semestafakta

Sedikit yang kita tahu tentang semesta…

75 FAKTA MENARIK TENTANG BOLIVIA

semestafakta-bolivia masemestafakta-bolivia flag

1. Nama Bolivia berasal dari nama pemimpin dalam perang kemerdekaan Amerika atas Spanyol, yaitu Simon Bolivar. Budaya nasional Bolivia adalah campuran dari elemen Hispanik dan pra Hispanik dengan tiga tradisi budaya, yaitu (1) Quechua/Aymara (sekitar 32% dan 23% dari penduduk), yang terusat di dataran tinggi dan lembah wilayah pegunungan dan cocok dengan tradisi yang ada sebelum penaklukan Spanyol pada abad ke-16; dan budaya “Andean” ini merentang dari Kolombia sampai Chili utara dan Argentina dan sesuai dengan perbatasan Kekaisaran Inka, yang ibu kotanya adalah Cusco, Peru; (2) Spanyol dan Hispanik (sekitar 87% penduduk), diambil dari warisan budaya penaklukan Spanyol; dan (3) beberapa kelompok suku kecil di hutan Amazon di bagian timur dataran rendah di Bolivia.

semestafakta-Simon Bolivar

2. Peradaban kuno Tiahuanaco pernah menjejakkan kakinya di tanah Bolivia. Satu-satunya peninggalannya adalah reruntuhan kuil dan pahatan batu yang dikenal dengan nama “Gerbang Matahari” (Gate of the Sun).

semestafakta-Gate of the Sun

3. Semboyan Bolivia adalah “La Unión es la Fuerza”, yang artinya “Persatuan itu Kuat”

4. Sistem hukum Bolivia berdasar pada hukum Spanyol dan Kode Napolen.

5. Tahun 1545 perak ditemukan di gunung Cerro Rico dekat Potosi. Tahun 1809-1925 adalah perang kemerdekaan Bolivia. Tahun 1842 adalah perjanjian perdamaian antara Bolivia dengan Peru. Tahun 1995 Evo Morales mendirikan gerekan sosialisme. Tahun 2006 Evo Morales akhirnya memenangkan pemilu presiden.

6. Spanyol membawa tradisi seni keagamaannya di samping penduduk lokal dan tukang bangunan dan seniman Mestizo, yang berkembang menjadi gaya arsitektur, tulisan, dan seni pahat yang khas yang disebut dengan “Mestizo Baroque”. Periode kolonial tidak hanya menghasilkan lukisan Perez de Holguin, Flores, Bitti, dan lainnya, tetapi juga menghasilkan para ahli pemahat batu, pengukir kayu, tukang emas, dan pengrajin perak. Sekumpulan penting musik agama baroque pribumi dari periode kolonial telah ditemukan kembali dan telah ditampilkan dalam ajang internasional untuk menyebarluaskan sejak tahun 1994. Seniman atau artis Bolivia abad 20 adalah Guzman de Rojas, Arturo Borda, Maria Luisa Pacheco, Master William Vega, Alfredo Da Silva, dan Marina Nunez del Prado.

semestafakta-Guzman de Rojas semestafakta-Guzman de Rojas2semestafakta-Arturo Bordasemestafakta-María Luisa Pacheco semestafakta-María Luisa Pacheco2 semestafakta-Marina Núñez del Prado semestafakta-Marina Núñez del Prado2semestafakta-Alfredo Da Silvasemestafakta-Alfredo Da Silva2semestafakta-Alfredo Da Silva3

7. Bolivia adalah negara paling tinggi di Amerika Selatan tetapi juga paling miskin di Amerika Selatan.

8. Mata uang Bolivia adalah Boliviano. 6 Agustus dirayakan sebagai Hari Nasional Bolivia.

9. La Paz adalah kota ibu kota tertinggi di dunia (11.910 kaki). Ibu kota resminya ada di kota Sucre tetapi ibu kota aktivitas pemerintahannya adalah La Paz.

10. 45 mil sebelah barat La Paz di ketinggian pegunungan Andes terdapat peninggalan kuno misterius, yaitu Puma Punku. Batu megalitik tersebut adalah yang paling besar di dunia, yang panjangnya mencapai 26 kaki dan beratnya masing-masing lebih dari 100 ton. Puma Punku adalah kompolek kuil besar atau kumpulan monumen yang menjadi bagian dari situs Tiwanaku di dekat Tiwanaku, Bolivia.

semestafakta-puma punku semestafakta-puma punku2 semestafakta-puma punku3 semestafakta-puma punku4

11. Kota Sucre mendapat julukan “Athenanya Amerika Selatan” karena di kota tersebut terdapat Universitas Xavier San Fransisco yang berdiri sejak tahun 1624. Sekarang, universitas tersebut mempunyai 30.000 pelajar dan kebanyakan mengambil bidang hukum atau kedokteran.

semestafakta-San Francisco Xavier University

12. Di kota Sucre terdapat sejumlah gereja dari zaman kolonial, seperti gereja Basilica Metropolitana dan gereja La Roceleta dari abad ke-17, gereja San Lazaro, La Merced, San Miguel, dan gereja Santa Clara.

semestafakta-Basilica Metropolitana semestafakta-BLa Merced semestafakta-La Recoleta semestafakta-San Miguel semestafakta-Santa Clara

13. Di samping gereja, kota Sucre juga sebagai tempat sejumlah museum bersejarah, seperti Casa de la Libertad, yang menyimpan Deklarasi Kemerdekaan Bolivia, yang ditandatangani pada tahun 1825. Kota Sukre juga menampilkan museum Museo de la Recoleta, yaitu museum abad ke-16 dengan sejumlah lukisan bersejarah; Museo de Charcas, yang memajang karya seni oleh Indian pribumi, dan Melchor Perez de Holgum dan Museo Antropologico, yang memamerkan tengkorak, mumi dan barang tembikar dari suku lokal.

14. Wiphala adalah simbol identifikasi nasional dan kultural dari Andes Amazon. Wiphala adalah kolektivitas dan harmoni nasional. Selama lebih dari 500 tahun telah menjadi simbol persaudaraan, ritualisme, dan representasi dari kesatuan dalam perbedaan, dan representasi dari masyarakat Ayllus dari Pusy Suya Tahuantinsuyo. Wiphala mungkin digunakan sejak penciptaan Tiwanaku, yaitu lebih dari 2000 tahun yang lalu.

semestafakta-Wiphala 2 semestafakta-Wiphala

15. Bolivia mempunyai 30 bahasa resmi dan 36 budaya pribumi. Bahasa utamanya adalah bahasa Spanyol, Quechua, dan Aymara.

16. Hampir 78% penduduknya memeluk agama Katolik Roma. Kaum mudanya tidak seperti ayahnya yang taat beragama, mereka lebih sekuler.

17. Bolivia mempunyai cagar alam terbesar kupu-kupu di dunia.

semestafakta-butterfly sanctuary

18. Jalan paling berbahaya di dunia ada di Bolivia, yaitu jalan Yungas Utara yang menghubungkan Lembah Yungas dan La az. Jalan ini dijuluki dengan “Jalur Kematian”. Hanya sekitar 30% dari seluruh jalan di Bolivia yang sudah diaspal, dan kebanyakan berada di perkotaan.

semestafakta-The Road of Death semestafakta-The Road of Death2 semestafakta-The Road of Death3

19. Orang Bolivia masih memuja “El Tio” (Setan) dan “Pachamama” (ibu bumi) dengan pengorbanan.

semestafakta-El Tiosemestafakta-pachamama

20. Di Pegunungan Andes adalah tempat kehidupan setinggi 10.000 kaki di udara (setinggi pesawat terbang di udara). Mega atau awan melintasi rumah tinggal penduduk.

21. Di Bolivia marmut bukan hanya sekedar hewan peliharaan, tetapi juga dijadikan santapan makan malamnya, dan merupakan menu makanan lezat yang khas untuk dataran tinggi Peru, Bolivia, dan Ekuador.

semestafakta-guinea pig

22. Bolivia dianggap sebagai sumber dari berbagai macam makanan, termasuk berbagai macam merica, cabe rawit, kacang, buncis, yucca, dan tempat bagi lebih dari spesies kentang.

23. Makanan khas Bolivia kaya dengan karbohidrat. Di dataran tinggi, bahan pokok makanannya adalah kentang, diikuti oleh Andean lain dan orang Eropa yang memperkenalkan umbi-umbian dan padi, jagung, kacang polong. Kentang kering beku (chuño) dan jerky kering (ch’arki) dari lembu atau camelid Andean (llama, alpaca, dan vicuña) adalah bahan pokok makanan, meski daging sapi juga sebagian kecil menjadi makanan harian. Bir jagung (chicha) adalah minuman tradisional dan penting dalam ritual di dataran tinggi. Oriente, nasi, ketela pohon, kacang, pisang, polong, dan jagung menjadi dasar makanan harian, dipadu dengan ikan, daging ayam, dan daging sapi. Dei samping daging marmut terdapat juga daging babi goreng kering (chicharrón). Makanan disajikan dengan saus pedas. Di sana ada tabu tentang makanan, dan hampir semua binatang menjadi bagian makanannya kecuali hewan reptil. Sebagain besar budaya di sana mengharuskan makanan melalui proses pemasakan.

semestafakta-chicharrón

24. Makanan lain Bolivia yang biasa ditemukan adalah Humitas, Saltena, Empanadas, Fritanga, Charque de Llama, Lechon al Horno, dan Sopa de Quinua. Sedangkan minumannya adalah Chicha, Tojori, dan Singani.

25. Ada hampir 1 juta orang yang mengunjungi Bolivia setiap tahunnya. salah satu pemandangan yang menarik adalah gurun garam, Salar de Uyuni, yaitu endapan garam terbesar di dunia yang di dalamnya terdapat kandungan Litihium terbesar di dunia.

semestafakta-Salar de Uyuni semestafakta-Salar de Uyuni2 semestafakta-Salar de Uyuni3

26. Palacio de Sal adalah hotel terkenal yang terletak di pinggir gurun garam, Salar de Uyuni. Hotel ini terbuat dari balok-balok garam murni dan material di sekitar padang Garam.

semestafakta-Palacio de Sal 2 semestafakta-Palacio de Sal 3 semestafakta-Palacio de Sal 4 semestafakta-Palacio de Sal

27. Di Bolivia terdapat kuburan bagi kereta api-kereta api besar (Great Train Graveyard), yaitu di pinggiran padang garam di dataran tinggi Andean. Baja-baja kereta api besar dihancurkan oleh angin garam.

28. Danau Titicaca adalah danau terluas di Amerika Selatan dan juga merupakan kumpulan air tertinggi di dunia yang bisa dilayari berdasarkan lokasinya dengan ketinggian 12.507 kaki (4 kilometer). Danau ini dimiliki bersama dengan Peru.

semestafakta-titicaca lake

29. Di Bolivia juga terdapat danau berwarna, yaitu Laguna Colorada, ang terletak di area Altiplano. Danau merah ini terlatak 4000 meter di atas permukaan laut dan menjadi habitat bagi flamingo yang sudah jarang di dunia.

semestafakta-LAGUNA COLORADA

30. Orang Bolivia merayakan festival yang dinamakan dengan “Carnaval” pada tanggal 7 dan 8 Februari setiap tahunnya. Festival ini diadakan dengan penuh kegembiraan dan merupakan festival yang penuh warna di Amerika Selatan.

31. Ritus-ritus pagan dari era pra Kolombia masih dilakukan selama festival keagamaan Pribumi. Pakaian yang dikenakana selama festival adalah pakaian Indian pra Kolombia dan orang Spanyol abad 16. Joget setan di karnival Oruro adalah diantara pertunjukan tradisi besar Amerika Selatan, sebagaimana even tradisi lokal Anata Andina dan karnival di Tarabuco (Pujllay) atau Tinku, yaitu ritus kesuburan yang diadakan di Macha setiap tanggal 3 Mei.

32. Karnaval Oruro adalah festival gila dan meriah yang sudah berumur 2000 tahun dan masuk dalam salah satu UNESCO’s Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity. Menampilkan lebih dari 48 kelompok joget/dansa tradisional yang berjalan ke Tempat keramat Terowongan setiap hari Sabtu dalam pertunjukan tersebut. Marching band saling berlomba unjuk diri, para aktor menampilkan permainan misteri abad pertengahan dan para musisi mengajak joget dengan irama tradisional. Secara keseluruhan ada 28.000 pedansa/joget, sekitar 10.000 musisi dalam 150 band dan 400.000 pengunjung yang berjajar sepanjang lebih dari empat mil.

semestafakta-bolivian carnaval semestafakta-bolivian carnaval2 semestafakta-bolivian carnaval3semestafakta-Oruro Carnaval semestafakta-Oruro Carnaval2 semestafakta-Oruro Carnaval3 semestafakta-Oruro Carnaval4

33. Banyak joget atau dansa dan lagu mengandung elemen dari penduduk dan budaya Eropa. Caporales menjadi joget yang paling populer di Bolivia sekarang, dan dalam beberapa dekade lagi akan berkembang menjadi joget yang terkenal bukan hanya di dataran tinggi sebagai asalnya tetapi juga di dataran rendah dan di komunitas Bolivia di luar negeri. Di dataran tinggi, joget tradisional yang masih populer adalah Morenada, Kullawada, Diablada, Ch’utas, Waka Waka, Siklla, Suri Sikuri, Tinku, Pukllay, Tobas, Awki awki, Llamerada, dan Cambitas. Sedangkan di dataran rendah adalah Macheretos, Taquirari, dan Chovvena.

34. Bolivia adalah negara nomor 1 di dunia dengan hutan tropisnya dan merupakan salah satu dari lima negara eksportir kayu tropis top dunia. Bolivia juga diantara 12 negara top di dunia dengan jumlah pertanian organik yang besar di dunia.

35. Bolivia adalah tempat dari salah satu dari sedikit “tambang bolivianite” di dunia yang terkenal dengan Amitrine. Bolivianite atau Amitrine adalah mutiara berharga yang bagian setengahnya berwarna kuning dan setengahnya lagi berwarna ungu. Hal ini terjadi karena untuk membedakan oksidasi besi di dalam kristal tersebut.

semestafakta-bolivianita mine semestafakta-bolivianita mine2 semestafakta-bolivianita mine3

36. Bolivia adalah tempat bagi dua kota tertinggi di dunia. Yang pertama adalah kota Potosi dan yang kedua adalah La Paz. Potosi pernah menjadi kota terpadat di dunia pada tahun 1570-an.

semestafakta-la paz

37. Bolivia disamping masuk dalam 3 negara eksportir kacang organik Brazil juga masuk dalam 10 negara eksportir kakao organik dan kopi di dunia.

38. Bolivia mempunyai tempat penambangan Cerro Mutún, yang berlokasi di Bagian wilauyah Santa Cruz, yaitu tambang bijih besi terbesar di dunia. Presiden Evo Morales menghentikan perusahaan Brazil mengeksploitasi tambang tersebut, karena mereka berencana merusak 45 hektar per harinya dari hutan Amazon untuk melakukan penambangan. Dia malah melakukan kotrak dengan Jindal, yaitu sebuah perusahaan dari India yang akan menggunakan gas alam dari saluran pipa Bolivia, yang jaraknya mencapai 12 mil.

39. Evo Morales adalah pemimpin pribumi dan ketua nasional dari partai politik Gerakan Menuju Sosialisme (Movement Towards Socialism/MAS). Dia lahir di komunitas kecil di Altiplano di Oruro (Isallavi). Evo Morales, anak dari Dioniso dan Maria, berasal dari keluarga Aymara. Orang tuanya mempunyai tujuh anak, yang ketiga hidup dan keempat lainnya meninggal dunia karena kemiskinan di masyarakat petani. Dia ingin belajar untuk menjadi seorang jurnalis. Pada tahun 1979, dia pindah ke wilayah tropis Cochabamba dan beberapa tahun kemudian Evo Morales memulai karirnya di Union sebagai ketua dari enam konfederasi koka. Pada waktu yang sama dia mendirikan partai politik MAS dengan idenya untuk mereformasi Bolivia.

semestafakta-President Evo Morales

40. Di Bolivia kita bisa mengunjungi tempat peristirahatan Ernesto “Che” Guevara di Vallegrande, yaitu sebuah kota pasar yang tenang. Di sini kita bisa pergi ke Museo Municipal Ruta de; Che Guevara, di mana kita bisa menyaksikan foto-foto dia dan para sahabat seperjuangannya. Dari sini kita juga bisa pergi ke beberapa situs Che di kota tersebut, seperti rumah sakit dimana dia pernah dirawat dan makamnya. Fans berat Guevara juga bisa mengadakan 3 jam perjalanan ke La Higuera,  yaitu dusun kecil tempat Che Guevara meninggal dunia.

semestafakta-Museo Municipal Ruta del Che Guevara2 semestafakta-Museo Municipal Ruta del Che Guevara3 semestafakta-Museo Municipal Ruta del Che Guevara4 semestafakta-Museo Municipal Ruta del Che Guevara5

41. Bolivia berada di salah satu dari zona paling basah di dunia. Bolivia mendapatkan hujan lebih dari 8000 milimeter (8 meter) setiap tahunnya.

42. Dengan wilayah geografis yang beraneka ragam dan dengan hutan hujannya menjadikan Bolivia sebagai salah satu negara dengan biodiversiti terbanyak di dunia. Bolivia mempunyai 40% dari habitat seluruh spesies binatang dan tumbuhan di dunia. Bolivia adalah habitat bagi 20.000 spesies tumbuh-tumbuhan. Taman Nasional Madidi sendiri mempunyai lebih dari 12.000 spesies tumbuhan.

semestafakta-Madidi National Park semestafakta-Madidi National Park2

43. Selain Taman Nasional Madidi, di Bolivia terdapat Taman Nasional Noel Kempff Mercado dan Taman Nasional Tunari.

44. Tahukah anda bahwa di Bolivia terdapat banyak daerah tanah basah dan banyak spesies burung dari Pantatal di Bagian Beni, di Bolivia utara? Semua sungai yang melintasi Beni merupakan anak sungai dari Sungai Amazon dan di sana terdapat ratusan danau dan danau di Beni, yang semuanya penuh dengan satwa yang melimpah.

45. Sejak kemerdekaannya, Bolivia kehilangan hampir separoh teritorialnya, termasuk pantai Pasifik, yang dicaplok oleh Chili pada tahun 1879. Meski sebagai negara yang dikepung daratan, Bolivia tetap mempunyai angkatan laut.

46. Lemon Bolivia terbaut dari jus buah dan kulit jeruk, yang memberikan rasa asam yang aneh.

semestafakta-Bolivian lemonade

47. “Guru Terbaik di Amerika” adalah Jaime Escalante, dari Bolivia. Pendidik terkenal tersebut difilmkan dengan judul Stand and Deliver yang menceritakan usahanya dalam mengajar kalkulus kepada siswa-siswanya di Los Angeles Timur.

semestafakta-Jaime Escalante semestafakta-Stand and Deliver

48. Bolivia mempunyai dua bunga nasional, yaitu Kantuta Tricolor dan Patuju Bandera, yang menggambarkan wilayah Timur dan Barat negara tersebut. Pada tahun 1990, pemerintah mengeluarkan aturan yang menyatakan bagaimana bunga tersebut harus digambarkan bersama-sama untuk menjadi simbol persatuan antara wilayah tersebut dengan budayanya.

49. “Cristo de la Concordia” di Cochabamba tingginya mencapai 112,2 kaki dan merupakan patung Yesus Kristus tertinggi di dunia jika tinggi mahkota patung “Christ The King” di Polandia tidak masuk hitungan.

semestafakta-Cristo de la Concordia

50. Chacaltaya adalah “area ski komerisl tertinggi” di dunia meski sekarang jarang ski diadakan di tempat tersebut dan lebih memilih berkunjung untuk menyaksikan gunung Cordillera Real yang jaraknya dari Chacaltaya adalah 5300.

51. Rok tradisional wanita, Pollera, pernah menjadi simbul penindasannya. Pakaian tradisional wanita pribumi Bolivia ini sekarang menjadi simbol kebanggan dan harga diri, yang dulu pernah menjadi pakaian yang dipaksa untuk dipakai oleh kolonial Spanyol.

semestafakta-Pollera Skirt

52. Topi yang dipakai oleh wanita Quechua dan Aymara sejak tahun 1920-an adalah diperkenalkan oleh para pekerja rel kereta api Inggris.

53. Mengunjungi “Pasar Witches” yang dalam bahasa Spanyolnya adalah “Mercado de Brujas” di La Paz akan memanjakan kita untuk mencari barang-barang yang menarik. Salah satu yang menarik turis adalah mumi janin Llama. Benda ini digunakan dalam ritual keberuntungan bagi para pemilik rumah baru, dengan cara benda tersebut dikubur di bawah pondasi rumah baru sebagai keberuntungan yang dipersembahkan kepada Pachamama, atau “Ibu Bumi”.

semestafakta-mummified llama fetus semestafakta-mummified llama fetus2

54. Bolivia adalah tempat bagi spa bir tertinggi di dunia. Di The Adventure Brew Hostel di La Paz, para pengunjung bisa rileks di spa bir tertinggi di dunia. Menurut pencipta tempat tersebut, Remo Baptista, spa unik tersebut adalah hasil dari melimpahnya bir dari pabrik bir Sayabeer. Di sana ada dua bak mandi kuno yang panas dengan cerobong asap dari batu bata yang memanaskan air dengan kayu bakar. Bak mandi tersebut kemudian diisi dengan tiga galon bir ditambah air untuk kesehatan. Para pecinta spa bisa memilih layanan gratis dengan membayar kendi bir.

semestafakta-spa beer

55. Burung flamingo Bolivia hampir punah. Flamingo tidak lahir dengan warna pink, tetapi berwarna abu-abu. Mereka berwarna pink karena memakan udang dan plankton. Di sana ada sekawanan flamingo pink di ketinggian altiplano (15.000 kaki di atas permukaan laut).

semestafakta-Bolivia’s flamingos

56. Bolivia adalah habitat bagi hewan paling lambat di dunia, yaitu Sloths, yang berada di area tropis seperti Santa Cruz. Ada dua jenis Sloth, yaitu dengan dua jari kaki dan tiga jari kaki.

semestafakta-Sloths

57. Keluarga di Bolivia mengenal istilah “Machismo”, yaitu peran dalam keluarga yang sangat tradisional dan sangat hidup. Mentalitas machismo sering diartikan sebagai perasaan superioritas kaum laki-laki dan perasaan kuat akan kehormatan yang berarti memelihara penampilan/gengsi. Istri pada umumnya bertanggungjawab dalam tugas-tugas domestik sedangkan suami bertugas mencari nafkah.

58. Ketika seorang perempuan sudah menikah biasanya dia akan menambahkan nama panggilan pertama suaminya ke nama pertama dirinya dengan penghubung “de”, maka jika bernama Jennifer Maria Lopez menikah dengan Manuel Sebastien Costa, dia akan dipanggil Jennifer Maria de Costa.

59. Ritual Q’owa adalah bagian dari tradisi Andean yang sudah beribu-ribu tahun di Bolivia. Sekarang praktik ini dilakukan di lembah dan bagian timur Bolivia. Tergantung situasinya, sekumpulan dedaunan dan barang atau alat khusus digunakan untuk mempersiapkan Q’owa. Ritual ini adalah untuk menyajikan persembahan kepada ruh-ruh abadi yang menguasai tradisi ini, khususnya kepada Pachamama (Ibu Bumi). Persembahan diberikan dengan tujuan memperoleh perlindungan dan keselamatan dari dewa.

semestafakta-Q’owa

60. Cancha adalah pasar terbuka di kota Cochabamba, dan pasar terbesar di Bolivia dan Amerika Latin. Cancha adalah tempat di mana kita bisa membeli kebutuhan makanan, pakaian, perabotan, peralatan elektronik dan bahkan mobil. Cancha adalah pasar yang menyediakan beraneka macam barang kebutuhan manusia dan buka penuh tujuh hari dalam seminggu. Di sana terdapat banyak kolektor dan pedagang pada hari Rabu dan Sabtu, hari di mana bentuk tawar-menawar digunakan untuk menjual barang dagangannya. Pasar terbuka ini juga menyediakan cendera mata yang bisa dimiliki oleh para turis di Bolivia.

61. Cacho, Trompo, dan Ratuela, juga permainan tradisional lainnya diduga telah ketinggalan zaman, namun di sana selalu ada yang memelihara kebiasaan tersebut tetap hidup dengan mengadakan permainan Cacho atau Rayuela di pesta-pesta atau bersama teman atau keluarganya. Asal-usul permainan Cacho, yang dinamakan dengan Alalay, adalah tidak jelas.

semestafakta-Cacho semestafakta-ratuelasemestafakta-trompo

62. Sepak bola meja (foosball) adalah sangat populer di Bolivia. Orang dewasa dan anak-anak banyak yang menyukai permainan ini.

semestafakta-foosball semestafakta-foosball2

63. Visi Kosmos Andean (Andean Cosmo Vision) adalah hubungan antara wujud manusia, runa, dengan seluruh benda baik materi maupun non materi di sekeliling kita dari sejak awal penciptaan melalui perubahan lama (evolusi) dari seluruh benda dan kita semua berperan di dalamnya. Visi Cosmo Andean berdasar pada “Kesatuan” kosmos,  alam, dan keluarga. Simbol suci dari budaya ini adalah petunjuk penting dalam evolusi kita. Pandangan ini menegaskan kehidupan yang baik itu terletak dalam pelayanan terhadap yang lain dan tidak individual. Segalanya merupakan satu kesatuan. Hidup dengan kearifan Kosmos Andean adalah hidup manusia dengan cara yang seimbang. Perubahan ini dan seluruh tindakan kita terekam dalam konsekuensi kita, jadi kita bertanggungjawab atas apa yang kita lakukan dari satu tahap ke tahap lainnya.

semestafakta-ANDEAN COSMO VISION semestafakta-ANDEAN COSMO VISION2 semestafakta-ANDEAN COSMO VISION3

64. Bolivia mengalami malam yang paling panjang dan siang yang paling pendek di belahan bumi selatan, yang terkenal dengan nama Titik Balik Juni. Tahun Baru Aymira diawali pada tanggal 21 Juni dengan pergantian musim dingin dan permulaan perputaran tanam baru. Tahun baru Aymira adalah perayaan untuk waktu “Mara t’aqa” atau rasa terima kasih kepada Matahari dan kepada Pachamama (Ibu Bumi) atas hasil tanamnya.

65. Daun koka, yaitu daun keramat yang sudah digunakan sejak masa pra Hispanik dan masa kolonial, adalah daun yang sangat penting dalam budaya Andean karena jasanya dalam keteraturan pertanian dan karena sangat pentingnya bagi orang Aymara. Daun koka adalah salah satu manfaat yang diberikan oleh Alam Ibu (Mother Nature) kepada budaya wilayah Andean Amazon dan menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari yang sudah berlangsung lama. Daun koka menjadi bagian dari ritus q’owa, dengan cara dikunyah sebagai bentuk penghormatan terhadap koeksistensi budaya kita. Inilah daun keramat/suci yang mempunyai manfaat untuk makanan, kesehatan dan spiritual.

semestafakta-coca leaf2 semestafakta-coca leaf3

66. Yang menyenangkan dari Bolivia adalah kita bisa menyaksikan Duel Cholitas, seperti halnya Lucha Libre di Mexico. Pertunjukan duel ini dilakukan oleh dua orang Cholitas perempuan dengan pakaian tradisional dan keduanya saling menjatuhkan.

semestafakta-Fighting cholitas

67. Masing-masing daerah di Bolivia mempunyai musik yang berbeda-beda. Musik dari Altiplano mempunyai nada yang sedih, sedangkan musik dari Tarija mempunyai nada yang riang gembira.

68. Sicu adalah adalah alat musik dari pipa yang dimainkan ketika seorang wanita akan turun dari pegunungan.

semestafakta-sicu

69. Isyarat “so-so” (mengayunkan tangan dari sisi ke sisi dengan  telapak tangan menurun) di Bolivia mempunyai makna “tidak”.

70. Ikan piranha pemakan daging hidup di sungai di wilayah Oriente Bolivia.

semestafakta-piranha

71. Gladys Moreno, terkenal karena suaranya yang indah. Dia adalah penyanyi tradisional. Dia lahir di Santa Cruz de la sierra. Yalo cuellar adalah komoser dan musisi yang lahir di Yacuiba. Dia bernyanyi dan bermain gitar sejak dia berusia 8 tahun. Groupp musisi Los Kjarkas adalah salah satu yang paling terkenal di Bolivia.

semestafakta-Gladys Moreno

72. Setiap tahun pada bulan November, orang Bolivia merayakan hari libur yang tidak biasa yang dinamakan dengan “Hari Tengkorak atau “Natitas”. Pada hari ini orang Bolivia pergi ke pemakaman untuk mentahbisan tengkorak keluarganya. Orang Bolivia percaya bahwa tengkorak keluarga yang meninggal tersebut akan membawa keberuntungan dan bisa menjadi jimat pelindung.

73. Bolivia merupakan negara pertama di Amerika Latin yang bebas dari restoran McDonalds. McDonalds di Bolivia mengalami kebangkrutan. Penyebabnya bukan karena orang Bolivia menentang langsung McDonalds, tetapi rakyat Bolivia menentang “fast food (makanan ceat saji), yang merupakan konsep yang ditolak luas oleh masyarakat Bolivia.

74. Samaipata adalah kota yang menarik yang jaraknya hanya 2 jam perjalanan dari kota Santa Cruz. Kota ini sebagai tempat petualangan seperti melihat burung Condor Andean, El Fuerte (batu pahatan terbesar di dunia dengan reruntuhan Inka), air terjun Las Cuevas dan beberapa jalur di hutan berkabut di Taman Nasional Amboro. Kota Samaipata juga tempat kehidupan malam yang menarik dengan bar-bar seperti bar La Boheme dan pilihan restoran dan hotel yang menakjubkan.

semestafakta-Samaipata semestafakta-samaipata2semestafakta-Andean Condor

75. Lokasi lain yang menarik adalah Lomas de Arena. Area terlindungi dengan luas 14000 hektar ini terletak hanya 17 km dari kota Cente. Area ini berupa padang Alam yang indah dilengkapi dengan danau dan bukit pasir yang menyatu dengan hutan tropis. Lokasi ini jarang dikunjungi dan sangat sulit untuk meninggalkannya. Padang pasir dan pemandangan kehidupan liar adalah dua pilihan dan 5 spesies kera dan 286 spesies burung yang ada di taman ini.

semestafakta-Lomas de Arena semestafakta-Lomas de Arena2

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on July 10, 2015 by and tagged , , , .
%d bloggers like this: