semestafakta

Sedikit yang kita tahu tentang semesta…

56 FAKTA MENARIK TENTANG LUXEMBURG

semestafakta-luxembourg map

1. Nama Luxemburg berasal dari nama benteng Saxon. Luxemburg didirikan pada tahun 963 sebagai Daerah Luxemburg (County of Luxembourg) oleh Sigefroid, Pangeran Ardennes, yang selanjutnya membangun tempat ini. Nama kunonya dalam bahasa Saxon adalah Lucilinburhuc (benteng kecil) yang melambangkan posisi strategisnya. Pada tahun-tahun selanjutnya benteng kecil tersebut menjadi benteng yang besar.

2. Bendera Luxemburg, dengan tiga garis lebar berwarna merah, putih, dan biru, pertama kali digunakan pada abad ke-19 dan resmi diadopsi Luxemburg pada tahun 1972. Bendera ini mirip dengan bendera Belanda. Luxemburg juga mempunyai bendera resmi “Red Lion” (atau dalam bahasa Luxemburg, Roude Léiw) yang digunakan untuk kapal-kapal yang terdaftar di Luxemburg.

semestafakta-luxembourg flag semestafakta-Roude Léiw

3. Orang yang berasal dari Luxemburg dikenal dengan sebutan Luxembourgers.

4. Luxemburg adalah satu-satunya negara dengan Pangeran Agung (Grand Duchy) dan negara terkecil di Eropa.

semestafakta- Grand Duke and Grand Duchess of Luxembourg

5. Pada tahun 1443, Elisabet, Ratu Luxwemburg, menjual negaranya kepadsa Philip the Good dari Burgundy. Philip thwe Good tak sebaik namanya (the Good), karena dia mempunyai 24 gundik dan 18 anak tidak sah.

6. Luxemburg hanya memiliki 450 tentara dan dua tank,.

7. Dari tahun 1310 sampai 1437, Pangeran Luxemburg adalah juga merupakan Raja Bohemia (sekarang Cekoslovakia)

8. Majlis Luxemburg (House of Luxembourg) mempunyai tiga anggota yang dipilih oleh Kekaisaran Roma Suci, yaitu Henry VII (1312-1313), Charles IV (1355-1378) dan Sigismund (1410-1437). Sigismund juga sebagai raja Hongaria dari tahun 1387. Putri Sigismund, Elisabeth of Luxembourg, menikah dengan Albert II dari Habsburg, yang menggantikan mertuanya sebagai raja, juga sebagai Raja Bohemia dan Hongaria.

9. Kekayaan bersih Pangeran Agung Henry diperkirakan lebih dari £3 milliar, yang menjadikan dia sebagai kerajaan terkaya ke-12 di dunia.

10. Luxemburg mempunyai GDP per kapita tertinggi di dunia dengan US$ 115,000 pada tahun 2011 dan GDP nya hampir tiga kali dari rata-rata GDP negara Eropa.

11. Tidak setiap orang yang kerja di Luxemburg adalah tinggal di sana. Sekitar 150.000 dari total 351.000 pekerja bayaran (menurut statistik 2012) pulang pergi ke Luxemburg dari kota perbatasan di Perancis, Blgia, dan Jerman. Dan hampir 50% kebanyakan dari Perancis. Bahkan ada website yang khusus didedikasikan untuk mereka, yaitu di http://www.frontaliers.lu

12. Luxemburg adalah negara dengan tingkat partisipasi dalam pemilu tertinggi di Eropa, dengan 91% penduduknya ikut ambil bagian dalam pemilihan umum.

13. Luxemburg mempunyai tingkat upah minimum tertinggi di Eropa dan kedua di dunia setelah Australia. Pada tahun 2013, upah minimum di Luxemburg adalah €1,874.90 ($2,404) per bulan atau €10.8335 ($13.89) per jam untuk pekerja yang tidak memenuhi syarat yang berusia di atas 18 tahun. Bahkan lebih besar daripada Monako.

14. Luxemburg terkenal di Eropa karena mempunyai stasiun televisi dan radio terbesar, yaitu Radio Luxembourg, RTL Group of Luxembourg. Stasiun ini mengudarakan 34 televisi dan 33 stasiun radio di 12 negara yang terdiri dari channel M6 di Perancis dan Channel Five di Inggris. Di samping itu, Luxemburg adalah tempatnya SES, yaitu pembawa layanan satelit utama Eropa di Jerman dan Inggris.

semestafakta-SES semestafakta-SES2

15. Sistem pendidikan Luxemburg adalah trilingual (tiga bahasa). Di sekolah dasar untuk pertama kalinya diajarkan bahasa Luxemburg, kemudian bahasa Jerman, dan di SMP diajari bahasa Perancis.

16. Bahasa jerman pertama kali yang diajarkan di sekolah Luxemburg dan juga digunakan oleh gereja dan media. Namun, untuk seluruh urusan bisnis dan perkantoran menggunakan bahasa Perancis.

17. Meski Luxemburg adalah negara sekuler, namun kenyataannya katolik Roma mendominasi sekitar 87% dari penduduk negara tersebut. Sisanya 13% beragama Yahudi, Anglikan, Orthodox Yunani, Orthodox Russia, Mennonitisme, Kristen Protestan, Kristen Orthodox, Islam, dan Lutheranisme.

18. Universitas Luxemburg adalah satu-satunya universitas di Luxemburg.

19. Pada tahun 2005, Luxemburg dipilih sebagai negara maju ketiga dalam hal efesiensi bisnis di Eropa.

20. Universitas Oxford dan Universitas Oviedo menempatkan Luxemburg dalam peringkat kedua sebagai negara di dunia dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam ITU ICT Development Index dan peringkat ke-8 dunia dalam Global Broadband Quality Study tahun 2009.

21. Luxemburg memiliki dua wilayah, yaitu Gutland di sebelah selatan dan Oesling di sebelah utara. Bagian utara Luxemburg adalah jarang penduduknya, hanya ada satu kota dengan penduduk sekitar 4000 jiwa.

22. Luxemburg masuk dalam UNESCO World Site karena sejarah agungnya yang berkaitan dengan kerajaan Romawi dan Spanyol.

23. Tanggal 23 Juni dirayakan sebagai Hari Nasional Luxemburg dan juga sebagai hari kelahiran Pangeran Agung, Charlotte.

semestafakta-Charlotte

24. Motto Luxemburg adalah ‘Mir wëlle bleiwe wat mir sinn’ yang artinya “kita ingin mempertahankan apa yang kita punya”

semestafakta-Mir wëlle bleiwe wat mir sinn

25. Kota Diekirch, setengah jam perjalanan dari kota Luxemburg, adalah tempat yang cukup menarik di pedesaan Ardennes. Di sini terdapat tebing yang menjulang dan bukit yang ditutupi hutan. Tempat ini menjadi Museum Nasional Sejarah Militer.

semestafakta-National Museum of Military History semestafakta-National Museum of Military History2 semestafakta-National Museum of Military History3

26. Kota Ardennes, di perbatasan Belgia dan Luxemburg, adalah tempat pertempuran paling berdarah pada Perang Dunia II. Di sinilah pasukan Hitler melakukan serangannya yang dramatis ke arah barat pada musim sdingin tahun 19441945, untuk mengalahkan pasukan Sekutu pada Pertempuran Bulge.

27. Pada tahun 1995, pertama kalinya Luxemburg dijuluki sebagai “Ibu kota kebudayaan Eropa”. Julukan tersebut berulang pada tahun 2007.

28. Beberapa artis internasional kelahiran Luxemburg adalah fotografer Edward Steichen dan pelukis Michel Majerus, Theo Kerg dan Joseph Kutter.

semestafakta-Edward Steichen semestafakta-Edward Steichen2semestafakta-Michel Majerus semestafakta-Michel Majerus2semestafakta-Theo Kerg semestafakta-Theo Kerg2semestafakta-Joseph Kutter

29. Victor Hugo, seorang penulis terkenal Perancis, adalah tinggal di Luxemburg, di kota dekat perbatasan Jerman. Rumahnya kemudian diubah menjadi museum yang sangat terkenal di kalangan turis Belanda dan Perancis.

semestafakta-Victor Hugo

30. Orang paling kuat di Uni Eropa adalah orang Luxemburg, yaitu Jean-Claude Junker, yang memegang posisi presiden Komisi Eropa.

31. Luxemburg pernah memilih partai dan orang yang sama selama 18 tahun, yaitu Mr Jean Claude Juncker, sebagai perdana menteri. Namun, pada tahun 2012, D’Lëtzebuerger Land menerbitkan transkrip rekaman diskusi antara kepala State Intelligence Service (SREL) dan perdana Menteri Junker, yang menyatakan adanya hubungan jahat antara SREL, M16, dan Pangeran Agung Luxemburg dan juga menyebutkan kasus “Bommeleeër” dan terlibat kasus kiorupsi.

semestafakta-Jean-Claude Junker

32. Luxemburg mempunyai tempat pagelaran musik yang mewah,. Yaitu Grande-Duchesse Josephine-Charlotte Concert Hall. Arsitek bangunan ini adalah arsitek kelahiran Perancis, Christian de Portzamparc. Tempat konser ini dibuka pada 26 Juni 2005.

semestafakta-Grande-Duchesse Josephine-Charlotte Concert Hall semestafakta-Grande-Duchesse Josephine-Charlotte Concert Hall2

33. Loretta Young, seorang bintang film terkenal, juga mempunyai keturunan Luxemburg.

semestafakta-Loretta Young

34. Skype, yaitu software panggilan bebas dan pesan instan, bermarkas besar di Luxemburg. Amazon, Rakuten, Paypal dan Rovi Corporation, semuanya bermarkas di Luxemburg.

semestafakta-amazon semestafakta-amazon2

35. Dari tahun 1944 sampai 2002, mata uang Franc Luxemburg mempunyai nilai yang sama dengan Franc Velgia. Mulai tahun 2002, mata uang Euro menggantikan keduanya.

36. Organisasi Amerika, “The Heritage Foundation”, mencatat Luxemburg sebagai negara tingkat pertama dan keempat dunia dalam hal kebebasan ekonomi.

37. Luxemburg adalah salah satu dari anggota organisasi Benelux, yaitu kesatuan tiga negara, BElgia, NEtherland (Belanda), dan LUXembourg. Benelux dibentuk pada tahun 1948 sebagai kerjasama ekonomi antara Belgia, Belanda, dan Luxemburg, untuk mempromosikan kemakmuran ekonomi.

semestafakta-benelux

38. Luxemburg memenangkan lima kali Eurovision Song Contest pada tahun 1961, 1965, 1972, 1973, dan 1983, suatu prestasi yang hanya bisa dikalahkan oleh Irlandia.

semestafakta-Eurovision Song Contest

39. Ada dua festival besar Luxemburg, yaitu Dancing Procession of Echternach dan Christmas. Beberapa festival lainnya yang populer adalah Tahun Baru, Good Friday, dan Easter.

40. Luxemburg mewakili Eropa di World Expo 2010 di Cina. Nama Paviliunnya berasal dari terjemahan kata dari bahasa Luxemburg ke bahasa Cina, yaitu “Lu Sen Bao”: Hutan dan Benteng, yang menunjukkan Luxemburg sebagai “Paru-paru Eropa” (Green Hearth in Europe)

41. Luxemburg pernah dikecam ketika dilaporkan ada 4 milliar dollar uang kekayaan Kim Jong Il, presiden Korea Utara, disimpan di Luxemburg.

42. Edisi kedua jurnal mungguan bernama Luxemburger Wochenblatt, dengan bahasa Luxemburg, pertama kali diterbitkan pada 14 April 1821.

semestafakta-Luxemburger Wochenblatt semestafakta-Luxemburger Wochenblatt2

43. Ada 17 km terowongan bawah tanah di Luxemburg. Jaringan terowongan ini dibangun sebagai bagian dari pertahanan kota. Bagian awalnya dibangun pada tahun 1644, dan diperluas lagi 40 tahun kemudian sampai abad ke-18, dengan kedalaman mencapai 40 meter. Terowongan ini adalah sebagai selter perlindungan dari serangan udara selama Perang Dunia II dan bisa menampung sampai 35.000 orang. Terowongan ini sekarang dinyatakan sebagai UNESCO World Heritage Site, dan dibuka untuk umum.

semestafakta-tunnel in luxembourg semestafakta-tunnel in luxembourg2

44. Luxemburg adalah negara dengan tingkat kepemilikan mobil tertinggi di dunia, dengan 647 mobil per 1000 penduduk. Volkwagon adalah merek mobil yang paling laris di Luxemburg pada tahun 2014.

45. Kota tertua di Luxemburg adalah Echternach, yang didirikan oleh Santa Willibrord, seorang santa dari Irlandia pada tahun 698.

46. Orang Luxemburg adalah suka meloncat. Setiap hari Selasa, ada sekitar 10.000 orang laki-laki, perempuan, dan anak-anak berkumpul di kota Echertnach untuk menghormati santa abad ke-7, Santa Willibrod, dengan mengikuti prosesi dansa atau joget tradisional terbesar di Eropa, dan even ini tercatat sebagai UNESCO World Heritage. Dengan disaksikan oleh 40.000 penonton, para danser memakai baju putih dan celana gelap dengan membawa sapu tangan keliling kota dengan diiringi oleh tarian-tarian marching band.

semestafakta-St Willibrordsemestafakta-Dancing Procession of Echternach

procession dansante d'Echternach 2006

procession dansante d’Echternach 2006

47. Perdana menteri Luxemburg, Xavier Bettel, adalah pemimpin Uni Eropa pertama yang menikahi sesama jenis, ketika dia menikahi Gauthier Destenay pada Mei 2015. Pemerintah Luxemburg menerima pernikahan sesama jenis pada Juni 2014 setelah polling yang diadakan pada tahun 2013, yang hasilnya adalah 83% orang Luxemburg mendukung pernikahan sesama jenis.

semestafakta-Xavier Bettel

48. Luxemburg terkenal dengan kastilnya. Ada 5 kastil besar yang terkenal di Luxemburg, yaitu Kastil Luxemburg (Bock Casemates), Kastil Beaufort, Kastil Vianden, Kastil Esch-sur-sure, dan Kastil Wiltz.

semestafakta-Beaufort castlesemestafakta-Bock Casematessemestafakta-Esch-sur-sure castlesemestafakta-Larochette castlesemestafakta-Vianden castlesemestafakta-Wiltz castle

49. Kastil Luxemburg berada di pusat ibu kota, yang didirikan oleh Pangeran Siegfried pada tahun 963 M. kastil ini sering dijuluki “Gibraltar dari Utara”. Kastil Beuford dibangun pada abad ke-11. Kuil ini menarik karena selalu direnovasi oleh setiap pangeran yang bertempat di kuil tersebut. Kastil Vianden dibangun antara abad 11 sampai 14. Kuil ini bergaya Gothik, Renaissance, dan Romanesque. Kastil Esch-sure-Sure lebih kecil dibandingkan kastil lainnya. Kuil Wiltz adalah menjadi rajanya kastil.

50. Wilayah Mullerthal di Luxemburg dikenal dengan Swiss Kecil (Little Switzerland). Di sana terdapat hutan yang menutupi bukit, tebing dengan susunan batu yang menarik, air terjun Schiessentümpel pedesaan kecil dan kastil peninggalan Beaufort dan Larochette.

51. Perjanjian Schengen, yang membolehkan orang Eropa bebas melintasi seluruh batas negara Eropa, ditandatangi di Luxemburg. Dua perjanjian ditandatangani pada tahun 1985 dan 1990 di pedesaan kecil, Schengen di wilayah perkebunan anggur Moselle Luxemburg. Di pedesaan tersebut, ketiga negara, Luxemburg, Perancis, dan Jerman bertemu, untuk menyetujui gerakan bebas dan penghapusan batas-batas internal.

52. Pengadilan tertinggi di Uni Eropa dalam hal hukum Uni Eropa berada di Luxemburg. Pengadilan Uni Eropa memiliki 28 hakim, masing-masing diambil satu dari anggota Uni Eropa.

53. Eutanasia dan bunuh diri adalah legal di Luxemburg.

54. Makanan khas Luxemburg banyak dipengaruhi oleh makanan Perancis, yang berbau keju, seperti Kachkeis. Makanan spesial Luxemburg termasuk Judd matt Gaardebou ‘nen, Thuringer, daging babi Luxemburg, friture de la Moselle, Gromper Keeschelce, Pate, dan Quetsche tort. Minumannya adalah anggur putih dan juga bir seperti Bofferding, Mousel, dan Diekirch.

semestafakta-friture de la Moselle semestafakta-Judd matt Gaardebou ‘nen semestafakta-Kachkeis semestafakta-Thuringersemestafakta-Bofferding semestafakta-Diekirch

55. Di Luxwemburg, saat orang memberikan bunga, biasanya juga memberikan nomor ganjil, kecuali nomor 13.

56. Luxemburg memenangkan dua medali di Olimpiade Musim Panas dan dua medali di Olimpiade Musim Dingin. Satu-satunya medali emas yang berhasil diraih adalah untuk lari 1500 meter di Olimpiade Helsinki tahun 1953, yang dimenangkan oleh Josy Barthel, yang kemudian menjadi menteri di pemerintahan.

semestafakta-Josy Barthel semestafakta-Josy Barthel2

Leave a comment

Information

This entry was posted on December 15, 2015 by .