semestafakta

Sedikit yang kita tahu tentang semesta…

98 Fakta Menarik tentang Rusia

  1. Rusia adalah negara lintas benua, luasnya separo jalan mengitari Hemisphere utara dan meliputi banyak Eropa bagian timur dan timur laut dan seluruh Asia bagian utara.
  2. Dalam hal populasi, Rusia adalah negara terbanyak penduduknya ke sembilan di dunia dan negaranya terbesar di dunia.
  3. Ada 221 museum, 2000 perpustakaan, lebih dari 80 teater, 100 kelompok konser, 45 galeri, 62 sinema dan 80 clu budaya di St. Petersburg.
  4. Orang Rusia tidak pernah bersalaman di pintu, karena bisa menyebabkan perselisihan
  5. Bahasa Rusia tidak memasukkan kata ‘the’ atau ‘a’ karena sering menyebabkan kebingungan dalam bahasa lain.
  6. Bahasa Rusia menggunakan alfabet Cyrillic daripada alfabet Latin dan merupakan salah satu 5 bahasa yang paling banyak diucapkan di dunia.
  7. Gunung Ural adalah gunung tertua di dunia dan danau Baikal adalah danau terdalam di dunia dan danau berair segar terbesar di dunia.
  8. Rusia menempati 1/7 dari total daratan di planet kita.
  9. Danau Ladoga adalah danau terbesar di Eropa. Luasnya mencapai 18400 sq km, kedalamannya sekitar 51 m. Yang terdalam di dunia mencapai kedalaman 230 m.
  10. Moscow adalah kota terbesar di Eropa. Jumlah penduduknya 10,5 juta. Data statistik menyebutkan bahwa penduduk Moscow diperkirakan menjadi 16 juta pada tahun 2020.
  11. Moscow mempunyai banyak tempat tinggal para milyarder dibanding kota lain di dunia. Dengan total 74 milyarder, Moscow mengalahkan kota New York yang menduduki peringkat ketiga.
  12. Perpustakaan nasional Rusia adalah yang terbesar di Rusia dan kedua di dunia setelah perpustakaan Kongres di Amerika. Perpustakaan nasional Rusia berlokasi di Moscow dan didirikan pada tahun 1862.
  13. St. Petersburg terkenal dengan nama Petrograd dari tahun 1914 sampai 1924 dan terkenal dengan Leningrad dari tahun 1924 sampai 1991.
  14. Metro St. Petersburg adalah kereta bawah tanah terdalam di dunia (dalamnya kira-kira 100 m)
  15.  Kereta bawah tanah lintas Siberia (menghubungkan Moscow dengan Vladivostok) adalah rel terpanjang di dunia.
  16. Kosmonot Rusia, Yuri gagarin adalah manusia pertama yang mengadakan perjalanan ke ruang angkasa ketika pesawat ruang angkasanya, Vostok, selesai mengorbit bumi pada tanggal 12 April 1961.
  17. Rusia adalah satu-satunya negara di dunia yang teritorialnya dikelilingi 12 lautan.
  18. Titik terdekat antara Rusia dan Amerika hanya 4 km jauhnya.
  19. Jalan dari Moscow ke Chicago lebih dekat daripada dari Chicago ke Rio-de-Janairo.
  20. Panjang total tembok Kremlin adalah 2235 meter.
  21. Ada 7 bangunan yang tingginya benar-benar sama, yaitu 2 hotel, 2 gedung administratif, 2 blok apartemen dan Moscow State University.
  22. Rusia merayakan tahun baru 2 kali setiap tahun (tanggal 1 Januari dan tahun baru Kristen Orthodox, tanggal 14 Januari).
  23. Di mana McDonald terbesar di dunia? Jawabannya adalah di Moscow dan Beijing (700 tempat duduk)
  24. Setiap hari lebih dari 9 juta orang naik kereta Metro, sistem kereta cepat bawah tanah Moscow. Pada hari tertentu, rata-rata 9915 kereta beroperasi antara jam 05.00 sampai jam 13.00.
  25. Katedral Kristus Sang Penyelamat di Moscow menampung  5000-6000 jamaah dan gereja Orthodox Timur tertinggi di dunia dan sekarang menjadi gereja Orthodox terbesar di dunia yang masih digunakan.
  26. Air mancur Alexander dan Natalie yang berlokasi di jalan Arbat  adalah satu-satunya air mancur di Moscow yang airnya bisa diminum.
  27. Tingkat kecerdasan orang Rusia mencapai 99%. Ada lebih dari 600 universitas di negara tersebut.
  28. St. Petersburg adalah kota bagian utara dengan penduduk lebih dari 1 juta orang di dunia.
  29. Siberia terdiri dari lebih 25% hutan dunia.
  30. Luas Siberia sekitar 5,2 juta mil persegi yang dapat disamakan dengan sekitar 9% jumlah daratan kering bumi
  31. Menara Ostanikino adalah menara TV tertinggi di Eropa. Bangunan satu tiang tertinggi dunia dari tahun 1967 sampai tahun 1975.
  32. Kremlin di Moscow adalah benteng zaman pertengahan terbesar di dunia yang dibangun pada abad XIV sampai XV.
  33. Rusia adalah satu-satunya negara di dunia yang akan menyelenggarakan Olimpiade musim dingin tahun 2014 dan olahraga Paralympic di pantai laut Hitam pada iklim subtropis basah.
  34. Rusia berbatasan dengan 15 negara: Azerbaijan, Belarus, China, Estonia, Finlandia, Georgia, Kazakhtan, Korea Utara, Latvia, Lithuania, Mongolia, Norwegia, Polandia, dan Ukraina.
  35. Kalasnikov pertama kali diciptakan dan digunakan pada tahun 1947, dan ternyata lebih banyak digunakan dibandingkan dari semua senjata lainnya di dunia.
  36. Rusia terdiri dari berbagai kebangsaan dan banyak budaya. Rusia mempunyai lebih dari 100 kebangsaan, seperti bangsa Rusia, Ukraina, Tatar, Yahudi, Bashkir, dan lainnya.
  37. Mikhail Gorbachev adalah satu-satunya presiden pertama dan terakhir Uni Soviet.
  38. Rusia telah melahirkan banyak seniman, ilmuwan dan penulis, seperti Dostoevsky, Chekhov, Tolstoy, Pushkin, Aivazovsky dan Vasnetsov, Gogol dan Turgenev, Lomonosov dan Karamzin.
  39. Rusia telah memakai hak-hak persamaan sebelum Amerika. Pada tahun 1918, wanita Rusia diberikan hak pilih. Amerika mulai memberikan hak pilih kepada wanita pada tahun 1920.
  40. Patung Pekerja dan Wanita Kolkhov yang dibuat oleh Vera Mukhina adalah patung kehormatan yang menghiasi landscape Moscow dan didesain untuk Perayaan Dunia tahun 1937 di Paris.
  41. Daftar Warisan Dunia UNESCO memasukkan 24 situs warisan Rusia, kekayaan alam dan budaya, situs-situs sejarah yang besar dan terkenal.
  42. Rusia juga menjadi tempat bagi gunung Klyuchevskaya Sopka, gunung berapi terbesar di dunia, yang memiliki tinggi 4750 m (15584 kaki).
  43. Rusia dikenal sebagai “paru-paru Eropa” karena cadangan hutannya yang terbesar di dunia, dan jumlah karbon dioksida yang disedot oleh hutan adlaah kedua setelah hutan hujan di Amazon.
  44. kebanyakan orang Rusia lebih suka menghabiskan hari libur dan waktu luangnya di musim panas ke luar kota yang dinamakan dacha.
  45. Keramahtamahan berperan penting dalam mental dan karakter orang Rusia, dan kalau kamu pernah berteman dengan orang Rusia tentu kamu akan menilai keunikan ini yang disebut “jiwa Rusia yang luas”.
  46. Sungai Volga di Rusia adalah yang terpanjang di Eropa. Sungai Volga bersumber di barat laut Moskow dan memanjang sampai ke selatan sejauh 3700 km melalui seluruh bagian pusat negara.
  47. Satelit bumi buatan manusia pertama kali dibuat oleh Rusia dengan nama Sputnik. Sputnik (dibaca “Spoot-nik” bukan “Sput-nik”) yang diluncurkan pada tanggal 4 Oktober 1957 dan sebagai tanda permulaan era ruang angkasa.
  48. Bapak televisi Amerika modern adalah teknisi dan penemu Rusia, Vladimir Zvorykin, yang pindah ke Amerika pada tahun 1919.
  49. Pada tanggal 16 Januari 1820, ekspedisi Rusia dipimpin oleh Thaddeus Bellingshausen dan Mikhail Lazarev, untuk meneliti antartika.
  50. Ahli kimia Rusia, Dmitrii Mendeleev, menciptakan tabel periodik elemen-elemen dengan menyusunnya menurut hukum-hukum ilmiah. Seluruh dunia menggunakan tabel periodik ini.
  51. Permainan komputer yang paling terkenal, Tetris, diciptakan oleh programer Rusia bernama Alexei Pazhitnov pada tahun 1985. Permainan ini pertama kali ada pada zaman Uni Soviet dan muncul di Barat pada tahun 1986.
  52. Rusia mempunyai banyak institusi seni terbaik di dunia, seperti Bolshoi Theater dan Pushika Art Gallery di Moskow, dan Mariinsky Theater dan Hermitage di St. Petersburg.
  53. Bagian pemerintahan di Rusia terdiri dari 21 republik otonom, 49 propinsi, 6 daerah (kray), 10 wilayah otonom (okrug) dan 1 propinsi otonom.
  54. Bagi Rusia, pegunungan Ural adalah kotak permata dengan batu mulia, karena lebih dari 200 mineral dan batu mulia ada di kedalaman gunung ini (asbes, kristal batu, malachite, beryl, jasper, zircon, emas).
  55. Lonceng terbesar di dunia adalah lonceng Tsar Kolokol yang berada di Kremlin. Lonceng ini dibuat pada tahun 1735 dan tidak lama setelah itu mengalami kerusakan dan tidak pernah dibunyikan. Lonceng ini tingginya 6 .14 m dan bobotnya 223 ton.
  56. Metro Moskow adalah alat transportasi tercepat, kereta dijadwalkan setiap 90 detik pada jam-jam sibuk.
  57. Ada sekitar 176 air mancur yang beroperasi (termasuk 40 air mancur besar) dan 5 air terjun kecil di Peterhof, yang berlokasi di pinggiran kota St. Petersberg.
  58. Ada sekitar 100 festival dan kompetisi bermacam-macam tren budaya dan seni termasuk 50 tingkat internasional diadakan setiap tahunnya di St. Petersberg.
  59. Rusia adalah eksportir minyak terbesar kedua di dunia.
  60. 27 penyair Rusia memperoleh hadiah nobel, dan dari daftar tersebut adalah Bunin, Pasternak, Gorbachev, Landau, Sakharov, Solgenicin, Kapitsa, dan masih banyak lainnya.
  61. Jembatan Trinity (Troitsky) di St. Petersberg didesain oleh teknisi Perancis, Fustavel Eiffel.
  62. 10% dari wilayah St. Petersberg tertutup oleh air.
  63. Olympic Misha adalah beruang terkenal di dunia. Misha lahir pada tahun 1980 dan dijadikan maskot Olimpiade.
  64. Ushanka (topi penutup telinga) adalah topi tradisional musim dingin di Rusia dengan penutup telinga yang dapat diikatkan pada dagu untuk melindungi telinga agar tidak kedinginan.
  65. Red Star (Bintang Merah) telah lama bekerja sebagai simbol Red Army (Tentara Merah). Setelah berakhirnya Red Army, bintang merah hanya dapat dilihat di puncak menara Kremlin dan di dasar Laut Baltik.
  66. Club sepakbola St. Petersberg, Zenit, adalah satu-satunya club sepakbola di Rusia yang mengikuti seluruh pertandingan tidak hanya pada masa Soviet tetapi juga Rusia.
  67. Valenki adalah alaskaki tradisional Rusia pada musim dingin. Namanya sendiri berarti “dibuat dengan bulu” (made by felting). Valenki asli terbuat dari bulu wol.
  68. Chelsea adalah club sepak bola Rusia yang paling terkenal di dunia. Club tersebut didirikan pada tahun 1905 dan kemudian pada tahun 2003 dibeli oleh bisnisman Rusia, Roman Abromovich.
  69. Sendok kayu terbuat dari kayu dan dicat. Sendok ini bukan hanya sekedar sendok, tetapi merupakan instrumen musik yang bisa dibawa-bawa.
  70. Samovar adalah versi ceret listrik kuno. Tanpa listrik, samovar dijalankan dengan batubara untuk merebus air.
  71. Lapti adalah sepatu khas Rusia, sudah lama ditemukan di pedalaman Rusia yang masih liar. Lapti adalah sepatu yang terbuat dari renda yang sangat terkenal di kalangan para petani Rusia.
  72. Lintasan Siberia dari Vladivostok sampai Moskow akan memakan waktu 152 jam lebih 27 menit jika berjalan non stop.
  73. Di kota Rusia, Oimyakon, temperatur udara terendah dilaporkan pada tahun 1933 adalah -67.7 °C.
  74. Rusia adalah yang pertama kali mengirimkan anjing bernama Laika ke ruang angkasa.
  75. Gereja Orthodox Rusia masih menggunakan kalender Julian kuno, oleh karena itu perayaan Natal-nya jatuh pada tanggal 7 Januari, 13 hari setelah perayaan Natall Barat. Pada hari itu dilakukan ritual khidmat dan perayaan yang penuh kegembiraan.
  76. Selama Perang Dunia II stasiun Metro digunakan sebagai shelter untuk berlindung dari serangan udara. 150 orang lahir di sana.
  77. Ada 7 kota di Golden Ring Rusia.
  78. Vodka diperkenalkan di Rusia pada periode dari tahun 1448 sampai tahun 1474. Kurang dari 100 tahun kemudian “czar tavern” yang pertama dibuat di Moskow
  79. Rusia mempunyai 40 cadangan Biosphere UNESCO dan 23 situs warisan dunia.
  80. Ada sekitar 10 juta lebih jumlah wanita daripada laki-laki di Rusia.
  81. 310 km adalah jarak total 12 lintasan metro Moskow. 182 stasiun melayani hampir 10000 kereta api. Rata-rata jarak perjalanan adalah 13 km.
  82. Pada abad ke-18, Rusia adalah kaisar terbesar ketiga di dunia, yang meliputi area dari Polandia di Eropa sampai ke Alaska di Amerika Utara.
  83. Selama hari terakhir bulan Juni, fenomena yang dikenal dengan “Malam Putih” (White Nights) dapat terlihat di bagian Rusia. Fenomena tersebut adalah saat dimana malam meninggalkan terang akibat matahari tidak tenggelam di bawah ufuk.
  84. Daratan Siberia Barat adalah daratan terbesar di bumi.
  85. Sungai Neva di St. Petersberg adalah sungai terpendek dan terdalam di Eropa.
  86. Hermitage adalah museum terbesar di dunia. Musim ini terdiri dari tiga juta karya seni dari zaman batu sampai zaman modern.
  87. Carl Faberge, tukang buat emas terkenal, mendesain sejumlah telur paskah untuk keluarga kerajaan Rusia.
  88. Rasputin adalah ahli mistik jahat yang bisa mengirimkan hemofilia warisan kepada penguasa. Dia memperoleh pengaruh atas Czarina dan suaminya, Czar, Nicholas II.
  89. Keluarga kerajaan Rusia dihukum mati di Yekaterinburg pada tahun 1918.
  90. Sirkus nasional Moskow telah ada selama dua ratus tahun dan memberikan dukungan kuat selama era Komunis.
  91. Petrograd adalah nama dari St. Petersburg selama perikde Agustus 1914 sampai Februari 1924.
  92. Selama konstitusi tahun 1993, Rusia mempunyai sistem pemerintahan demokratis dan federal, yang terbagi menjadi eksekutif, legislatif, dan yudikatif.
  93. Di Rusia, seorang lelaki tidak pernah memberikan sekuntum bunga kepada gadis karena hal itu dianggap jelek dan berhubungan dengan pemakaman.
  94. Orang Rusia biasanya memakai cincin kawin di tangan kanan.
  95. Katedral Kristus Sang Penyelamat Moskow diserang oleh Stalin selama kekuasaannya untuk mengeluarkan agama dari kehidupan orang Soviet dan dibangun ulang pada tahun 1990-an.
  96. Ketika kamu dikunjungi tamu (teman atau orang lain) kamu harus memberikan mereka setidaknya kopi atau teh dengan kue, dan dianggap tidak sopan jika kamu tidak menyuguh tamu kamu.
  97. Ketika pasangan orang Rusia melangsungkan pernikahan, mereka biasanya mengadakan upacara resepsi besar dimana setiap orang meneriakkan “Gor’ko” yang artinya “pahit” (bitter) dan kemudian pengantin laki-laki mencium pengantin perempuan.
  98. Orang Rusia sangat bersahabat dan terbuka. Teman dan sanak famili selalu datang mengunjungi, biasanya tanpa menelpon. Sudah dianggap biasa jika teman-teman kamu atau sanak famili datang tanpa diundang.

http://facts.randomhistory.com/2009/05/04_china.html

6 comments on “98 Fakta Menarik tentang Rusia

  1. reddakaya
    July 20, 2016

    Reblogged this on DANAWIRAUSAHAPEDIA.

  2. susitl
    January 9, 2017

    wow Rusia hebat.
    Amazing.

  3. inesdwiana
    February 3, 2017

    love russia

  4. Mochamad Andri
    May 13, 2017

    keren lengkap banget fakta yang dibeberkan, oh iya sedikit berbagi silahkan cek di blog saya ada fakta lain loh yang saya temukan selama saya tinggal di Rusia.

    ditunggu kedatangan nya. terima kasih.

  5. Anonymous
    November 7, 2019

    maju terus rusia

  6. Anonymous
    November 11, 2019

    rusia dari dl emang dah amazing
    numpang promo ya min Berita Dunia Terbaru

Leave a comment

Information

This entry was posted on July 31, 2013 by .