semestafakta

Sedikit yang kita tahu tentang semesta…

52 FAKTA MENARIK TENTANG KAZAKHSTAN

1. Kazakhstan terdiri dari beragam suku dan budaya, yaitu ras Kazakh (Qazaq) sebanyak 53,4%, ras Rusia 30%, Ukrainia 3,7%, Uzbek 2,5%, Jerman 2,4%, Tatar 1,7%, Uygur 1,4%, dan ras lainnya sebanyak 4,9% (sensus tahun 1999).

semestafakta-kazakhstan flag

2. Gambar sorotan sinar matahari pada bendera Kazakhstan berjumlah 32, yang melambangkan kemajuan dan kemakmuran.

3. Kazakhtan berasal dari Kazakh yang berarti “pengembara” atau “merdeka/bebas”. Ibu kota Kazakhtan adalah Astana, yang berarti “Kota Besar”

4. Kazakhtan dulu menjadi bagian dari Uni Soviet dan memperoleh kemerdekaan pada 16 Desember 1991. Kazakhtan adalah negara rezim otoriter. Partai oposisi dimatikan dan tidak ada kebebasan pers.

5. Uni Soviet sangat menderita dalam Perang Dunia II, dengan kehilangan 30 juta tentara dan warga sipil. Di Kazakhtan terdapat monumen-monumen untuk memperingati korban-korban tersebut, yaitu di Uralsk dan di Almaty.

semestafakta-osce

6. Kazakhstan adalah anggota PBB, NATO’s Partnership for Peace, the Commonwealth of Independent States, dan the Shanghai Cooperation Organization.

7. Kazakhstan menjadi ketua Organization for Security and Cooperation di Eropa pada tahun 2010.

8. Istilah Rusia untuk uang (“dengi”) berasal dari istilah Turki, “Tenge”, yang menjadi nama mata uang Kazakhtan sekarang.

9. Garis perbatasan antara Russia dan Kazakhstan adalah yang terpanjang di dunia, yaitu sejauh 7512,8 km.

semestafakta-kazakhstan map

10. Kazakhstan adalah negara yang terkepung oleh daratan, tetapi Kazakhstan tetap memiliki Angkata Laut, yang berpangkalan di Laut Kaspia.

11. Sampai akhir tahun 1998, Almaty dianggap sebagai ibu kota Kazakhstan. Nama Almaty diambil dari pohon apel yang tumbuh di area tersebut. Almaty artinya adalah “tempat yang penuh dengan apel”.

12. Kota Almaty mempunyai sistem kereta bawah tanah Metro. Di sana ada tujuh statsiun yang didekor dan didesain dengan sangat indah. Biaya kereta untuk orang dewasa jauh dekat Cuma 50 sen.

semestafakta-metro train

semestafakta-chimney of Ekibastuz GRES-2

13. Cerobong asap Ekibastuz GRES-2 adalah yang tertinggi di dunia, dengan ketinggian mencapai 420 m.

14. Pada tahun 2009, Kazakhtan yang pertama kali di dunia memproduksi Uranium sebanyak 14020 ton. Pada tahun 2011 Kazakhtan memproduksi 19450 ton Uranium (35% dari produksi dunia). Kazakhtan mempunyai cadangan Uranium terbesar kedua di dunia.

semestafakta-kazakhtan uranium

15. Danau Chagan di Kazakhstan dibentuk dengan menggunakan senjata nuklir yang radiasnya bisa membuat busuk orang yang berenang di dalamnya.

semestafakta-Lake Chagan

16. Puncak tertinggi di Kazakhstan adalah 7010 m (sekitar 23.000 kaki) yang merupakan puncak gunung Khan Tengri di deretan pegunungan Tian Shan.

semestafakta-mountain Khan Tengri

17. Titik terendahnya adalah 132 m (433 kaki) di bawah permukaan laut, yaitu di dasar Karagiye, di provinsi Mangystau sebelah timur Laut Kaspia, dan merupakan  kemiringan terendah di dunia.

semestafakta-Karagiye depression

18. Kazakhstan mempunyai Steppa seluas 804,500 km persegi, dan merupakan salah satu dari stepa paling kering di dunia.

semestafakta-medeo

19. Medeo adalah tempat bermain ski di gunung tertinggi di dunia. Dengan dataran tinggi dan air pegunungannya murni yang membentuk es, sehingga menghasilkan tampilan kecepatan meluncur di atas es yang luar biasa. Ada 170 rekor dunia pernah ditampilkan di sini.

20. Olah raga pavorit Kazakhstan adalah tinju, terutama ketika ikut Olimpiade. Dalam olimpiade Kazakhstan terkenal tinjunya, dan memenangkan banyak medali dibandingkan Kuba dan Rusia. Pada tahun 1996 dan 2005, dua petinju Kazakhstan (Vasiliy Jirov dan Bakhtiyar Artayev), dianggap sebagai atlit yang paling terkenal di Kazakhstan, yang mendapatkan tropi Val Baker, yaitu tropi untuk pemain tinju terbaik.

semestafakta-Vasiliy Jirov

Vasiliy Jirov

semestafakta-Bakhtiyar Artayev

 

semestafakta-Sabina Altynbekova

 

21. Kazakhstan mempunyai pemain bola volley yang cantik, yaitu Sabina Altynbekova, yang sekarang terkenal di dunia maya karena kecantikan dan tubuhnya yang seksi.

22. Satelit buatan manusia (Sputnik 1) dan manusia pertama (Yuri Gagarin) meluncur ke ruang angkasa dari Baikonur Cosmodome, Kazakhtan. Baikonur Cosmodom adalah fasilitas terbesar peluncuran pesawat ruang angkasa di dunia yang dikontrak Rusia sampai tahun 2050.

Ustanovka na PU

23. Tempat peluncuran pesawat ruang angkasa Baikonur dibuat pada tahun 1961 oleh astronot Rusia, Yuryi Gagarin

semestafakta-Lake Balkhash

24. Separoh dari Danau Balkhash, yaitu danau terbesar di dunia, adalah terdiri dari air segar dan separohnya lagi adalah air garam.

25. Kebanyakan wanita Kazakhstan berbusana sangat modis dan memakai sepatu dengan hak tinggi.

26. Di Kazakhstan jarang ditemukan tulisan Inggris dan jarang orang menggunakan bahasa Inggris. Bahasa resmi Kazakhstan adalah Bahasa Kazakhstan dan bahasa Rusia.

semestafakta-water-gas pipe

27. Di Kazakhstan pipa saluran air dan gas kebanyakan terletak di atas tanah, sehingga mudah untuk memperbaiki jika terjadi kerusakan.

28. Apel katanya awalnya berasal dari Kazakhstan. Di sana masih banyak ditemukan tanaman apel liar.

29. Kazakhstan mayoritas beragama Islam, tetapi jarang ditemukan masjid di sana, karena di bawah pemerintahan Soviet, dimana peran agama dihilangkan. Agama terbanyak kedua adalah Kristen Orthodoks, Protestan, dan agama lainnya.

30. Kazakhsan menjadi negara anggota Uni Soviet dulu yang berhasil membayar seluruh hutang kepada IMF pada tahun 2000, tujuh tahun sebelum waktu yang ditentukan.

31. Selama berkuasa di Kazakhstan, tindakan Uni Soviet telah banyak merusakan lingkungan. Banyak sumber air Kazkhstan tercemar. Laut Aral dicemari oleh eksploitasi air dari anak sungai, sehingga garis pantainya mundur sejauh 44 mil (71 km), dan Danau Balkhash mengalami hal yang sama. Tanah pertanian tercemar racun dan menyebabkan erosi besar-besaran. Polusi radiasi terparah di wilayah Semey (Semipalatinsk), tempat uji coba senjata nuklir Soviet pada tahun 1990.

32. Kota Aktau, yang mempunyai arti “gunung putih”, menarik karena semua jalan kota tidak mempunyai nama dan diganti dengan sistem blok jaringan, karena kota ini pada mulanya ditempati oleh para pekerja minyak dari bagian negara lain.

33. Kazakhstan adalah diantara negara Asia Tengah pertama, di luar Turkmenistan, yang memelihara dan menernakkan kuda Akhal-Teke, yaitu pada tahun 1930.

semestafakta-Akhal-Teke horse

semestafakta-yurta

34. Rumah tradisional Kazakhsan dikenal dengan “Yurta”, yaitu semacam tenda yang bisa dibongkar pasang.

35. Makam Hodja Ahmed Yasavi di Turkestan menjadi tempat berziarah bagi muslim di Asia Tengah.

semestafakta-Hodja Ahmed Yasavi Mausoleumsemestafakta-Hodja Ahmed Yasavi

36. Orang Kazakhstan dipercaya sebagai orang yang pertama kali menunggang kuda, sejak ribuan tahun yang lalu.

 

37. Tahun baru Kazakhstan dinamakan Nauryz, yang dirayakan pada setiap tanggal 22 Maret.

semestafakta-Nauryz

semestafakta-Koumiss

38. Koumis, yaitu minuman tradisional Kazakhstan, dianggap sebagai Sampanye Susu oleh A. Myers pada tahun 1877 dalam Bukunya tentang Koumiss, “The Great Russian Remedy for Wasting, Debilitating and Nervous Diseases”.

semestafakta-Koumiss2

39. Makanan khas Kazakhstan adalah Quwyrdaq, dan manti.

OLYMPUS DIGITAL CAMERAsemestafakta-manti

40. Dari seluruh elemen unsur periodik kimia Mendeleev yang berjumlah 110, yang 99 bahan kimia tersebut dapat ditemukan di Kazakhstan.

 

41. Nilai seni yang terkenal di perbatasan Kazakhstan adalah monumen untuk para korban Kazakh di Holodomor, yaitu periode panjang penderitaan kelaparan massal yang membunuh lebih dari 500.000 warga Kazakh. Patung tersebut berada di kota Astana dan terdiri dari patung wanita yang sedang berdoa sambil berdiri. Holodomor adalah bencana kemanusiaan era Soviet ketika berkuasa di Kazakhstan, dan 600.000 tidak mati kelaparan tetapi mearikan diri ke negara tetangga.

semestafakta-monument of holodomorsemestafakta-holodomor2semestafakta-holodomor

semestafakta-Mukhtar Auez-ulï

42. Satu-satunya penulis sejarah Kazakhstan adalah Auez-uli, yang lulus dari universitas di Rusia dan Uzbekistan. Dia pertama menulis banyak teks epos yang kebanyakan bersifat naratif sebelum dia menulis dalam bentuk tulisan. Novelnya yang terkenal, Abai, adalah epos terkenal tentang Kazakhstan, yang menggambarkan kehidupan Kazakhstan selama pemerintahan Rusia dan setelah pemerintahan tersebut berakhir, ketika penduduk Kazakhstan membuat keputusan budaya dan pemerintahan baru.

43. Orang Kazakhstan suka sajian kopi yang sangat manis. Takarannya adalah satu gelas gula dengan sedikit kopi. Di toko roti Kazakhstan, kamu juga bisa membeli gula-gula, kue, dan saos.

44. Secara hirarki sosial, Kazakhstan menganut garis keturunan dari ayah dan membentuk pandangan dunianya. Mereka berkumpul bersama dalam kelompok keluarga besar untuk menaklukkan ganasnya lingkungan dan untuk melindungi ternak dan keluarganya. Inilah yang disebut dengan “ata-balasy”, yang berarti persatuan cucu-cucu dalam satu keluarga besar suku. Suami mempunyai peran utama dalam kehidupan keluarga dan bertanggung jawab atas kelangsungan keluarganya.

45. Banyak orang Kazakhstan mempunyai nama patronimis dan pertama (nama ayah yang diikuti dengan akhiran “ich” untuk anak laki-laki dan “ovich” untuk anak perempuan.

46. Di pedesaan Kazakhstan merupakan suatu kehormatan bila kamu menjamu kepala kambing rebus di atas piring yang cantik untuk tamu kehormatanmu. Kemudian si tamu membagi kepala kambing tersebut kepada tamu lainnya atau anggota keluarga dengan pembagian bagian telinga kambing diberikan kepada anak yang terkecil dengan kepercayaan agar dia mau mendengarkan nasihat dari orang yang lebih tua. Mata diberikan kepada dua teman terdekat agar mereka akan perduli terhadap tamu tersebut. Langit-langit mulut kambing diberikan kepada menantu perempuan dan lidah diberikan kepada anak perempuan si pemilik rumah agar keduanya bisa menjaga lidahnya. Tulang panggul diberikan kepada tamu yang terhormat dan brisket diberikan kepada menantu laki-laki.

semestafakta-Konakasy

47. Tradisi yang berkenaan dengan menghormati tamu adalah Konakasy, yaitu tradisi yang berhubungan dengan memperlakukan tamu. Sejak zaman dulu orang Kazakhstan terkenal dengan keramahannya. Orang Kazakhstan selalu menyajikan makanan terlezat buat tamunya. Tamu dibagi menjadi diga jenis, yaitu “arnayy konak”, yaitu tamu yang diundang khusus, “kudayy konak”, tamu sembarang/orang asing (tidak diundang), dan “kydyrma konak”, yaitu tamu yang tiba-tiba datang dan tidak diperkirakan akan datang. Ketiga tamu ini dijamu dalam meja yang penuh dengan hidangan yang disebut dengan Konakasy.

48. Tradisi lainnya adalah Konakkade, yaitu tradisi dimana tuan rumah berhak meminta kepada tamu untuk bernyanyi atau memainkan alat musik (tentunya selama tamu tersebut bisa melakukannya), sehingga terjadi suasana yang menyenangkan.

49. Tradisi Erulik, yaitu jika pendatang baru datang ke sebuah desa maka erulik dilakukan untuk menghormatinya agar pendatang baru tersebut cepat beradaptasi dengan lokasi barunya.

50. Toy Dastarkhan, yaitu bentuk perayaan khusus, yang diadakan selama hari libur. Biasanya berisi olahraga, perlombaan, musik, lomba menyanyi (aitys) dan lomba menunggang kuda. Makanan khas Kazakhstan dihidangkan selama perayaan tersebut.

semestafakta-Shildehana

51. Tradisi Kazakhstan yang berkenaan dengan kelahiran yaitu tradisi Shildehana, yaitu perayaan kelahiran bayi, Besikke salu, besik toy, yaitu diadakan ketika bayi ditempatkan di ayunan, Kyrkynan shygaru, yaitu ritual yang diadakan pada hari keempat kelahiran dengan memandikan bayi dalam 40 sendok makan air, dan rambut serta kuku bayi untuk pertama kalinya dipotong. Tusau kesu, yaitu hari ketika bayi untuk pertama kalinya dapat berjalan. Sundetke otyrgyzu, yaitu ritus sunatan/khitanan, bagi anak laki-laki ketika berusia 5-7 tahun.

52. Hari-hari perayaan penting di Kazakhstan adalah Hari Wanita pada tanggal 8 Maret, Narooz (hari tahun baru Kazakhstan) pada tanggal 22 Maret yang juga diperingatai oleh orang Kirgistan, Usbekistan, Turkmenistan, dan orang Iran. Kemudian Hari Kemenangan Soviet atas Nazy Jerman pada 9 Mei. Hari Republik pada 25 Oktober, yaitu hari ketika kemerdekaan Kazakhstan dideklarasikan. Peringatan hari kemerdekaan Kazakhstan sendiri adalah pada 16 Desember untuk mengenang kerusuhan di Almaty pada 16 Desember 1986.

7 comments on “52 FAKTA MENARIK TENTANG KAZAKHSTAN

  1. Bayuadithanaya
    January 2, 2017

    I won’t learn more of Kazakhstan

  2. Anonymous
    August 4, 2017

    min kazakhstan itu bukan termasuk asia ya?
    soalnya mukanya persis kayak orang asia

  3. miraj
    August 4, 2017

    min kazakhstan itu bukan bagian asia ya?
    soalnya mukanya seperti muka asia khususnya china.

  4. Misra heldi
    April 19, 2018

    Kazakhstan negeri yang indah penduduknya ramah dan penuh Islami

  5. zik611
    May 22, 2018

    Reblogged this on jonegoro13.

  6. David
    September 9, 2018

    I like Kazakhstan

  7. SYAM SIMON
    December 22, 2019

    I LIKE KAZAKHSTAN PLEASE INFO HOW TO STUDY IN KAZAKHSTAN

Leave a comment

Information

This entry was posted on March 24, 2015 by and tagged , , .