. Salah satu berliannya ada yang 25 karat. Total berat dari Buddha ini adalah 90 kilo atau 198,4 pond.

semestafakta-The Silver Pagodasemestafakta-The Silver Pagoda2

13. Jackquiline Kennedy berani mengambil resiko mengunjungi Angkor selama Perang Vietnam berkobar untuk memenuhi kerinduannya yang telah lama terpendam untuk melihat monumen tersebut.

semestafakta-Jacqueline Kennedy

14. Hun Sen, kepala pemerintahan Kamboja, adalah pemimpin yang berkuasa paling lama di Asia Tenggara dan berkuasa selama lebih dari 25 tahun.

semestafakta-hun sen

15. Di Kamboja tidak ada aturan yang jelas tentang minuman beralkohol. Minuman beralkohol adalah ilegal (meski mariyuana tersedia luas), dan jika tertangkap polisi kamu tinggal memberikan beberapa uang agar bebas.

16. Daya listrik di Kamboja adalah 220 volt. Listrik sering mati tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Di daerah pedesaan hanya bisa menikmati aliran listrik dari jam 06.30 sampai 09.30 malam. Sedangkan tempat-tempat bisnis dan hotel-hotel lebih memilih menggunakan generator.

17. Polisi kamboja tidak bersahabat. Mereka umumnya korup. Uang sogok untuk polisi sangat tinggi. Jika kamu mempunyai barang curian dan ingin mendapat perlindungan polisi, maka kamu tinggal memberikan uang kepada polisi untuk memberikan pelayanannya.

18. Kamboja menduduki peringkat tertinggi angka amputasi di dunia. Setiap builannya ada antara 300 sampai 700 amputasi karena kecelakaan pertambangan.

19. Pada tahun 2005 gas alam ditemukan dari wilayah perairan Kamboja yang dipercaya bisa menumbuhkan ekonomi Kamboja pada tahun mendatang.

20. Tingkat kelahiran Kamboja adalah tiga kali lebih besar dibandingkan tingkat kematiannya. Sebanyak 40% lebih orang laki-laki lahir tiap tahunnya daripada bayi perempuan, namun yang bertahan hidup adalah kaum perempuan sebanyak 64% dari jumlah penduduk. 50% dari penduduk Kamboja berusia di bawah 15 tahun.

21. Tradisi Kamboja adalah tidak memperingati hari kelahiran. Bahkan orang-orang tua di sana banyak tidak tahu tanggal kelahirannya.

22. Di Kamboja, tanda penghormatan biasanya dilakukan dengan menempelkan kedua telapak tangan dan kemudian menunduk. Penghormatan ini dinamakan Sompeah dan biasanya dilakukan oleh orang yang lebih muda dan oleh orang yang tingkatnya lebih rendah.

semestafakta-sompeah

23. Kamboja mempunyai danau terbesar di Asia Tenggara yang bernama Tonle Sap.

semestafakta-Tonle Sap

24. Yang menarik di timur laut Kamboja adalah ada ikan lumba-lumba yang hidup di air sungai.

semestafakta-cambodia dolphin

25. Binatang nasional Kamboja adalah Kouprey, yaitu sapi liar hutan, yang lebih panjang dan tanduk berulir.

semestafakta-kouprey

26. Kamboja adalah satu-satunya negara yang paling banyak dipengaruhi oleh budaya Cina dibandingkan negara Asia Tenggara lainnya.

27. Kebab tarantula adalah makanan yang populer di Kamboja.

semestafakta-cambodian foodsemestafakta-cambodian food2

 

28. Bonn Om Teuk atau festival air dirayakan pada bulan November di akhir musim hujan, ketika sungai Mekong surut dan olahraga yang populer adalah balapan perahu.

semestafakta-The Bonn Om Teuk

29. Olahraga lokal Kamboja adalah balapan perahu tradisional, karapan kerbau, Paradal Serey, gulat tradisional Khmer, dan Bokator.

semestafakta-paradal serreysemestafakta-Khmer traditional wrestlingsemestafakta-Bokator

30. Nasi adalah banyak ditemukan di Kamboja. Nasi disajikan dalam berbagai jenis, seperti nasi goreng, nasi tanak, atau dalam bentuk mie. Nasi bahkan dikonsumsi sebagai makanan pencuci mulut dengan mencampurnya dengan buah dan santan kelapa yang memberikan rasa manis.

32. Ikan juga dikonsumsi dalam berbagai jenis, seperti ikan segar, ikan kering, ikan asap, atau sebagai pasta yang dinamakan Prahok, yang dicampur dengan bumbu seperti merica, jeruk purut atau mint.

semestafakta-prahok

33. Di Kamboja, kepala dianggap sebagai anggota tubuh yang tertinggi dan terhormat dan oleh karenanya tidak diperbolehkan menyentuh kepala orang lain dengan cara apapun.

34. Di Kamboja, mengarahkan kaki kepada seseorang adalah dianggap tidak menghormati.

35. Antara tahun 1969-1973, Amerika secara ilegal menjatuhkan sekitar 550.000 ton bom di Kamboja dan lebih dari satu juta orang meninggal dunia atau terluka. Bandingkan dengan 3.900 ton bom yang dijatuhkan selama Perang Dunia II.

36. Pakaian nasional Kamboja adalah Sampot. Pakaian ini berasal dari Era Funan. Pada era tersebut raja Khmer memerintahkan rakyatnya untuk memakai sampot atas perintah diplomat Cina. Ada banyak model sampot, tergantung dari klas sosial yang memakaianya. Sampot Chang Kben dipakai oleh wanita papan atas dan menengah. Di samping itu ada juga Sampot Phamuong dan Sampot Hol.

semestafakta-sampotsemestafakta-sampot chang kben

37. Ada dua musik tradisional Kamboja, pertama adalah Pin Peath, yaitu instrumen perkusi dan yang kedua adalah Mohory, yaitu hanya berupa instrumen musik.

semestafakta-Pin Peath

38. Kamboja adalah negara paling miskin di Asia Tenggara. Sepertiga dari penduduknya hidup di bawah garis kemiskinan yang hidup hanya dengan penghasilan harian $2.

39. Festival di Kamboja yang jatuh pada bulan Oktober adalah Festival Pchum Ben yang diadakan di kota Phnom Penh, yaitu festival di mana kepala keluarga di Kamboja memberikan sesembahan kepada nenek moyangnya. Pchum Ben berarti “Berkumpul Bersama”, yakni waktu dimana keluarga bertemu untuk memberikan perhatiannya dan memberikan karma kebaikannya kepada orang yang sudah meninggal dunia, yang mungkin menderita sebab dosa-dosanya di dunia.

semestafakta-Pchum Bensemestafakta-Pchum Ben2

40. Kamboja adalah negara dengan jutaan sepeda motor. Sepeda motor ada di mana-mana. Setiap mobil di Phnom Penh adalah merek Toyota, yaitu 95%. Transportasi penting bagi turis adalah Tuk-tuk.

semestafakta-cambodian byciclesemestafakta-tuk tuksemestafakta-tuk tuk2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on February 7, 2015 by and tagged , .
%d bloggers like this: