semestafakta

Sedikit yang kita tahu tentang semesta…

47 FAKTA MENCENGANGKAN TENTANG BANGLADESH

semestafakta.bangladesh flag

1. Nama resmi Bangladesh adalah Republik Rakyat Bangladesh (People’s Republic of Bangladesh). Dalam bahasa lokal, nama Bangladesh artinya adalah “Negeri Bengal”

semestafakta.bangladesh-map

2. Lagu kebangsaan Bangladesh adalah Amaar shonar Bangla, Ami tomaye bhalobashi, yang dikarang oleh penulis peraih nobel, Rabindranath Thagore

3. Bangladesh sering kebanjiran jika musim hujan tiba dan sering ditimpa angina topan karena letak geografisnya yang unik. Hampir seluruh daratan Bangladesh adalah dataran rendah dan didominasi oleh sungai Gangga, Brahmaputra, Padma, Jamuna, Madhumati, Surma, Karnaphuli, dan Meghna, yang mengalir dari Himalaya. Tanah alluvial yang dibawa banjir tahunan ini menjadikan Bangladesh mempunyai tanah pertanian yang subur. semestafakta.brahmaputra riversemestafakta.meghna river

4. Pada tahun 1970 Bangladesh pernah dilanda badai yang merenggut korban 500.000 orang. Badai tahun 1991 merenggut nyawa 140.000 jiwa. 5. Etnis Bengal adalah mayoritas di Banglades, yaitu sekitar 98%. Sisanya, 2% adalah terdiri dari suku-suku kecil di perbatasan Burma dan imigran Bihari. 6. Mata uang Bangladesh adalah Taka, yang dalam bahasa Bengalinya berarti “mata uang”

semestafakta.taka

7. Islam adalah agama mayoritas orang Bangladesh. Hampir 90% penduduk beragama Islam, namun agama lain diberikan hak untuk hidup di Bangladesh.

8. Kota terbesar di Bangladesh dan menjadi ibu kotanya adalah Dhaka. Kota ini berpenduduk 15 juta jiwa dan menjadikan Dhaka sebagai salah satu kota terbesar di dunia. Dhaka terkenal dengan sebutan “Kota Masjid”

9. Puncak tertinggi Bangladesh adalah Saka Haphong, di barisan pegunungan Mowdok Tenggara, dengan ketinggian 1052 m (3451 kaki). 10. Binatang nasional Bangladesh adalah harimau Bengal. Magpie Robin (atau Doyel/Doel) adalah burung nasional Bangladesh dan bunga kebanggaannya adalah bunga Lili air berwarna putih, yang disebut dengan Shapla. Ikan kesukaan orang Bangladesh adalah Ikan Illish Mach (Hilsa)

semestafakta.bengal tigersemestafakta.water lilisemestafakta.Magpie Robinsemestafakta.Ilish Mach

11. Buah nangka (dalam bahasa Bengali: Kathak) adalah buah nasional Bangladesh, sedangkan pohon nasional Bangladesh adalah buah Mangga

semestafakta.nangka bangladesh 2semestafakta.nangka bangladeshsemestafakta.mango

12. Makanan/masakan yang disukai orang Bangladesh adalah pedas dan terdiri dari daging sapid an kadang-kadang daging domba, ayam, ikan, atau telur. Sayur-sayuran disajikan bersama dengan miju-miju dan nasi sederhana. Makanan ringan yang terkenal di Bangladesh adalah Jhal Muri (nasi kembung panas)

semestafakta.jhal murisemestafakta.jhal muri3.jpg

13. Bandarban dianggap sebagai salah satu tempat wisata yang paling menarik di Bangladesh. Bandarban berarti “bendungan kera”, terletak di distrik Bangladesh tenggara dan merupakan bagian dari Chittagong dan dataran tinggi Chittagong.

semestafakta.bandarbansemestafakta.bandarban2

14. 98% orang Bangladesh menggunakan bahasa Bengali. Bahasa Inggris adalah bahasa kedua di Bangladesh.

15. “Bong” adalah julukan bagi orang Bangladesh yang menggunakan logat bahasa Bengali

16. Pada terakhir tahun 2006, seorang ekonom Bangladesh, Muhammad Yunus, menjadi terkenal karena memperoleh Nobel Perdamaian. Di menjadi orang Bangladesh pertama yang memperoleh Hadiah Nobel di Stockholm, Swedia, karena telah berjasa mengangkat ekonomi kaum miskin.

semestafakta.muhammad yunus

17. Pada akhir tahun 1986, Paus John Paul II mengunjungi Bangladesh sebagai kujungan resmi.

18. Kota Masjid Bersejarah di Bagehart adalah keajaiban yang sangat terkenal. Tempat ini mempunyai lebih dari 70 masjid dan menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO yang dilindungi.

semestafakta.begartsemestafakta.bagerhart2semestafakta.bagerhart

19. Bangunan di Bangladesh tidak menggunakan batu. Semuanya mengandalkan batu bata, sehingga di sana banyak ditemukan tempat pembakaran batu bata dengan cerobong asap besar.

semestafakta.brick kilns2semestafakta.brick kilns

20. Di Bangladesh, anak usia 15 tahun bisa dipenjara karena ketahuan mencontek pada sat ujian. 21. Monumen Pahlawan Nasional di Savar, dekat Dhaka (35 km dari kota Dhaka) adalah pemandangan yang sangat indah. Monument ini didesain oleh seorang arsitek bernama Moinul Hossein, untuk mengenang jutaan pahlawan tak dikenal dalam perang kemerdekaan tahun 1971.

semestafakta.moinul hosseinsemestafakta.The National Martyrs' Monument at Savar

22. Benteng Lalbagh dibangun tahun 1678 oleh Pangeran Mohammad Azam, putra dari Kaisar Mughal, Aurangazeb. Benteng ini menjadi saksi pertempuran berdarah selama perang pertama kemerdekaan (1857) di India melawan Inggris. Di dalam benteng terdapat Pari Bibi, masjid Lalbagh, dan Hall audien.

semestafakta.lalbagh mosquesemestafakta.pari bibi

23. Central Shahid Minar di Dhaka adalah monument untuk mengenang para pahlawan bahasa tahun 1952. Pada tanggal 21 Februari 1952, banyak pelajar dan aktivis politik terbunuh oleh polisi Pakistan yang menembakan senjatanya ke para demonstran yang menuntut persamaan status bahasa ibunya, bahasa Bengali. Monument ini dekat dengan Dhaka Medical College dan Taman Ramna di Dhaka. Monumen ini terdiri dari empat pilar yang terbuat dari batu marmer murni setinggi 14 kaki. Batas pada kedua sisinya adalah garis dengan puisi terkenal yang diukir dalam tulisan besi

semestafakta.The Central Shahid Minar

24. Sekitar 27 km dari Dhaka, ada Sonargaon, yaitu ibu kota kuno Bengal. Sonargaon adalah tempat kedudukan Dinasti Deva sampai abad ke-13. Dari abad ke-13 sampai datangnya Mughal, SOnargaon menjadi cabang ibukota dari Kesultanan Bengal selama abad ke-16 dan 17. Diantara peninggalan-peninggalannya adalah makam Sultan Ghiasuddin (1399-1409), tempat suci Panjpirs dan Shah Abdul Alla dan Masjid indah di kampung Goaldi.

semestafakta.Sonargaonsemestafakta.Sonargaon3semestafakta.Sonargaon5semestafakta.Sonargaon2semestafakta.goaldi mosquesemestafakta.tomb of ghiyasuddin

25. Di Dhaka University ada patung yang dibuat dengan dana pribadi dan dijaga oleh organisasi pelajar sayap kiri sebagai lambing perlawanan terhadap kejahatan politik, yang menjadi problem serius di negeri ini. Monument patung ini dipersembahkan untuk para pelajar yang terbunuh karena kejahatan politik.

semestafakta.sculpture againt terror

26. Daerah Sylhet, di timur laut wilayah Bangladesh, terkenal dengan keindahannya kebun teh dan tempat untuk rileks. Di dekat kebun teh ada hutan hujan Lawacherra dengan beragam tumbuhan dan burung, dan di dekat situ juga terdapat tempat suci Hazrat Shah Jalal, yaitu tempat suci yang banyak dikunjungi umat Islam seluruh dunia.

semestafakta.sylhet tea gardensemestafakta.sylhet tea garden2semestafakta.Shrine of Hazrat Shah Jalalsemestafakta.Shrine of Hazrat Shah Jalal2

27. Lebih dari 30% rakyat Bangladesh hidup di bawah garis kemiskinan, meskipun ekonomi dan standar hidup Bangladesh naik dari tahun ke tahun.

semestafakta.bangladesh povertysemestafakta.bangladesh poverty2

28. Kabaddi (atau Ha-Du-Du) adalah permainan nasional rakyat Bangladesh. Permainan ini sering dinamakan “permainan desa Bengal” dan tidak ada aturannya yang jelas.

semestafakta.kabaddi6semestafakta.kabaddi2

29. Olahraga paling popular di Bangladesh adalah Kriket. Tim kriket nasional Bangladesh pertama kali tampil di Cricket World Cup tahun 1999.

semestafakta.bangladesh cricket

30. Angkutan utama Bangladesh adalah terkenal dengan nama Rickshaw, yaitu modifikasi dari sepeda yang ditarik/digenjot dari depan. Angkutan ini dipakai setiap harinya oleh 65% warga Bangladesh.

semestafakta.rickshaw

31. Wanita Bangladesh senang berpakaian yang berwarna mencolok. Setiap harinya berpakaian penuh warna-warni dengan anting-anting yang berkilau, kalung, gelang, make up, dan sepatu. Penampilan adalah nomor satu bagi wanita Banhgladesh.

semestafakta.bangladesh fashion

32. Status dan kedudukan adalah sangat penting di Bangladesh. Orang hanya berkumpul dengan orang yang sama statusnya. Orang yang berstatus rendah tidak boleh menikah dengan yang berstatus tinggi. Jika kamu orang yang berstatus rendah, maka orang yang berstatus tinggi akan memperlakukan kamu dengat baik, tetapi dia tetap saja menampakkan kesan kepada kamu bahwa kamu hanyalah orang yang berkedudukan rendah.

33. Kebanyakan orang Bangladesh suka hidup bersama. Bahkan tiga keluarga hidup dalam satu rumah. Orang Bangladesh takut berpisah dengan orang tuanya karena mereka takut merasa kesepian. Kalau kamu bertamu ke keluarga Bangladesh, pertanyaan yang khas adalah: “Apakah kau ke sini dengan orang tua kamu?; Apakah kamu ke sini dengan suamimu?; Apakah kamu sendirian?; dan Apakah kamu merasa kesepian?”

34. Setiap orang minimal mempunyai satu pembantu rumah tangga. Jika kamu tidak mempunyai pembantu maka kamu dianggap orang miskin.

35. Kebanyakan orang di Bangladesh mengangkat semua barang dengan diletakkan di atas kepala, meski dia mampu mengangkatnya dengan hanya menggunakan tangannya

semestafakta.carry on their heads2semestafakta.carry on their heads

36. Bangladesh mempunyai hutan mangrove terbesar di dunia, yaitu bagian dari Taman Nasional Sundarbans dan merupakan Situs Warisan Dunia yang dilindungi. semestafakta.bangladesh largest mangrove2semestafakta.bangladesh largest mangrove

37. Ucapan-ucapan sapaan di Bangladesh yang terkenal adalah ShAgatom (selamat dating), AmAr nAM (namaku adalah…), Kemon Achho (Bagaimana kabarmu?), dan DhonnobAd (terima kasih).

38. Di Bangladesh, segalanya dipersilakan duduk. Jika kamu pergi berbelanja, maka di setiap took akan disediakan kursi dan penjual akan berkata kepadamu, “Silakan duduk”. Dan dia akan merengek-rengek kepadamu sampai kamu duduk. Ketika kamu berkunjung ke rumah seseorang, pertama yang mereka ucapkan kepadamu adalah “duduklah”. Jika ada orang berdiri sambil berbincang-bincang, maka pelayan akan berkata “Haruskah saya ambilkan kursi, agar kamu bisa duduk?” “Boshen, apu! Boshen”.

39. Di Bangladesh, segalanya adalah persoalan makan. Ada dua pertanyaan setiap harinya kalau bertemu dengan temannya: “Kamu makan apa? Apakah kamu mengadakan pesta makan? Mereka banyak makan dan di meja makannya tersedia berbagai menu makanan/masakan.

40. Tidur sebentar di bangku setelah makan siang di toko atau di kantin adalah hal yang biasa di Bangladesh.

41. Bersendawa atau kentut di depan orang lain adalah hal yang biasa di Bangladesh.

42. Orang Bangladesh memakai dan membeli banyak pakaian dan mereka peduli akan kebersihannya, tetapi mereka tidak mempedulikan kebersihan lingkungannya. Bagi mereka tidak penting untuk mengecat rumahnya, membersihkan tembok dan lantai, membersihkan sarang laba-laba, mengusir tikus, kecoa, dan binatang menjijikan lainnya. Jalanan sangat kotor. Tidak memandang orang berpendidikan atau tidak, semuanya membuang sampah di jalanan.

43. Toko grosir sering menggunakan kantong yang terbuat dari buku catatan murid, kertas ujian, dan kertas bekas lainnya.

44. Ada 50 juta orang Bangladesh yang menggunakan ponsel dan 80 film diproduksi setiap tahunnya.

45. Ada 200 surat kabar yang terbit setiap harinya da nada 1800 majalah, tetapi rata-rata tingkat minat membaca di Bangladesh hanya 15%.

46. Ada 500.000 sampai 2.000.000 anak-anak di Bangladesh hidup sebagai anak jalanan. Ada 15.000.000 anak di Bangladesh hidup di perkampungan kumuh. Ada 50% dari anak-anak Bangladesh yang berusia di bawah lima tahun mengalami gizi buruk. Ada 110.000 anak-anak Bangladesh yang meninggal dunia setiap tahunnya akibat dari penyakit yang disebabkan kotornya air. Pada tahun 2002-2003 pekerja anak di Bangladesh diperkirakan mencapai 3,2 juta anak.

47. Bangladesh menduduki peringkat ke-4 sebagai eksportir pakaian oleh WTO (The World Trade Organization). Menurut The Economist, Bangladesh adalah Negara industry pengeksport pakaian terbesar ke-3 di dunia. Industry di Negara ini mempekerjakan lebih dari 3 juta tenaga kerja, yang 90% nya diisi oleh tenaga kerja wanita. semestafakta.clothing industry in bangladesh

Advertisements

24 comments on “47 FAKTA MENCENGANGKAN TENTANG BANGLADESH

  1. Della
    October 4, 2016

    Hey.. Ini sangat bagus sekali.. Boleh kah aku bertanya apakah anda pernah datang ke bangladesh?

    • Anonymous
      December 28, 2016

      Hai, selamat siang, boleh minta pendapat ataupun sarannya? Pasangan says berasal dari Bangladesh, tetapi dia bekerja didubai Karena menerima panggilan, sebelumnya saya hanya mengetahui bahwa Bangladesh ITU termasuk kedalam kategori negara termiskin didunia. Saat ini saya sedang mencari tahu tentang kebudayaan Dan juga fakta mengenai Bangladesh, jujur says sang at kecewa Dan terkejut, tetapi dia akan datang Dan melamar says do januari 2017 INI, saya sendiri masih bimbang, dia berkata jika ayahnya sendiri pengusaha Kain. Nah bagai Mana menurut kaka kakak Dan abang abang sekalian? Apa say a menerima atau menolanya saja?

      • Anonymous
        February 18, 2017

        PIKIR PIKIR LAGI,MENGINGAT KONDISI DINEGARANYA SANGAT KACAU DAN ADA KEMUNGKINAN KAMU AKAN DIBAWA KESANA.

      • yuki
        March 22, 2017

        haiii kk pacar saya juga orang bangla namun dia bekerja di singapure , yang kk rasakan sama seperti saya , saya terkejut saat mencari tau keadaan bangla kota termiskin dan kumuh , dan dia juga ingin melamar saya , namun saya masih ragu dan bimbang

  2. Anonymous
    January 13, 2017

    tolak

  3. Anonymous
    January 17, 2017

    Saya punya pasangan orang Bangladesh yg bekerja di Malaysia, dia nak datang ke negara saya, dia berkata mau melamar saya, apakah saya harus menerimanya?ada

  4. Anonymous
    March 12, 2017

    Ya kamu gmna .klo dia serius kenapa tidak..

  5. ginanjar
    March 27, 2017

    Hi, saya punya teman perempuan yang masih sekolah, saya sangat bingung karena umur 16 tahun mereka tidak pernah bermain dan hanya menggosip jika berkumpul dengan sesama kawan. Apakah ini hal yang biasa di kehidupan anak muda bangladesh?

  6. Anonymous
    April 2, 2017

    hi kk,, saya juga punya pasangan orang bangladesh,, dy tinggal di dhaka dy seorang mahasiswa dan dy juga bekerja sebagai model dan penyanyi, dy mau dtang ke negara saya dan melamar saya tapi disini saya ragu sebab dy bilang setelah menikah dy,, mau ajak saya ke negaranya ,, apakah saya harus menerimnya atau saya tinggalkan saja dya,, mohon sarannya kk

    • Anonymous
      September 16, 2017

      Tolak aja

  7. iii
    April 2, 2017

    hi kk,, saya juga punya pasangan orang bangladesh,, dy tinggal di dhaka dy seorang mahasiswa dan dy juga bekerja sebagai model dan penyanyi, dy mau dtang ke negara saya dan melamar saya tapi disini saya ragu sebab dy bilang setelah menikah dy,, mau ajak saya ke negaranya ,, apakah saya harus menerimnya atau saya tinggalkan saja dya,, mohon sarannya kk

    • Edaella
      October 11, 2017

      Hai

  8. Anonymous
    September 6, 2017

    Lkl
    Lll

  9. Anonymous
    October 11, 2017

    Hai… saya orang malaysia kami berkawan sudah 1 tahun dan nk masok ke 2 tahun kami bercinta… dia pun sama mcm korang komen di atas kata nya… selepas kawin akan bawak saya ke bangladesh walaupun saya ragu2… dan selepas saya baca fakta di atas saya takut satu fakta ini #setiap satu rumah mesti ada orang gaji di situ akan menentukan keluaga mereka kaya betol kan… jadi s

  10. Edaella
    October 11, 2017

    Hai sya orang malaysia

  11. Edaella
    October 11, 2017

    Hai… saya orang malaysia kami berkawan sudah 1 tahun dan nk masok ke 2 tahun kami bercinta… dia pun sama mcm korang komen di atas kata nya… selepas kawin akan bawak saya ke bangladesh walaupun saya ragu2… dan selepas saya baca fakta di atas saya takut satu fakta ini #setiap satu rumah mesti ada orang gaji di situ akan menentukan keluaga mereka kaya betol kan..

  12. Edaella
    October 11, 2017

    Saya orang malaysia saya tak tau mereka kata apa dan saya takut di jadi kan orang gaji di sana…dan takut juga merekka mahu kan sesuatu dari kita yg kita tak tau

  13. Edaella
    October 11, 2017

    Saya orang malaysia saya ada bertanya kan pada nya kenapa orang bangladesh kebanyakan nya tidak di sukai orang malaysia malah orang indon pun turut tidak berminat .. jawaban nya.. tidak semua bangla jahat dan mereka berbeza sikap… tapi yg saya selidiki sebb saya penah bergaul dengan mereka.. mereka orang bangla akan utama kan kawan mereka dari pada teman wanita

  14. Edaella
    October 11, 2017

    So dalam fikiran saya memang sikap berbeza dan fikiran berlainan tapi matlamat mereka satu… korang faham tak… mereka utama kan matlamat kaum mereka contoh nya saya punya boyfren ni nak bukak bisnes di malaysia so bukan %100 degaan kekuatan boyfren saya tapi ada lgi yg saport… saya tanya dia kenapa mereka nk tolong saport kena tak nak fikir permit kena bayar dan keluarga.. jawaban nya bila orang tolong boyfren saya kalo boyfren saya dah berjaya kawan boyfren saya pulak mereka akan tolong faham tak saya tulis# masot saya orang bangla nk maju kan bangsa dorang umpama dari benih cili api lama lama akan menjadi ber akar dan berbuah lahh matlamat nya..

  15. Edaella
    October 11, 2017

    So penamat nya saya rasa dorang tak fikir %100 pasal perempuan kalo ada swet atau memahami tu hanya satu cara untuk mencapai matlamat dorang untuk memaju kan bangsa dorang… cuba fikir kemana saja bangla ddk mesti dorang boleh berjaya sebb dorang punya otak hanya m8ahu kan duit dan ke utungan besar dan nak keje yg senang..

  16. Edaella
    October 11, 2017

    Kalo dorang berbisnes kan permit harga semua bertambah mahal seperti bayaran pengurusan tapi kalo kawin degan kita ko rasa……

  17. Edaella
    October 11, 2017

    Penamat di sini saya minta maaf kalo saya coment ni ada yg tak betol atau ada yg menuju ke seseorang saya MINTA MAAF SEKALI LAGI…. kalo salah pengatahuan saya saya minta maaf… kalo bolehh pebetolkan ye… im sorry

  18. Anonymous
    October 16, 2017

    Hai sobat, bagi pengalaman anda dong !!! Saya sudah 2 tahun berhubungan dengan pria bangla,dia itu seorang dokter hewan di Sataro Rosi Sadarpur .Bagaimana kehidupan sehari-hari dalam keluarga orang bangla ? Jika punya menantu orang Indonesia / asing, apakah mereka suka atau tidak ?

    • Anonymous
      October 24, 2017

      Hallo. Punya kontak ga ka?
      Saya punya pengalaman yg sama kaya kaka. Bisakah kita sharing?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on January 2, 2015 by .
%d bloggers like this: