semestafakta

Sedikit yang kita tahu tentang semesta…

85 Fakta Menarik tentang Yunani

(Bendera negara Yunani)

  1. Dengan area 50,949 mil persegi (131,958 kilometer persegi), Yunani kira-kira sebesar Alabama. Populasi Yunani adalah lebih dari 10 juta orang, dibandingkan Alabama yang berpenduduk sekitar 4.5 juta.
  2. Diperkirakan ada 16.5 juta turis mengunjungi Yunani tiap tahunnya, lebih dari seluruh jumlah penduduk negara tersebut. Turis menyumbang hampir 16% GDP.
  3. Tidak ada orang di Yunani yang dapat memilih untuk tidak memberikan suara dalam pemilu. Pemungutan suara diharuskan oleh hukum bagi setiap warga negara yang sudah berumur 18 tahun ke atas.
  4. Sekitar 7% dari seluruh marmer yang diproduksi di dunia adalah berasal dari Yunani.
  5. Yunani mempunyai banyak airport internasional dibandingkan banyak negara lainnya karena banyaknya turis asing yang ingin mengunjunginya.
  6. Yunani adalah produsen minyak zaitun nomor tiga di dunia. Yunani menanam pohon zaitun sejak kuno. Banyak pohon zaitun ditanam pada abad ke-3 yang masih menghasilkan minyak zaitun.
  7. Menurut mitos Yunani, dewa Athena dan Poseidon sepakat bahwa barangsiapa yang memberikan hadiah terbaik kepada kota tersebut maka akan menjadi wali atas kota tersebut. Meski dewa Poseidon memberikan hadiah berupa air, hadiah pohon zaitun dari dewa Athena dianggap lebih bernilai oleh dewa-dewa 
  8. Yunani tidak mempunyai sungai yang dapat dilalui, karena tanahnya berupa tanah lapang yang bergunung-gunung. Hampir 80% Yunani berupa pegunungan.
  9. Kira-kira 98% dari orang di Yunani adalah etnis Yunani. Turki adalah kelompok minoritas terbesar. Kelompok minoritas lainnya adalah etnis Albania, Makedonia, Bulgaria, Armenia, dan Gipsi.
  10. Sekitar 12 juta orang di dunia menggunakan bahasa Yunani. Mereka banyak tinggal di Yunani, Cyprus, Italia, Albania, Turki, dan Amerika, dan negara lainnya.
  11. Ribuan kosakata bahasa Inggris berasal dari bahasa Yunani, kadang-kadang melalui adaptasi Roma ke Latin kemudian ke Inggris. Kosakata Inggris umum dari bahasa Yunani diantaranya adalah “academy”, “apology”, “marathon”, “siren”, “alphabet”, dan “typhoon”.
  12. Pada tahun 1950-an, hanya sekitar 30% orang dewasa Yunani yang dapat membaca dan menulis. sekarang, tingkat baca masyarakat lebih dari 95%.
  13. Sebuah legenda kuno Yunani menceritakan bahwa ketika Dewa menciptakan dunia, dia menyaring seluruh tanah bumi dengan saringan. Setelah setiap negeri mempunyai tanah yang baik, dia melemparkan batu yang tertinggal di saringan di atas bahunya dan menciptakan Yunani.
  14. Yunani mempunyai lebih dari 2000 pulau dan hanya 170 yang berpenduduk. Pulau terbesar Yunani adalah pulau Crete (3.189 mil persegi)/(8.260 km persegi).
  15. Lebih dari 40% populasi tinggal di ibukota Athena (Athina dalam bahasa Yunani). Sejak menjadi ibukota Yunani modern, populasinya bertambah dari 10.000 pada tahun 1834 menjadi 3.6 juta pada tahun 2001.
  16. Sudah berpenduduk selama 7000 tahun, Athena adalah kota tertua di Eropa. Kota tersebut merupakan tempat lahirnya demokrasi, filsafat Barat, Olimpiade, ilmu politik, literatur Barat, historiografi, prinsip matematika utama, dan teori Barat tentang tragedi dan komedi.
  17. Banyak sarjana menyatakan bahwa peradaban Yunani telah lama ada dan telah coba diterapkan oleh hampir setiap pemerintahan.
  18. Yunani menikmati sinar matahari lebih dari 250 hari, atau 3000 jam, tiap tahunnya.
  19.  Sekarang, lelaki Yunani harus menjalani dari satu tahun dampai 18 bulan dalam cabang angkatan bersenjata. Pemerintah menghabiskan 6% GDP per tahunnya untuk anggaran militer.
  20. Yunani kuno bukanlah satu-satunya negara seperti Yunani modern. Tetapi ada sekitar 1500 negara kota atau poleis (bentuk tunggalnya polis) yang berbeda-beda. Masing-masing memiliki hukum dan tentara, dan mereka sering berselisih. Athena adalah negara kota terbesar.
  21. Sampai akhir tahun 1990-an, ancaman terbesar Yunani adalah Turki, sebagai dua negara yang mempunyai perselisihan sejarah atas Cyprus dan wilayah lainnnya selama beberapa dekade. Setelah mendapatkan bantuan setelah hancur akibat gempa bumi pada tahun 1999, hubungan kedua negara tersebut meningkat.
  22. Harapan hidup bagi wanita Yunani kuno adalah 36 tahun dan rata-rata untuk laki-laki adalah 45. Dari kelahiran anak, hanya separo yang bertahan pada masa kecil. Sekarang harapan hidup wanita Yunani adalah 82 tahun dan bagi laki-laki adalah 77 tahun. Yunani menempati peringkat 26 dunia dalam tingkat harapan hidup. Amerika menduduki peringkat ke-49.
  23. Yunani adalah produsen penting bunga karang laut
  24. Kapal Yunani memakai 70% dari total armada pedagang uni Eropa. Menurut undang-undang Yunani, 75% dari kru kapal harus orang Yunani.
  25. Yunani mempunyai banyak museum arkeologi dibandingkan negara manapun di dunia.
  26. Sepakbola adalah olahraga nasional Yunani.
  27. Rumah yang kosong ditinggalkan penghuninya hanya ada di Yunani. Kakek biasanya tinggal bersama keluarga anaknya sampai dia meninggal. Banyak pemuda tinggal bersama keluarganya sampai dia menikah.
  28. Banyak bangunan Yunani seperti pintu, cendela, meubel, dan kubah gereka dicat dengan warna biru hijau, khususnya di pulau Cyclades. Hal ini dilakukan karena kepercayaan kuno bahwa warna biru itu akan mengusir kejahatan. Mereka menamakan warna tersebut dengan kyanos, dimana warna “cyan” dan “cyanide” adalah berasal dari kata tersebut.
  29. Feta, yang terbuat dari susu kambing, adalah keju nasional Yunani. Sudah aja sejak masa Homer, dan kira-kira konsumsi per kapita keju feta di Yunnai adalah tertinggi di dunia.
  30. Di Yunani, orang lwbih memilih merayakan “hari pemberian nama” dari orang suci yang memberikannya daripada merayakan hari lahirnya sendiri.
  31. Ribuan burung berhenti di tanah basah Yunani dalam migrasinya. Sebanyak 100.000 burung dari Eropa Utara dan Asia menghabiskan musim dinginnya di sana.
  32. Perkataan “taking the bull by its horns” adalah berasal dari mitos Yunani tentang Hercules yang menyelamatkan pulau Kreta dari banteng yang sedang mengamuk dengan menangkap tanduknya.
  33. Kota Rodhes (ibukota pulau Rhodes) adalah lokasi paling populer bagi turis di Yunani. Kota tersebut terkenal karena termasuk salah satu dari tujuh keajaiban dunia kuno: Colossus of Rhodes (dari kata tersebut istilah “colossal” itu berasal). Patung dewa Helios setinggi 98 kaki (303 m) yang hebat ini, dengan kakinya mengangkangi pelabuhan, rusak akibat gempa bumi pada tahun 226 SM.
  34. Olimpiade pertama adalah pada tahun 776 SM. Pemenang olimpiade pertama adalah tukang masak Yunani bernama Coroebus yang memenangkan lomba lari.
  35. Jumlah budak antara 40% dan 80% dari populasi Yunani kuno. Budak adalah tawanan perang, anak-anak terlantar, atau anak budak.
  36. Perselisihan berlangsung lama antara Inggris dan Yunani berkenaan dengan  masalah marmer Elgin (Yunani lebih suka menyebutnya marmer Parthenon), yang disimpan di British Museum London. Pemerintah Inggris yakin bahwa marmer itu didapat dengan membeli dari Raja Elgin, sedangkan Yunani mengklaim kalau pembelian itu ilegal.
  37. Yunani memiliki keragaman fauna terkaya di Eropa, terdiri dari 116 spesies mamalia, 18 amfibi, 59 reptilia, 240 burung, dan 107 ikan. Sekitar separoh spesies mamalia endemik terancam mati.
  38. Tanda atau cap kebiaraan menjadi bagian warisan alamiah dan budaya Yunani dan sudah tergambar di buku The Odyssey. Kepala cap biara bahkan sudah ada di uang koin tahun 500 SM. Namun sekarang hanya 250 cap biara yang masih ada.
  39. Yunani yang pertama kali menata tempat sampah perkotaan di Eropa sekitar tahun 500 SM.
  40. Selama pendudukan Nazi di Yunani pada Perang Dunia II, banyak orang Yahudi dimasukkan ke kamp konsentrasi di seluruh Eropa. Populasi Yahudi di Yunani menurun tajam dari 78.000 menjadi 13.000 sampai berakhirnya perang.
  41. Di Yunani, orang yang mati selalu dikubur, karena gereja Orthodox Yunani melarang pembakaran mayat. Lima tahun setelah pemakaman, jasad kemudian digali dan tulang-tulang pertama-tama dibasuh dengan anggur dan kemudian dikubur kembali. Hal ini dilakukan untuk mengganti kekurangan tanah di pemakaman Yunani.
  42. Korupsi pemerintah Yunani sekitar $1 milliar pada tahun 2009. Sekarang, hutang nasional Yunani lebih besar dari perekonomian negara tersebut. Tingkat kreditnya, atau kemampuannya membayar hutangnya adalah paling rendah untuk wilayah  euro. EU dan International Monetary Fund (Dana Moneter Internasional) sedang mempertimbangkan paket jaminan keuangan untuk negara yang berhutang berat.
  43. Bahasa Yunani telah digunakan lebih dari 3000 tahun, menjadikan bahasa tersebut sebagai bahasa paling tua di Eropa.
  44. Orang Yunani tidak melambaikan tangan dengan membuka telapak tangan, karena hal itu dianggap menghina. Orang Yunani melambaikan tangan dengan tangan tertutup.
  45. Setelah mengucapkan selamat, Yunani menghirup nafas melalui bibir yang berkerut, seolah-olah meludah. Hal ini dimaksudkan mencegah seseorang menyambut ucapan selamat dari “mata yang jahat”
  46. Tidak ada tempat di Yunani yang melebihi 85 mil (137 km) dari permukaan air. Yunani mempunyai sekitar 9000 mil garis pantai, dan terpanjang ke-10 di dunia.
  47. Yunani pernah merupakan kumpulan batu yang semuanya berada di bawah air. Ketika terjadi pergeseran lempeng tektonik di Eropa, maka menyebabkan gunung-gunung di Yunani bergeser. Lempeng tersebut terus bergerak dan menyebabkan gempa bumi di seluruh Aegean.
  48. Tentara (hoplites) pada masa Yunani kuno memakai baju besi seberat 70 pond (33 kg)
  49. Sejarawan pertama yang diakui sebagai penulis Yunani adalah Herodotus (484-425 SM), seorang penulis pertama buku besar sejarah tentang perang antara Yunani dan Persia. Buku Herodotus adalah simbol penting dalam novel The English Patient.
  50. Yunani kuno seringkali disebut sebagai para penemu matematika karena mereka yang pertama kali menggunakan disiplin teoretis. Karya matematikawan Yunani seperti Phytagoras, Euclid, Archimedes, dan Apollonius adalah yang meletakkan dasar matematika modern.
  51. Filosof Yunani yang pertama adalah Thales of Miletus (624-546 SM). Dia yang pertama kali melakukan penelitian alamiah tentang asal-usul dunia daripada mitos.
  52. Perang Peloponnesian (431-404 SM) antara Athena dan gabungan Pelopponesian yang dipimpin oleh Sparta telah meninggalkan Yunani kuno dalam kehancuran dan menandakan berakhirnya zaman keemasan Yunani.
  53. Keahlian orang Sparta adalah sop hitam yang dibuat dari garam, cuka, dan darah. Tidak ada orang pada saat kejatuhan Yunani yang akan meminum sop tersebut.
  54. Penyair Inggris, Lord Byron (1788-1824) sangat terpesona dengan Yunani, sehingga dia pergi ke Yunani untuk melawan Turki di Yunani dalam Perang KemerdekaanYunani. Dia terserang demam di sana dan meninggal pada usia 36 tahun. Orang Yunani menganggapnya sebagai pahlawan nasional.
  55. Istilah “barbariab” berasal dari bahasa Yunnai “barbaroi” yang berarti orang yang tidak bisa berbicara bahsa Yunani dan oleh karena itu suaranya seperti mereka mengatakan “bar-bar-bar-bar”
  56. Salah satu hidangan yang dinikmati orang laki-laki pada pesta masa Yunani kuno adalah babi panggang yang diisi dengan murai, telur, bebek, dan tiram. Kebanyakan pesta hanya khusus untuk laki-laki, meski di dalamnya ada wanita penghibur (ini bukan pekerjaan yang terhormat bagi seorang wanita)
  57. Drama Tragedi Yunani pertama terjadi pada tahun 534 SM dan dipentaskan oleh pendeta Dionysus yang bernama Thespis. Dia juga menulis menampilkan bagian terpisah dari paduan suara tragis tradisional, yang juga mendesainnya sebagai aktor pertama. Ternyata, istilah “thespian” (aktor) adalah berasal dari namanya.
  58. Pada puncaknya, jajahan Yunani mencapai sejauh Rusia dan Perancis sampai ke barat dan Turki sampai ke timur
  59. Filosof Yunani sebelum Socrates, Anaximander (610-546 SM) diakui sebagai yang kali menulis risalah filosofis pertama dan pertama kali yang membuat peta dunia. Dia juga dapat dianggap sebagai ilmuwan pertama yang melakukan percobaan ilmiah.
  60. Prajurit Sparta dikenal karena rambut panjangnya. Sebelum berperang, mereka akan menyisir rambutnya dengan penuh kehati-hatian. Para prajurit akan memelihara sepaoh rambutnya dan separoh janggutnya dipotong.
  61. Orang yang kaya akan mengorbankan binatang di candi-candi. Orang miskin yang tidak bisa memberikan binatang hidup akan memberikan kue kering sebagai gantinya.
  62. Pengasingan membolehkan rakyat Athena untuk membuang sementara orang yang pikirannya membahayakan orang banyak. Jika menurut warga pengasingan itu harus dilakukan, maka masing-masing warga negara akan menuliskan sebuah nama (yang akan diasingkan) pada pecahan tembikar atau ostracon dalam balet rahasia. Nama-nama orang tersebut harus meninggalkan kota dalam waktu 10 hari selama 10 tahun.
  63. Hanya orang laki-laki yang bisa menjadi aktor dalam pertunjukkan Yunani kuno. Mereka akan memakai topeng besar dan para penonton dapat melihat apa yang mereka mainkan. Staff Teater membawa tongkat besar karena kadang-kadang banyaknya penonton dan bagusnya penampilan akan membuat penonton meluap-luap tak terkendali dengan pertunjukan tersebut dan akan membuat rusuh pertunjukan.
  64. Istilah “Yunani Kuno” biasanya yang dimaksud adalah masa antara Homer (750 SM) dan penguasaan Roma atas Mesir Ptolemaic (Antoni dan Cleopatra, 30 SM).
  65. Demokrasi di Athena berbeda dengan demokrasi modern. Demokrasi Athena lebih partisipatoris dan eksklusif. Dalam Demokrasi Athena juga tidak ada partai politik.
  66. Yunani akan mengorbankan seratus banteng kepada dewa Zeus selama penyelenggaraan olimpiade.
  67. Telah terjadi perubahan dalam seni pahat Yunani. Dari sikap yang kaku dan wajah yang kosong, artis Yunani mulai memahat patung orang yang menampilkan gerakan dan emosi.
  68. Candi Artemis Yunani dibangun di dua tempat suci awal pada abad ke-8 SM di masa modern Turki dan menjadi salah satu tujuh keajaiban dunia kuno. Dibangun pada tahun 550 SM dan dihancurkan pada tahun 356 SM oleh Herostratus.
  69. Parthenon (“Tempat Parthenon”, dari parthenos atau “perawan”) dibangun pada 2.500 tahun yang lalu dan bertempat di Acropolis di atas kota Athena. Dihiasi dengan pahatan berwarna-warni dan patung besar dewa Athena dari gading dan emas dan pembangunannya memakan waktu 15 tahun.
  70. Nenek moyang Yunani adalah bangsa Indo-Eropa yang masuk ke Yunani sekitar tahun 1900 SM. Mereka tinggal berdampingan dengan bangsa Minoan selama beberapa abad sebelum timbulnya peradaban Mycenaean yang tiba-tiba jatuh pada abad ke-12 SM. Setelah “zaman kegelapan” selama 300 tahun dimana pengetahuan tulis-menulis menghilang, Yunani mendorong lahirnya salah satu peradaban yang berpengaruh di dunia yang pernah dikenal, yaitu Yunani Klasik.
  71. Secara hukum, orang yang memenuhi syarat menjadi warga negara Sparta hanyalah keturunan langsung dari penetap asli Doric. Karena peraturan ini, tidak lebih dari sekitar 6000-7000 warga laki-laki menghuni di Sparta, dibandingkan dengan jumlah warga Athena yang mencapai 40.000 orang.
  72. Titik tertinggi Yunani adalah rumah legendaris dewa Zeus dan dewa-dewa Olimpian lainnya. Puncak dewa Olympus ada pada ketinggian 9,750 kaki (2,917 m). Titik terendah adalah laut Mediterania.
  73. Alexander the Great adalah penguasa Yunani pertama yang diabadikan dalam uang koin Yunani. Sebelumnya, uang koin Yunani adalah bergambar dewa-dewa.
  74. Istilah “tragedi” adalah istilah Yunani untuk “lagu kambing” karena tragedi-tragedi awal Yunani dipersembahkan untuk dewa Dionysus, dewa anggur, dan pemain yang memakai kulit kambing. Tragedi adalah cerita khusus dewa-dewa, raja, dan para pahlawan. Komedi atau “revel” di sisi lain, adalah cerita tentang karakter kelas rendah dan ketertindasannya.
  75. Penulis modern Yunani yang terkenal adalah Nikos Kazantzakis (1883-1957). Novelnya yang berjudul Zorba the Greek dan The Last Temptation of Christ telah difilmkan, meski gereja Orthodox Yunani mengusir dia karena novelnya yang The Last Temptation of Christ.
  76. Nama resmi Yunani adalah Hellenic Republic, dan dikenal juga dengan Ellas atau Ellada.
  77. Bendera Yunani terdiri dari sembilan garis horisontal biru dan putih, dan beberapa sarjana menyatakan kesembilan garis tersebut mempunyai motto “Eleftheria i Thanatos” atau “Merdeka atau Mati”. Biru melambangkan laut dan langit Yunani, sedangkan putih menyimbulkan kesucian perjuangan kemerdekaan. Di sudut kiri atas ada lambang salib Orthodox Yunani.
  78. Yunani mempunyai dua partai politik, yaitu Sosialis (Panhellenic Socialist Movement atau PASOK) dan partai Demokratis (the New Democracy Party). Keduanya berdiri pada tahun 1974 setelah diktator militer Yunani jatuh.
  79. Yunani mempunyai tingkat perceraian terendah di Eropa. Yunani juga mempunyai tingkat aborsi tertinggi di Eropa.
  80. Sekitar 10% dari gaji pekerja Yunani diambil untuk pajak dan 10% lainnya untuk perawatan kesehatan nasional. Pemerintah menggratiskan rumah sakit dan pelayanan medis lainnya.
  81. Pekerja Yunani mendapatkan satu bulan gaji liburan untuk setiap tahunnya.
  82. Sekitar 10% orang dewasa Yunani tidak bekerja. Bahkan lulusan perguruan tinggi pun susah mendapatkan pekerjaan.
  83. Mata uang Yunani, drachma, telah berusia 2.650 tahun dan merupakan mata uang tertua di Eropa. Drachma diganti dengan mata yang Euro pada tahun 2002.
  84. Dalam sejarah, Yunani sangat mencintai laut. Dengan lebih dari 1.800 kapal dagang yang beroperasi, Yunani menjadi armada terbesar di dunia. Aristotle Onassis dan Stavros Niarchos (“Yunani Emas”) adalah beberapa kapal bisnis Yunani yang terkenal.
  85. Ketika kekaisaran Romawi pecah menjadi dua pada tahun 285 M, yang separoh sebelah timur adalah Yunani, yang menjadi terkenal dengan Kekaisaran Byzantium. Pada tahun 1453 M, Yunani jatuh ke tangah Kaisar Ottoman. Yunani tidak memperoleh kemerdekaan sampai tahun 1929.

http://facts.randomhistory.com/2009/05/04_china.html

Leave a comment

Information

This entry was posted on August 1, 2013 by .