semestafakta

Sedikit yang kita tahu tentang semesta…

52 FAKTA MENAKJUBKAN TENTANG MYANMAR (BURMA)

semestafakta-myanmar map

1. Ibu kota pertama Myanmar adalah Yangon. Pada tanggal 27 Maret 2006 ibu kota Myanmar pindah dari Yangon (resminya Rangoon) ke Nay Pyi Taw (Naypyidaw), yang artinya adalah “Tempat Kediaman Raja”.

2. Perpindahan ibu kota Myanmar adalah berdasarkan ramalan dan keyakinan astrologi para pemimpin Negara tersebut tentang angka keberuntungan. Pada jam 11.00, tanggal 11 November 2005 dengan 11 batalyon dengan 1100 truk militer digunakan untuk memindah semua barang dari 11 kementrian dari Yangon ke Naypyidaw.

3. Pemandangan paling menarik di Yangon adalah Pagoda Shwedagon, salah satu tempat suci yang paling dikunjungi di Myanmar.

semestafakta-Shwedagon Pagoda

Shwedagon

 

4. Myanmar awalnya bernama Burma/Birma. Pada tahun 1989 junta militer yang memerintah merubahnya menjadi Myanmar. Inggris yang telah menjajah menyebutnya dengan Burma diidentikkan dengan orang Burman atau Bamar. Oposisi politik dari pemerintahan sekarang tidak menyetujui nama tersebut, namun PBB dan mayoritas Negara telah menerima perubahan tersebut kecuali Amerika. Myanmar merdeka pada 4 Januari 1948.

5. Nama “Myanmar” berasal dari kata “Mya” yang artinya “zamrud/mutiara”. Negara ini dapaat disebut dengan zamrud Asia. Myanmar adalah sangat indah.

6. Di sekitar Mandalay terdapat banyak kota kecil dan monasteris, yaitu ibu kota kuno Ava dan Amarapura. Mandalay terhubung dengan Amarpura dengan jembatan kayu yang panjang. Kota tersebut terlatak di bawah gunung. Di sini terdapat patung Buddha besar yang menunjung ke Mandalay. Menurut kepercayaanya bahwa Buddha sendiri telah meramal pembangunan kota tersebut. Dari kompleks ke Mandalay harus melintasi ribuan anak tangga.

semestafakta-Mandalay

  Mandalay

U Bain Brücke

 

 

7. Di dekat Mandalay terdapat kuil Mahamuni. Para pengunjung kuil membawa lembaran emas sebagai hadiah untuk Buddha, dan lapisan lembaran tersebut sekarang mencapai 15 cm.

semestafakta-Mahamuni temple

8. Orang menyebut Myanmar (Burma) sebagai “Negeri Emas” atau “Negeri Pagoda Emas”, yang mempunyai 2500 pagoda.

9. Bahasa resmi Myanmar adalah bahasa Burma, yang diucapkan oleh mayoritas penduduk Myanmar. Ada sekitar 100 bahasa lainnya yang digunakan di Myanmar, termasuk bahasa Shan, Karen, dan Mon.

Statue of Burmese King Anawrahta, Yangon, Burma

Anawrahta

 

10. Etnis Myanmar adalah berasal dari campuran Indo-Aryan, yang dating ke area tersebut pada tahun 700 SM dan penjajah Mongolia di bawah Kublai Khan pada abad ke-13. Raja Anawrahta (1044-1077) adalah pemersatu pertama Myanmar.

11. Ibu kota terakhir kerajaan Myanmar, Mandalay, adalah pusat budaya Myanmar.

semestafakta-padaung race

12. Myanmar mempunyai ras berleher panjang, yaitu ras Padaung. Mereka memakai lingkarang-lingkaran logam di lehernya. Lingkaran dipasang pertama kali ketika anak perempuan berusia 5 tahun, kemudian ditambahkan terus sepanjang hidupnya sampai mencapai berat 9 kg. Menurut kepercayaannya bahwa pertumbuhan otot leher berhenti pada perempuan ini dan melepas lingkaran tersebut akan menyebabkan kematian. Setelah diteliti menggunakan sinar X ternyata leher perempuan tersebut tidak berubah, dan yang berubah justru bahunya, yaitu bertambah rendah.

 

13. Ada empat sungai besar di Myanmar, yaitu sungai Ayeyarwaddy, sungai Thanlwin, sungai Chindwin, dan sungai Sittaung. Sungai Ayeyarwaddy dipercaya sebagai symbol ‘keabadian’.

14. Menurut FAO, sekitar 48,3 atau 31.773.000 hektar Myanmar ditutupi oleh hutan (tahun 2000). Yang 10% dikategorikan sebagai hutan utama, yang kaya akan biodiversity. Myanmar mempunyai 988.000 hektar hutan.

semestafakta-Bagan Archaeological Zone

bagan

 

15. Situs arkeologi Bagan adalah tujuan utama turis yang merupakan saingan dari Angkor Wat di Kamboja. Bagan terkenal sebagai “lautan kuil”. Kuil-kuil di sana adalah kuil Ananda, kuil Thatbinnyu, kuil Htilominlo, kuil Myinkaba Gubyaukgyi, dan pagoda Shwezigon.

16. Myanmar adalah salah satu dari tiga Negara di dunia yang tidak menggunakan sistem pengukuran metric. Myanmar menggunakan ukuran berat local yang dinamakan “peiktha”, yang sama dengan 3,6 pond.

17. Kuil dan pagoda banyak terdapat di Myanmar yang dibangun selama abad ke-12 dan 13 di bawah Kekaisaran Pagan selama penyebaran Buddha Theravada di negeri ini. Sekarang ada 89% penduduk Myanmar beragama Buddha.

 

18. Lelaki dan perempuan di Myanmar menggunakan pasta warna kuning yang diambil dari kulit kayu pohon Thanakha sebagai kosmetik. Dipakai di wajah sebagai pelindung sinar matahari yang efektif, mengencangkan kulit, dan mencegah kulit berminyak dan mencegah gigitan nyamuk.

semestafakta-Thanakha treesemestafakta-Thanakha tree3semestafakta-Thanakha tree2

19. Kartu kredit card tidak selalu diterima di Myanmar dan di sana jarang ditemukan mesin ATM. Mata uang Myanmar adalah “kyat” (pengucapannya adalah “chat”)

up

20. Anak kecil di Myanmar banyak memakai kalung benang di leher atau pergelangan tangannya sebagai pengusir roh jahat dan pengusir sakit.

 

21. Penduduk local Myanmar memanggil pelayan dengan suara kecupan/ciuman, biasanya dua atau tiga kali suara kecupan, persis seperti suara ketika orang memanggil kucing.

22. Myanmar memiliki bir lokal yang unik, yaitu Bir Myanmar.

semestafakta-Myanmar Beer

23. Pakaian tradisional Myanmar/Burma adalah Longyi, yaitu pakaian yang dililitkan yang dipakai oleh kaum laki-laki dan perempuan. Kaum laki-laki mengikatkan pakaiannya di sebelah depan sedangkan wanita di sebelah samping.

semestafakta-longyisemestafakta-betel chewing3

24. Mengunyah sirih (menginang) adalah masih banyak ditemukan di Myanmar.

semestafakta-chinlone

25. Olahraga tradisional Myanmar adalah Chinlone. Focus olahraga tersebut adalah bagaimana seseorang bermain secantik mungkin.

26. Kebanyakan colokan listrik di Myanmar adalah tiga lobang, sehingga semua kebutuhan listrik bisa dipenuhi.

semestafakta-power

27. Kebanyakan orang Myanmar, tangan kirinya akan menahan lengan kanannya ketika akan memberikan sesuatu, terutama uang.

28. Orang Myanmar menggunakan telepon kabel tetapi dimodifikasi dan dibuat menjadi tanpa kabel.

semestafakta-cordless

29. Lebih dari separoh anak-anak di Myanmar tidak menyelesaikan lima tahun sekolah yang diwajibkan, karena mahalnya biasa sekolah.

30. Banyak anak di bawah umur 5 tahun meninggal karena Penuomonia, malria atau diare.

semestafakta-myanmar ruby

31. Banyak batu mirah delima dan batu permata terbaik di dunia adalah berasal dari daerah Mogok Myanmar.

32. Myanmar adalah produsen nomor satu kayu jati, yang banyak dipakai dalam pembuatan perahu.

33. Myanmar terkenal produksi payungnya yang terkenal di dunia, yaitu payung Pathein yang diproduksi di Pathein, yaitu ibu kota Ayeyarwady. Awalnya, paying yang dibuat di Pathein adalah khusus paying hujan tetapi kemudian dibuat beragam paying, termasuk semestafakta-myanmar ruby2payung dengan tutup atasnya dari kapas, sutera, dengan desain ornament yang menarik.

semestafakta-Pathein Umbrella

34. Myanmar adalah salah satu Negara termiskin di Asia Tenggara, karena penderitaan stagnasi, salah kelola dan isolasi. Kurangnya tenaga kerja berpendidikan menambah persoalan dalam bidang ekonomi.

35. Di Myanmar, orang yang sedang hamil dilarang makan pisang, karena nanti bayinya akan menjadi terlalu besar. Dilarang makan cabe rawit, nanti bayinya tidak mempunyai rambut/gundul.

36. Di Myanmar, menggunakan tangan kiri dianggap tidak sopan. Tangan kiri hanya digunakan ketika di toilet.

semestafakta-caged bird seller in myanmar

37. Jika kamu di Myanmar melihat penjual burung di sangkar di dekat kuil, bukan berarti dia sedang menjual binatang piaraan. Dalam tradisi Buddha burung sering dibeli oleh orang-orang yang akan beribadah dan kemudian dilepas terbang. Ritual tersebut dipercaya akan membawa hubungan pernikahan yang harmonis dan memperoleh karma yang baik.

38. Bahasa-bahasa penting dalam bahasa Burma: Mingala’ba (Hallo), Cezu timbadeh (terima kasih), Namleh ba-bu (saya tidak tahu), Sa-pi bi, cezu beh (saya sudah makan, terima kasih!), Yabadeh atau keisah meeshibu (tidak masalah/jangan khawatir), ze chi-deh (terlalu mahal), dan lain-lain.

39. Rudyard Kipling menyatakan “Inilah Burma, yang sungguh lain dari tanah yang kau ketahui”.

 

40. Makanan tradisional yang terkenal di Myanmar adalah Mohinga, yaitu snack yang terbuat dari beras ketan, susu, atau serbuk kacang dan gula sebagai pemanis. Makanan lainnya adalah Ohnnoh Khauk Swe atau mie yang disajikan bersama dengan sup kacang yang dibumbui dengan ayam. Ada juga Kyarsan Chet, semacam sup ayam pedas.

semestafakta-Mohinga

Mohinga

semestafakta-Ohnnoh Khauk Swe

Ohnnoh Khauk Swe

semestafakta-Kyarsan Chet

Kyarsan Chet

41. Keluarga di Burma adalah sangat penting. Mereka biasa tinggal bersama-sama antara kakek, nenek, paman, bibi, dan banyak anggota lainnya yang tinggal masih di tempat yang berdekatan. Makanya orang Myanmar sulit memahami, mengapa anggota keluarga di Amerika hidupnya di kota-kota yang berlainan.

42. Di Myanmar ada etnis yang namanya Rohingya. Rohingya bukan keturunan orang Burma. Mereka tidak masuk dalam sejarah dan sensus Burma.

43. Rohingya awalnya adalah imigran illegal yang memasuki Myanmar dari Bangladesh. Rohingya adalah keturunan etnis Bengali dan berbahasa Bengali, berpakaian dan memakan makanan Bengali.

44. Pada tahun 2012, Koran The New York Times dalam laporan tahunanya meneritkan daftar tempat-tempat di bumi yang menarik dikunjungi pada tahun mendatang, dan menempatkan Myanmar pada urutan ketiga.

semestafakta-The biggest book in the world

45. Buku/kitab terbesar di dunia ada di Myanmar. Buku tersebut terdiri dari lempengan batu yang ditempatkan di dekat pagoda Kutodau. Buku/kitab ini adalah kumpulan teks suci agama Buddha yang mempunyai 1460 halaman. Masing-masing halaman berupa lempengan besar marmer mengkilap, yang diukir dengan seratus baris teks, yang mempunyai ketinggian 1,5 m dan lebar 1 m serta ketebalan 12,7 cm.

46. Bendera Myanmar pada tahun 1974-2010 adalah mirip dengan bendera Taiwan. Oleh karena itu, pada Olimpiade Musim Panas yang diadakan di Beijing, bendera Myanmar digunakan oleh fans Taiwan untuk mendukung atletnya. Fans Taiwan tidak berani menggunakan benderanya sendiri, karena bendera Taiwan dilarang di Cina.

semestafakta-myanmar flag

47. Di Myanmar, teh dangat digemari. Orang Myanmar menyedu teh dengan dicampur susu dan gula.

48. Orang Myanmar makan daun teh yang diasamkan dengan bawang putih dan garam (semacam acar), yang disebut dengan Laphet thote. Makanan tersebut khususnya terkenal di daerah pegunungan, dimana teh yang sudah diasamkan tersebut dimasak dengan irisan ikan kering.

49. Di Myanmar, orang Chin, terutama kaum wanitanya, menato tubuhnya di bagian wajah.

semestafakta-people chin myanmar

50. Di Burma hidup monyet unik berhidung pendek dan mancung (snub-nosed monkey). Monyet ini ditemukan pada tahun 2010 dan hanya ada di Burma utara.

semestafakta-snub-nosed monkey

51. Di Myanmar utara, di kaki gunung Himalaya, hidup sekelompok etnis Taron, yang sering disebut dengan orang kerdil Asia (rata-rata tinggi orang dewasa suku Taron adalah 130 cm)

semestafakta-Kyaiktiyo

52. Kyaiktiyo, atau Batu Emas, adalah batu besar yang seimbang yang berada di tepi jurang di puncak Gunung Kyaikto. Tempat ini adalah salah satu tempay suci di Myanmar

Leave a comment

Information

This entry was posted on March 19, 2015 by .