semestafakta

Sedikit yang kita tahu tentang semesta…

105 FAKTA MENARIK TENTANG KOSTARIKA

semestafakta-costarica flag

1. Kostarika dihuni oleh 400.000 orang Indian ketika Columbus menemukan daratan ini pada tahun 1502. Wilayah ini kemudian ditaklukkan oleh Spanyol pada tahun 1524 dan lambat laun tumbuh menjadi propinsi Spanyol. Kostarika mencapai kemerdekaan pada tahun 1821 tetapi kemudian diambil oleh Agustín de Iturbide dengan kerajaan Mexiko nya selama dua tahun. Kostarika menjadi republik pada tahun 1848. Selain kekuasaan diktator militer Tomás Guardia dari tahun 1870 sampai 1882, Kostarika menikmati sebagai salah satu negara demokratis di Amerika Latin.

2. Kostarika adalah tempat bagi situs-situs UNESCO World Heritage, yaitu Taman Nasional La Amistad, Taman Nasional Pulau Cocos, Area de Conservación Guanacaste, dan Precolumbian Chiefdom Settlements dengan bola batu Diquís.

3. Pada tahun 1539, pejabat tinggi di Panama pertama kalinya menggunakan nama Kostarika (Rich Coast) untuk membedakan teritorial antara Panama dengan Nikaragua.

semestafakta-costarica map

4. Pada 8 September 1502, Christopher Columbus tiba di Pantai Kostarika di Atlantik dan berlindung di pulau kecil Uvita, yang sekarang menjadi pelabuhan Limón. Dialah orang Eropa pertama yang mendarat di Kostarika dan menamai wilayah tersebut dengan Veragua.

5. Orang Kostarika mengklaim bahwa Dr. Clodomiro “Clorito” Picado adalah yang menemukan khasiat pinisilin sebelum Dr. Alexander Fleming, berdasar pada tulisan Dr. Picado yang diterbitkan pada tahun 1927 tentang bagaimana pinisilin bisa mencegah pertumbuhan streptococcus pada pasiennya.

semestafakta-clodomiro

6. Kostarika mencapai 96% dalam tingkat baca penduduknya di wilayah pedesaan. Meski anak-anak tidak bisa berangkat ke sekolah, pelajaran diajarkan melalui siaran radio nasional.

7. Gunung Arenal, dengan ketinggian 5.479 kaki (1.670 m), yang terakhir meletus pada tahun 2010, adalah gunung paling aktif di Kostarika dan salah satu dari gunung teraktif di dunia. Pada tahun 1968, gunung Arenal meletus dan menghancurkan kota Tabacón.

semestafakta-Arenal Volcano

8. Penduduk pribumi Kostarika menyebut dirinya dengan Ticos dan Ticas.

9. Generasi Ticos yang lebih tua postur tubuhnya tidak tinggi, oleh karena itu sebagian besar kebutuhan meubelnya seperti kursi, meja dan tempat tidurnya dibuat 6-8 inci lebih rendah dibandingkan di Amerika.

10. Meski Kostarika hanya 03% dari daratan di dunia, tetapi negara ini terkenal dengan kehidupan flora dan faunanya dan merupakan salah satu dari top 20 negara dengan biodiversity terbesar di dunia.

11. Di Kostarika, hampir seluruh gereja Katolik menghadap ke barat.

12. Kopi masuk ke Kostarika dari Jamaika pada tahun 1779. Dijuluki dengan grano de oro (butiran emas), kopi merupakan ekspor terkenal Kostarika selama 150 tahun sampai kalah dengan pemasukan oleh turisme pada tahun 1991. Lebih dari 247.104 akre (100.000 hektar) kopi ditanam di Kostarika, yang sekarang menjadi eksportir kopi terbesar di dunia ke-13.

13. Wanita Kostarika tidak menggunakan nama terakhir suaminya ketika dia menikah. Mereka mempertahankan menggunakan nama gadis/perawannya dan mereka juga menambahkan nama gadis dari ibunya.

14. Seperti suku Eskimo yang memiliki 57 kosa kata untuk salju, orang Kostarika mempunyai belasan kosa kata untuk hujan, mulai dari drizzly, pelo, de gato (rambut kucing), sampai baldazo atau aguacero (hujan lebat) dan temporal (hujan deras selama beberapa hari tanpa reda pada musim hujan). Karena seringnya hujan, Kostarika mempunyai banyak sungai dan volume air sungainya sangat banyak dari negara manapun, kecuali New Zealand.

15. Sungai Savegre, yang berada di provinsi San Jose, adalah sungai paling bersih di benua Amerika.

semestafakta-Savegre River

16. Sungai yang paling menarik adalah sungai Rio Celeste, yang airnya berwarna biru cerah akibat dari kombinasi dua proses kimia yang berbeda dari gunung berapi.

semestafakta-Rio Celeste semestafakta-Rio Celeste2

17. Situs-situs yang paling banyak dikunjungi di Kostarika adalah Manuel Antonio, Tortuguero, Tamarindo, San Jose, dan Monteverde.

18. Taman Nasional La Amistad, yang berada di selatan Kostarika adalah taman milik bersama dengan negara Panama.

19. Taman nasional yang paling banyak dikunjungi di Kostarika adalah Taman Nasional Manuel Antonio, kemudian Taman Nasional Poas.

semestafakta-Manuel Antonio National Parksemestafakta-Poas National Park

20. Tempat yang paling menarik untuk surfing di Kostarika adalah di pantai Jaco, Mal Pais, Dominical, dan Tamarindo.

21. Banyak ular mematikan di Kostarika bersarang di bawah tanah, seperti ular viper yang panjangnya mencapai 9,8 kaki (3 m) 80% gigitannya menyebabkan kematian di Kostarika.

22. Di Kostarika, ketika seorang perempuan memiliki bayi, dia akan mengatakan kepada bayinya: “Ella dio a luz”, yang artinya adalah “Dia telah memberiku cahaya”.

23. Mata uang resmi Kostarika dinamakan colón, orang Kostarika juga sering menggunakan istilah harina (tepung) untuk menyebut uangnya.

24. Di Kostarika, Catadores, atau ahli tukang pencicip, yang memutuskan dan memilih kopi yang harus dibeli, adalah penting di Kostarika, seperti pentingnya ahli cicip anggur di Perancis. Mereka berlatih selama lima tahun untuk mempelajari dengan pasti bagaimana menilai kopi dengan menghirup sesendok kopi.

25. Orang Kostarika akan mengungkapkan kepada pasangan istimewanya dengan “media naranja”, atau “belahan jiwaku”.

26. Bri Bri adalah bahasa pribumi yang masih digunakan di Kostarika.

27. Kostarika adalah eksportir pisang terbesar kedua di dunia, setelah Ekuador.

28. Menurut legenda lokal Kostarika, cairan di dalam pipa (segar, kelapa hijau) adalah cukup murni dan bersih bila digunakan sebagai plasma dalam situasi darurat.

29. Di San José, Kostarika, pemilik mobil sekarang dilarang mengendarai mobil di kota satu hari dalam seminggu, untuk mencegah polusi udara yang tinggi.

30. Di Kostarika, istilah discoteca adalah untuk nightclup, dan istilah nightclub untuk menunjukkan klub tari telanjang.

31. Di Kostarika, polisi tidur (speed bumps) dinamakan dengan son muertos, atau orang mati, sedangkan pejalan kaki disebut dengan “target”.

32. Tempat yang paling terkenal ilmu sihir dan guna-gunanya di Kostarika adalah Escazú, dimana dalam sejarahnya di tempat itu orang secara rahasia berusaha terus mempraktikkan ritual mejik dan agamanya di gua gunung. Sekarang, Escazú adalah kota pinggiran yang subur dari ibu kota San José dan lebih nampak seperti Kalifornia dibandingkan Kostarika. Namun, brujas (tukang sihir) masih ada, yang menawarkan bisa membaca kartu tarot dan seluruh layanan mejik lainnya.

33. Penulis Skotlandia, Robert Louis Stevenson kemungkinan besar memperagakan karyanya, Treasure Island di pulau Isla del Coco. Sir Francis Drake, Kapten Edward Davis, William Dampier, dan Mary Welch adalah untuk menyebut beberapa bajak laut terkenal yang menjatuhkan jangkarnya di di pulau ini. Katanya, mereka menguburkan harta karunnya, meski para pemburu harta karun selama berabad-abad gagal menggalinya.

semestafakta-Robert Louis Stevensonsemestafakta-Robert Louis Stevenson2

34. Carrera de Campo Traviesa Al Cerro Chirripó yang diadakan setiap tahun, adalah balapan bolak-balik mencapai puncak gunung tertinggi di Kostarika. Rekor terbaik yang tercatat adalah 3 jam, 15 menit, dan 3 detik.

35. Minuman keras Guaro yang terbuat dari tebu yang disaring, adalah minuman keras pribumi Kostarika.

semestafakta-Guaro semestafakta-Guaro2

36. Orang Amerika, Danny Fowler menggunakan kota pantai Pavones, Kostarika, sebagai basis operasinya ketika dia menjalankan bisnis obat-obat terlarang dari Amerika Selatan ke Kalifornia pada akhir tahun 1970-an dan awal tahun 1980-an. Dia membangun tempat penggergajian untuk membayar pegawainya dengan kayu untuk membangun rumah baru, jalan, dan landasan kapal terbang. Kemudian dia segera digagalkan oleh pemerintah Mexico di Baja dan dihukum penjara, tetapi kemudian dia diekstradisi ke Kalifornia.

37. Bunga nasional Kostarika, Orchid (anggrek), dinamai oleh dokter dari Yunani, Dioscorides, yang menyatakan kesamaan akar umbi dari satu spesies yang dia uji terhadap jenis kelamin jantan, yang dinamai dengan Orchis.

38. Óscar Arias Sánchez, presiden Kostarika dari tahun 1986-1990, memenangkan Nobel Perdamaian ada tahun 1987 untuk karyanya yang berusaha mengakhiri krisis di Amerika Tengah.

semestafakta-Óscar Arias Sánchez

39. Katak emas menjadi salah satu simbol kota Monteverde, Kostarika, setelah ditemukannya katak tersebut. Katak ini hanya bisa disaksikan di cagar alam hutan hujan Monteverde. PAda tahun 1983, peneliti University of Miami, Marc Hayes, menemukan ratusan katak tersebut, tetapi kemudian menghilang.

semestafakta-The golden toad

40. Kostarika merupakan habitat bagi 175 hewan amfibi dan 85% darinya adalah katak.

41. Ketika katak pohon bermata merah mendeteksi ada predator yang mendekat, maka tiba-tiba dia akan membuka matanya dan akan menatap musuhnya.

42. Meski kungkang banyak ditemukan di Kostarika, tetapi mereka akan menderita jika disentuh oleh manusia, detak jantunya berdegub kencang jika dipegang oleh orang asing, nama “sloth” (kungkang) berarti “malas/lamban”, tetapi gerakannya yang lamban dari hewan ini adalah karena adaptasi untuk bertahan dengan makan daun yang rendah energi.

semestafakta-sloth

42. Kostarika mempunyai 51 spesies baru dari 300 spesies burung hummingbird di dunia, dan menjadi Kostarika sebagai ibu kota burung hummingbird di dunia.

43. Di Kostarika ada spesies tumbuhan pakis yang diberi nama “Lady Gaga”, setelah bintang pop tersebut bermain tombak ikan di ibu kota Kostarika, San Jose.

semestafakta-Lady Gaga fern

44. Di Kostarika banyak sekali kupu-kupu. Kostarika memunyai 90% spesies kupu-kupu yang ada di Amerika Tengah, 66% kupu-kupu neo tropis, dan sekitar 18% dari seluruh spesies kupu-kupu yang ada di dunia.

45. Simbol kebangsaan Kostarika adalah burung murai berwarnai tanah yang dikenal dengan yigüirro.

46. Kostarika menghapus tentaranya pada tahun 1949 dan tidak mempunyai kekuatan militer. Namun negara tersebut masih memertahankan sejumlah kecil tentara untuk menjalankan hukum dan bekerjasama dengan tentara perdamaian asing.

47. Sejak tahun 1994, turisme di Kostarika menjadi industri yang maju, dan lebih dari dua juta turis mengunjungi Kostarika setiap tahunnya.

48. Sumber air segar terbesar di Kostarika ada di danau Arenal.

49. Para arkeolog sudah lama terkagum-kagum pada sumber permata pra Kolumbia yang terdapat di Kostarika, padahal tidak ada tambang permata di Kostarika. Guatemala dipercaya sebagai sumber utamanya, meski beberapa permata ada yang berasal dari Mexico. Ada satu teori yang menarik menyatakan bahwa beberapa permata dibawa ke Kostarika oleh perampok pra Kolumbia dari situs kuburan suku Maya, dan hal ini akan menjelaskan adanya hieroglip suku Maya yang terukir di batu tersebut.

50. Pada tahun 1546, Luis de Santángel, cucu laki-laki Christopher Columbus, memberi nama Duke Veragua. Dia berangkat dari Spanyol untuk mengklaim harta peninggalannya bersama dengan 130 laki-laki, tetapi kemudian dia diserang oleh suku Indian Amerika, dan dia kehilangan banyak kaum laki-lakinya dan kembali ke Eropa dengan membawa kegagalan.

51. Orang Kostarika memunyai cerita bagaimana mereka memperoleh kemerdekaan dengan surat. Ada 13 Oktober 1821, seorang kurir dengan naik kuda tiba di lembah tengah Kostarika dengan membawa kabar kemerdekaan, hampir sebulan setelah pemerintah kolonial di Guatemala mendeklarasikan kemerdekaan Kostarika dari Kerajaan Spanyol.

52. Gunung Irazú adalah gunung berapi tertinggi di Kostarika dengan ketinggian 3800 m. dikenal juga dengan El Coloso, Irazú selama 30 tahun tidak menunjukkan aktivitasnya, tetapi pada 8 Desember 1994 gunung ini meletus. Letusan sebelumnya, pada 19 Maret 1963, adalah bersamaan dengan kedatangan John F. Kennedy di Kostarika dan bahkan letusan lebh dahsyat.

semestafakta-Irazú Volcano

53. Di Escazú, Kostarika, ada festival tahunan gerobak sapi, Dia de los Boyeros, yang diadakan pada minggu kedua dari bulan Maret. Festival ini menampilkan sekitar 100 gerobak sapi kuno yang dilukis dan banteng besar yang menariknya yang disaksikan ribuan penonton.

semestafakta-Dia de los Boyeros semestafakta-Dia de los Boyeros2

54. Seorang anak laki-laki milisi Alajuela bernama Juan Santamaria dengan suka rela membawa obor Fort Rivas di Nicaragua, dia berhasil tetapi kemudian dalam perjalanan ditembak mati. Namanya diabadikan dalam folklore Kostarika sebagai simbol kemerdekaan nasional. Namanya juga diabadikan menjadi nama bandara internasional Kostarika.

semestafakta-Juan Santamaria

55. Koboi yang bekerja di propinsi Guanacaste Kostarika dikenal dengan nama sabaneros or vaccaros.

56. Ada 5 dari 7 spesies kura-kura laut di dunia ada di pantai Kostarika.

57. Selama arribada, sebanyak 100.000 kura-kura Olive Ridley naik ke darat di pantai terpencil di margasatwa Nasional Ostional dan meninggalkan 10 juta telur. Arribada umumnya terjadi pada rentang dua sampai empat minggu antara tiga bulan dan sebulan penuh dari bulan April sampai Desember, dan puncaknya pada bulan Juli sampai September.

Arribada in Costa Rica

semestafakta-arribada2

58. Hutan berkabut Monteverded adalah rumah bagi quetzal, yaitu burung berwarna-warni yang paling spektakuler di daerah tropis. 40 spesies dari keluarga trogon di dunia yang habitatnya sama dengan quetzal, dan 1 darinya ada di Kostarika. Seperti yang bisa disaksikan di ukiran dan lukisan kuno, ekor panjang quetzal adalah sangat dihargai oleh bangsawan Aztek dan Maya. Raja suku Maya menghargai bulu ekor hijau lebih dari emas itu sendiri.

semestafakta-quetzal

59. Nama Teluk Drake di Kostarika selatan berasal dari nama Sir Francis Drake, yaitu nakhoda kapal pertama Inggris yang mengitari dunia, yang mendarat pada tahun 1579.

semestafakta-Sir Francis Drake

60. Binatang asli Kostarika, yaitu semacam kadal kecil semi air yang berjalan di permukaan air dijuluki dengan “Kadal Yesus Kristus”

semestafakta-Jesus Christ lizard semestafakta-Jesus Christ lizard2

61. Pada tahun 1980-an, penemuan 11 kg bongkahan emas telah menimbulkan perburuan emas dan menimbulkan kerusakan di Taman Nasional Corcovado di Kostarika. Para petani beralih mencari emas di area tersebut dan merusak ribuan area taman. Pemerintah kemudian menutup taman tersebut selama bertahun-tahun dan berusaha mengusir para pemburu emas tersebut.

62. Koperasi kopi Coopedata Santa Maria sekarang dinyatakan sebagai penanaman kopi bebas karbon pertama di dunia.

63. Isla del Coco adalah bagian terpencil atau terjauh dari Kostarika, hampir 360 mil (600 km) ke tengah Samudera Pasifik, barat daya dari Kostarika. Jutaan orang melihatnya lewat film, dalam momen pembukaan film yang disutradarai oleh Steven Spielberg, Jurrasic Park. Isla del Coco adalah pulau tak perpenghuni terbesar di dunia.

semestafakta-Isla del Coco

64. Nama Titik Ollie di Timur Laut Kostarika berasal dari nama Kolonel Oliver North, seorang bekas letnan kolonel yang terkenal kejam di tengah-tengah skandal kontra Iran pada tahun 1980-an. Pantai dan pelabuhan Guanacaste utara seperti Titik Ollie digunakan sebagai basis pemberontakan kontra Nikaragua.

semestafakta-Ollies Point

65. Setiap tahunnya, Kostarika mengadakan apa yang orang anggap sebagai balapan sepeda paling melelahkan dan paling menantang di dunia, yaitu La Ruta de los Conquistadores (Rute Para Penakluk) yang berasal dari jalur conquistador Spanyol abad ke-16 dari Samudera Pasifik sampai ke Laut Karibia selama 4 hari. Balapan diadakan pada bulan November dan diikuti oleh ratusan pembalap dari seluruh dunia.

semestafakta-La Ruta de los Conquistadores2 semestafakta-La Ruta de los Conquistadores3 semestafakta-La Ruta de los Conquistadores4

66. Di Kostarika kita bisa menyaksikan matahari terbit (sun rise) dan matahari terbenam (sun set) setiap hari, karena letaknya yang berdekatan dengan garis katulistiwa.

67. Guanacaste (Enterolobium cyclocarpum) adalah pohon nasional Kostarika. Pohon khas ini terkenal karena besarnya, mengayomi, yang memberikan naungan pada tanah yang panas dan savana. Pohon ini juga terkenal dengan pohon telinga gajah karena bentuknya polong bijinya yang besar. Nama Provinsi Guanacaste adalah berasal dari nama pohon ini.

semestafakta-Guanacaste semestafakta-Guanacaste2 semestafakta-Guanacaste3

68. Di kota yang sepi Manzanillo, Kostarika, terdapat jalan yang dinamakan Jalan Mista Cracker Jack. Nama jalan lainnya berasal dari dari penduduk lama yang melintasinya, dan orang Manzanilla menyebut pemakamannya dengan “Pemakaman Ole”.

69. Pada tahun 1995, sekelompok kecil orang Kostarika yang tinggal di dekat perbatasan Kostarika membentuk Republik Airrecú yang berumur pendek, yang diambil dari istilah Indian Maleku untuk persahabatan. Mereka membentuk negara seluas 170 mil persegi (440 km persegi) karena mereka percaya area tersebut keliru diberikan kepada Nikaragua. Presidennya, Augusto Rodríguez, memperkenalkan teritorialnya ke PBB pada Juni 1995. Mereka mempunyai bendera dan lagu kebangsaannya sendiri.

70. Satu faktor terbesar yang mempengaruhi ekonomi Kostarika adalah hutang nasionalnya. Pada tahun 1981, Kostarika adalah negara pertama di dunia yang gagal dalam pinjamannya.

71. Paolo Wanchope adalah bintang olahraga terbesar Kostarika dan orang Kostarika yang paling terkenal di dunia. Pada tahun 2006, Wanchope mencetak skor 2 goal dalam kekalahan Kostarika 4-2 dalam permainan pembukaannya dengan Jerman, dan menjadikan dia sebagai orang Kostarika pertama yang pernah mencetak dua goal di Piala Dunia. Dia bermain untuk klub Kostarika dan klub internasional di Inggris, Spanyol, dan Jepang. Dia berhenti pada tahun 2007 setelah cidera lutut dan sejak saat itu dia menjadi pelatih. Dia sekarang menjadi pelatih sementara team nasional Kostarika.

72. Pada tahun 1904, Augustín Blessing (née Presinger), seorang pendeta dan misionaris Jerman yang melayani di wilayah Limón, menjadi orang pertama yang menaklukkan puncak tertinggi Kostarika, yaitu Cerro Chirripó.

73. Kantor pos nasional Kostarika dibangun pada tahun 1914. Karena layanan pos tidak melayani antar ke rumah, maka orang Kostarika pergi ke kantor pos lokal untuk mengumpulkan suratnya.

74. Ángela Acuña, pengacara wanita pertama Kostarika, mendirikan Liga Feminis pada tahun 1923 dan menjadi pelopor perjuangan panjang hak pilih kaum wanita di Kostarika. Pada tahun 1949, hak pilih universal diberikan. Acuña adalah wanita pertama yang mencatat rekor menjadi duta besar tetap untuk Organisasi Negara-negara Amerika.

semestafakta-Ángela Acuña

75. Macatelio, yaitu perpaduan bahasa Spanyol dengan bahasa Jamaika, adalah bahasa yang diucapkan oleh keturunan Jamaika kulit hitam yang awalnya masuk ke Puerto Limón dari Jamaika untuk membangun rel kereta pada akhir abad ke-19.

76. Bola batu Diquís Delta Kostarika adalah salah satu fenomena arkeologis yang paling menarik di Amerika Tengah. Batu ini dipercaya telah berusia 2000 tahun, ribuan bola batu yang ukuran diameternya mulai dari 10 cm sampai 2,5 m, ditemukan pada tahun 1940-an. Sebagian besar batu tersebut berada dekat dengan situs pemakaman. Batu-batu ini mungkin dibuat oleh nenek moyang suku Boruca, Térraba, dan Guaymi.

semestafakta-Costa Rica’s Diquís Delta stone semestafakta-Costa Rica’s Diquís Delta stone2 semestafakta-Costa Rica’s Diquís Delta stone3

77. Novel El Moto, karya Joaquín Garcia Monge (1900) dianggap sebagai novel Kostarika pertama.

semestafakta-Joaquín Garcia Monge semestafakta-Joaquín Garcia Monge2

78. Teatro Nacional (Teater Nasional) Kostarika dibangun pada tahun 1897 setelah Adelina Patti, seorang penyanyi opera Spanyol terkenal dunia, pentas di Amerika Tengah tetapi tidak menyanyi di Kostarika karena di sana tidak tersedia tempat untuk penampilannya pada waktu itu.

semestafakta-teatro nacional costa rica

79. Alat musik bangsa Kostarika adalah Marimba yang berasal dari Afrika. Alat musik ini juga menjadi bagian sejarah musik wilayah Chipas di Mexico dan Guatemala. Di Kostarika, Marimba awal dibuat dari labu calabaza yang berderet panjang dan dilubangi dan atasnya dihubungkan dengan bilah-bilah sebagai oktaf bunyinya.

semestafakta-marimba semestafakta-marimba2 semestafakta-marimba3

80. Orang Swedia, Nils Olof Wessberg, adalah berjasa membangun sistem taman nasional Kostarika. Lahir di Jerman pada tahun 1919, tetapi tumbuh besar di Swedia, Wessberg kehilangan ibunya karena kanker otak pada tahun 1947, dan dia dicurigai mempunyai hubungan antara lingkungannya dengan kanker. Dia aktif terjun dalam isu-isu lingkungan sampai akhir hayatnya. Dia meninggalkan Swedia pada tahun 1954 dan tiba dengan boat di Kostarika, dan kemudian dia jatuh hati dengan hutan hujan di Kostarika. Pada tahun 1963, Olof mencapai impiannya dengan dibukanya Cagar Alam Cabo Blanco (Absolute Nature Reserve Cabo Blanco) dan jalan kecil utama di sana yang masih dinamakan dengan “Jalan Setapak Swedia”. Ketika melobi untuk membangun Taman Nasional Corcovado pada tahun 1974, dia terbunuh dan dikubur di hutan bersatu dengan alam, sesuai permintaannya.

semestafakta-Nils Olof Wessberg semestafakta-Nils Olof Wessberg2

81. Dr. Frankling R. Chang-Diaz, satu-satunya astronot Kostarika dan astronot pertama Amerika Latin yang pergi ke luar angkasa adalah salah satu dari 19 astronot yang dipilih dari 3000 pelamar astronot, dan dia orang Amerika Latin pertama yang dipilih oleh NASA. Lahir di Kostarika, dia mempunyai dua kewarganegaraan, yang satu adalah Amerika (1977). Dia mencatat reor tujuh misi ruang angkasa, dan kemudian mengundurkan diri pada tahun 2005 setelah 25 karirnya di NASA. Dia mendesain mesin roket berbasis plasma yang dapat merevolusi perjalanan ke ruang angkasa.

semestafakta-Dr. Franklin R. Chang-Diaz

82. Geovanny Escalante, seorang pemain seksofon dari Kostarika, mengalahkan rekor dunia Kenny G karena memainkan nada seksofon sendirian pada tahun 1998. Dia memainkan seksofon selama 90 menit dan 45 detik, hampir dua kalinya reor Kenny G.

semestafakta-Geovanny Escalante

83. “Pura Vida” adalah ucapan kebangsaan, yang artinya “kehidupan hakiki”, suatu kehidupan yang penuh keceriaan, penuh ekspresi menyenangkan yang digunakan sebagai ucapan, selamat tinggal, atau jika seseorang meminta tolong kepadamu.

84. Di Kostarika seringkali susu dijual dalam kemasan plastik kecil dan kamu tinggal memotong pinggirnya untuk menikmatinya.

85. Kostarika tidak memiliki musim panas dan dingin yang jelas seperti di Amerika, tetapi hanya musik kering yang berlangsung pada bulan Desember-April, dan musim penghujan pada bulan Mei-November.

86. Presiden Kostarika pertama adalah Guillermo Solis, yang mendapat jutaan pilihan suara selama pemilihan.

semestafakta-Guillermo Solis

87. Jembatan Sungai Tempisque (dikenal dengan El Puente de Amistad) yang menghubungkan daratan utama Kostarika dengan Semenanjung Nicoya adalah hadiah dari Taiwan.

semestafakta-The Tempisque River Bridge

88. Pulperia adalah toko di sekitar yang menjual bahan-bahan makanan pokok seperti bahan kemasan kaleng, telur, susu, roti, dan produk lainnya.

semestafakta-pulperia 2 semestafakta-pulperia

89. Masakan tradisional Kostarika adalah Casado, yaitu olahan dari daging, buncis, nasi, salad, picadillo, dan pisang raja.

semestafakta-casado

90. Minuman lokal pavorit di Kostarika adalah bir yang dituangkan di atas es, yang dikenal dengan Michelada.

semestafakta-michelada

91. Di Kostarika jarang ada nama jalan raya dan nama alamat. Seluruh alamat hanya ditandai dengan bangunan atau penunjuk yang terkenal, seerti gereja katolik lokal, emakaman, atau lokasi yang khas lainnya. Alamat misalnya hanya ditunjukkan dengan 200 m sebelah barat sesuatu (gereja, lapangan, dll). Baru ada tahun 2012 muli dierkenalkan tanda/nama jalan dan sistem pos surat di San Jose.

92. Irazu adalah gunung berapi tertinggi di Kostarika, dengan ketinggian 11,259 kaki.

semestafakta-Irazú Volcano

93. Kebanyakan orang Kostarika mempunyai nama dengan empat kosa kata. Dua kosa kata nama yang pertama adalah nama dirinya, kemudian ditambahkan nama ayah dan ibunya. Jika nama aslinya dengan susunan Lee Roy, dan nama terakhir ayahnya adalah Carlton serta nama terakhir ibunya adalah Brotherton, maka namanya akan menjadi Lee Roy Carlton Brotherton.

94. Orang Kostarika seringkali memberikan minum kopi kepada bayi dan anak kecilnya.

95. Makanan Kostarika adalah Gallo Pinto (ayam jago bercat), yaitu nasi dicampur dengan buncis hitam dan seringkali dengan telur, dan Olla Carne, yaitu nasi dan daging sapi dalam kuah yang lezat dipadu dengan bumbu-bumbu, serta Chorreadas, yaitu kue dadar/serabi jagung manis dengan susu asam.

semestafakta-gallo pinto

96. Pada setiap jam 7 pagi, seluruh stasiun radio Kostarika akan menyanyikan lagu kebangsaan Kostarika (Noble patria, tu hermosa bandera) dan akan dinyanyikan lagi nanti pada malam hari. Lagu kebangsaan Kostarika ditulis oleh Jose Maria Zeledon pada tahun 1903, dan musik oleh Manuel Maria Gutierres. Petama kali dinyanyikan pada tahun 1852 untuk menyambut perwakilan diplomatik Amerika dan Inggris dan resmi menjadi lagu kebangsaan Kotarika pada tahun 1949 .

semestafakta-Jose Maria Zeledonsemestafakta-Manuel Maria Gutierres2

97. Orang-orang tua Kostarika menyukai musik dansa Cumbia dan kaum mudanya lebih menyukai musik dansa Reggaetón.

98. Kostarika masuk dalam daftar negara terbaik untuk berselancar (surfing), olahraga mancing, menyelam dan manjat gunung.

99. Tempat untuk menyelam yang paling menarik adalah di Pulau Cocos, Pulau Caño, dan Pantai Cocos di Guanacaste.

semestafakta-Caño Island semestafakta-Caño Island2 semestafakta-Cocos Island

100. Orang Kostarika menyukai film-film aksi tahun 80-an, yang dibintang oleh Chuck Norris atau Jean-Claude Van Damme yang sering ditayangkan di televisi.

101. Ketika kamu mengangkat gelas untuk bersorak dan bergembira dengan orang Kostarika, maka kamu harus memandang langsung ke matanya. Kalau tidak, orang Kostarika yakin nanti kamu akan dikutuk dengan 7 tahun kejelekan.

102. Sebutan meteran dalam taksi adalah “Maria”, yang dihubungkan dengan kejujuran erawan Maria.

103. Serum anti bisa ular ditemukan di Kostarika oleh Clodomiro Pikado.

104. Di Kostarika kita bisa menikmati Mascarada, yaitu parade orang-orang membisu dengan kostum kepala yang besar berkarakter kartun. Parade yang paling besar terjadi pada tanggal 31 Oktober setiap tahunnya.

semestafakta-mascarada semestafakta-mascarada2

105. Simbol folklore atau cerita rakyat Kostarika adalah “La Carreta”, “Los Boyeros”, dan “La Gigantona”.

2 comments on “105 FAKTA MENARIK TENTANG KOSTARIKA

  1. Ular
    November 12, 2015

    Suka ularnya hehe itu mirip sama anaconda ya min??

  2. papanyameka
    November 12, 2015

    ular pyton mungkin, Gan

Leave a comment

Information

This entry was posted on November 6, 2015 by .