semestafakta

Sedikit yang kita tahu tentang semesta…

FAKTA MENARIK TENTANG FINLADIA

1. Nama resmi Finlandia adalah Republik Finlandia

semestafakta-56

2. Finlandia adalah negara yang berpenduduk paling jarang di Eropa

semestafakta-57

3. Finlandia berbatasan dengan Swedia, Norwegia, dan Rusia

4. Bahasa resmi Finlandia adalah bahasa Finlandia dan Swedia

5. Mayoritas sgama orang Finlandia adalah Lutheranisme (76,4%), atheisme (20,1%), dan agama lainnya (3,5%)

6. Penduduk Finlandia berjumlah 5,4 juta jiwa (5.454.444) pada tahun 2013

7. Helsinki adalah ibu kota dan kota terbesar di Finlandia

semestafakta-58

8. Jauh di sebelah utara Lapland, di perbatasan antara Finlandia dan Norwegia terdapat puncak tertinggi, yaitu gunung Halti, yang tinggianya mencapai 1.324 m (4.344 kaki)

9. Antara abad ke-12 sampai abad ke-19 Finlandia menjadi bagian dari Swedia dan sebelumnya Finlandia menjadi bagian dari Kekaisaran Rusia sampai memperoleh kemerdekaannya selama Revolusi Russia pada tahun 1917

10. Finlandia mempunyai ribuan danau (sekitar 188.000) dan pulau (179.500) yang menjadikan Finlandia mendapat julukan “Daratan dengan Ribuan Danau”

semestafakta-59

11. Sebutan lain untuk Finlandia adalah “Daratan Matahari Tengah Malam”, karena selama musim panas matahari tidak muncul tetapi hanya bersinar sepanjang siang dan malam.

12. Finlandia memiliki binatang-binatang unik seperti srigala abu-abu, wolferine, rusa besar. Binatang khasnya adalah beruang cokelat, dan burung khasnya adalah angsa.

semestafakta-62

 

 

13. Hutan cemara menutupi 86% wilayan Finlandia, yang menjadikan Finlandia sebagai negara berarea hutan terbesar di Eropa dan menjadi produsen kayu terbesar di seluruh Eropa.

14. Pencipta software sistem operasi Linux, Linus Torvalds adalah berasal dari Finlandia.

semestafakta-61

15. Perusahaan handphone Nokia yang markasnya berada di Espoo adalah dari Finlandia dan menjadi produsen handphone terbesar di dunia.

semestafakta-69

16. Rovio Entertainment, yang menciptakan game Angry Bird adalah berasal dari Finlandia.

semestafakta-63

 

17. Bubur Karelian adalah makanan khas Finlandia yang terbuat dari adonan kulit gandum dengan beras.

semestafakta-60

18. Olahraga nasional Finlndia disebut Pasapallo yang hampir mirip baseball.

semestafakta-55

19. Finlandia banyak memenangkan medali Olimpiade. Hannes Kolehmainen pada tahun 1912 menjuarai lempar lembing dan lari jarak jauh dengan 3 medali emas.  Paavo Nurmi pada tahun 1920, 1924, dan 1928 memenangkan 9 medali emas.

semestafakta-HANNES

20. Finlandia adalah negara judi. Banyak mesin judi tersebar di toko-toko, tetapi keuntungannya dipergunakan untuk amal, termasuk untuk penyembuhan orang-orang yang kecanduan judi.

21. Di kota Helsinki, Finlandia, ada even empat kali dalam setahun,  yang dinamai Hari Restauran. Pada kesempatan  itu setiap orang berhak membuka restoran, kafe, bar untuk waktu satu hari saja, tanpa ijin resmi dari pemerintah selama tidak menyediakan minuman beralkohol.

22. Pada tahun 2005, perdana menteri Italia, Silvio Berlusconi, menghina makanan orang Finlandia dan dengan bercanda dia mengatakan bahwa orang Finlandia memakan “asinan rusa kutub”. Tapi pada tahun 2008, Finlandia berhasil memenangkan kontes pizza dan mengalahkan Italia, sehingga pizza yang menang tersebut sinamai “Pizza Berlusconi” dan terbuat dari rusa kutub yang diasapi.

semestafakta-54

23. Pekik perang yang digunakan tentara Finlandia selama Perang Dunia II adalah “Tulta Munille” yang artinya “Tembak di bola kemaluannya”

24. Bayi Finlandia tidur di kotak kardus. Selama 75 tahun ibu yang mengandung diberi kotak oleh negara. Kotak tersebut berisi pakaian, selimut, dan mainan yang dapat digunakan sebagai tempat tidur. Ibu yang sedang hamil mempunyai pilihan antara mengambil kotak tersebut atau diganti dengan uang yang harganya sekitar 140 Euro, tetapi 95% pilihannya adalah memilih ganti uang. Cara ini dianggap bisa menekan tingkat kematian bayi di Finlandia.

semestafakta-64

25. Lomba “Menggendong Istri” diadakan setiap tahun di Finlandia dan hadiahnya adalah bir seberat istri yang telah digendong.

26. Orang Sami di Finlandia utara mempunyai satuan ukuran yang dinamakan “poronkusema”, yaitu jarak seekor rusa kutub dapat berjalan sebelum kencing.

27. Ada ungkapan kuno Finlandia, yaitu “Jika minuman keras, rokok, atau sauna tidak membantu, maka sakit akan menjadi parah”

28. Selama Perang Dunia II, sniper Finlandia telah membunuh 500 orang tentara Soviet dalam waktu 100 hari dan selalu mengenai kepala, sehingga dia mendapat pangkat letnan kedua dalam sejarah Finlandia. Dia meninggal pada usia 96 tahun.

29. Finlandia adalah negara tuan rumah bagi lomba menggendong istri, melempar handphone, menangkap nyamuk, sepak bola air, sauna, lempar sepatu boot, renang es, gitar udara (bermain gitar tanpa gitar), dan duduk di sarang nyamuk.

semestafakta-49

30. Selama bulan Juni dan Juli matahari bersinar sepanjang siang dan malam di sebelah utara dan tidak beranjak ke atas horison. Oleh karena itu Finlandia disebut dengan Daratan Matahari Tengah Malam (the Land of the Midnight Sun)

semestafakta-68

 

 

 

31. Pada pertengahan musim dingin di utara Finlandia, ada hari dimana matahari tidak naik ke horison dan semuanya menjadi berwarna biru yang menakutkan yang dinamakan Kaamos. Peristiwa ini dinamakan “Malam Kutub” (Polar Night).

semestafakta-67

32. Di Finlandia tidak ada telepon umum. Semua orang memiliki handphone.

33. Lampu mobil harus dinyalakan sepanjang perjalanan ang diberlakukan sejak tahun 1982.

34. Orang Finlandia suka sauna. Ada dua juta sauna di Finlandia dengan jumlah penduduk lima juta, dengan begitu maka satu keluarga bisa menikmati satu fasilitas sauna.

semestafakta-65semestafakta-66

35. Di Helsinki, pekerjaan yang paling banyak adalah desain. Seni terlihat di berbagai sudut kota, dari arsitektur, outdoor, restoran sampai tas punggung yang yang mengajak untuk sadar lingkungan dan  pakaian luar yang terbuat dari bahan daur ulang.

36. Souvenir unik yang terkenal dari inlandia adalah permen asin (salty licorice), daging rusa kutub kaleng, dan barang pesah belah kerajinan tangan

semestafakta-51semestafakta-52

GARIS WAKTU SEJARAH FINLANDIA

800 – 1050: Zaman Viking, ketika Viking dari Swedia datang ke Finlandia untuk mengadakan hubungan dagang melalui Rusia. Sebutan orang Finlandia, Finnish, menurut orang Swedia adalah “Ruotsi” dan nama Finns untuk orang Swedia adalah “Rus” yang dipercaya menjadi asal-usul nama Russia.

1323: Finlandia menjadi bagian dari Kerajaan Swedia

1550: Helsinki didirikan dengan nama Helsingfor oleh Raja Swedia

1808: Invasi Russia atas Swedia yang didukung oleh Napoleon

1808: Finlandia diserahkan kepada Russia oleh Swedia

1812: Helsinki menjadi ibukota Finlandia

1899: Bahasa Russia diharuskan menjadi bahasa resmi

1914-1918: Perang Dunia I

1917: Revolusi Russia dan Finlandia mendeklarasikan kemerdekaannya

1919: Finlandia menjadi republik

1939: Pecah Perang Dunia II. Finlandia mendeklarasikan dalam pihak netral teta;I kemudian diinvasi oleh Uni Soviet pada bulan November

1940: Perjanjian Moscow memberikan sekitar 10% daratan Finlandia kepada Uni Soviet

1941: Finlandia mendeklarasikan perang terhadap Uni Soviet dan Inggris mendeklarasikan perang di Finlandia

Agustus 1945: Amerika menjatuhkan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki

1945: Jerman menyerah kepada Sekutu

1947: Perjanjian Pedamaian ditandatangani oleh Finlandia dan Uni Soviet.

Leave a comment

Information

This entry was posted on September 20, 2014 by .