semestafakta

Sedikit yang kita tahu tentang semesta…

58 FAKTA UNIMENARIK TENTANG LIBERIA

1. Nama Liberia diberikan oleh para imigran, yang artinya “Tanah Kebebasan” dari bahasa Latin.

2. Menurut sumber lesan bahwa wilayah yang sekarang bernama Liberia awalnya dihuni oleh suku Pygmie. Di sana terdapat banyak suku ketika bangsa Portugis tiba pada tahun 1461. Mereka menyukai lada melegueta dari Liberia dan menyebut lada tersebut dengan “butiran surga”, yang kemudian menunjuk Liberia dengan “Butiran Pantai”. Selanjutnya para pedagang dari Spanyol, Belanda, Inggris, dan Perancis datang ke wilayah ini.

semestafakta-Liberian map

3. Sebagian besar penduduk Liberia adalah keturunan Amerika, dan Amerika yang menyokong demokrasi di Liberia. Pada tahun 2008, presiden George Bush mengunjungi Liberia. Liberia selalu memelihara hubungan diplomatik dengan Washington. Beberapa presiden Amerika lainnya telah mengunjungi Liberia, yaitu Franklin Delano Roosevelt pada tahun 1943.

4. Masyarakat Kolonisasi Amerika (berdiri pada tahun 1816) mengembalikan budak-budak Amerika yang sudah dibebaskan ke pantai Afrika Barat pada tahun 1820. 86 imigran membangun pemukiman di Christopolis. Tidak memandang asal-usulnya, kemudian ribuan budak dikirim dan bermigfrasi ke wilayah yang sekarang dikenal dengan Liberia.

5. Pada tahun 1847, Liberia mendeklarasikan kemerdekaannya sebagai repoublik di bawah konstitusi model Amerika. Tapi sayangnya tidak semua orang diperbolehkan mengikuti pemilihan suara dan berpartisipasi penuh.

6. Liberia adalah negara republik tertua di Afrika dan merupakan salah satu anggota pendiri PBB dan Organisasi Persatuan Afrika (Organisation of African Unity).

7. Liberia dijajah dan didirikan oleh budak-budak Amerika yang telah dibebaskan.

8. Bendera Liberia meniru bendera Amerika dan sebelas warna garis merah dan putih bendera Liberia adalah sebelas penanda Deklarasi Kemerdekaan Liberia.

9. Presiden Charles Taylor adalah presiden pertama Liberia. Dia dinyatakan bersalah pada 26 April 2012 karena bersekongkol dan membantu pemberontak yang telah membunuh, memperkosa, dan memutalisi orang yang berada di perbatasan Sierra Leone.

semestafakta-President Charles Taylor

10. Liberia adalah negara di Afrika yang bisa dianggap sebagai negara Kristen, meski undang-undangnya yang sekarang (direvisi tahun 1985) menyatakan Liberia sebagai negara sekuler.

11. Tidak seperti negara lainnya di Afrika, Liberia lahir di dalam gereja. Ada sebelas orang laki-laki yang menandatangani dekalarasi kemerdekaan Liberia di Gereja Baptis Allah pada tahun 1847 sehingga menjadi negara yang berdaulat. Semuanya itu adalah orang-orang gereja.

12. Berbeda dengan negara di Afrika lainnya, Liberia merayakan hari libur nasional yang dinamakan dengan “Hari Puasa dan Doa”. Pada hari ini akan diadakan doa nasional untuk pensucian dan pemeliharaan spiritual. Hari nasional ini lahir dari krisis politik antara Liberia dengan Inggris pada tahun 1800-an. Pada konflik ini, bersama dengan pemimpin politiknya, hanya didukung oleh kekuatan doa.

13. Liberia mempunyai banyak kelompok etnis. 20,3% adalah suku Kpelle; 13,4% suku Bassa. Lainnya Greabo, 10%, Gio 8%, Mano 7,9% dan suku lainnya.

14. Nama asal kota Monrovia, ibu kota Liberia, adalah Christianopolis, yang artinya “Kota Kristus”.

semestafakta- Monrovia

15. Nama kota Monrovia berasal dari nama James Monroe, presiden ke-5 Amerika, dan Buchanan, kota terbesar kedua Liberia, berasal dari nama Thomas Buchanan, gubernur pertama Persemakmuran Liberia dan  sepupu presiden ke-15 Amerika, James Buchanan.

16. Undang-undang Liberia tahun 1847 ditulis oleh profesor Harvard Amerika bernama Simon Greenleaf.

semestafakta- Simon Greenleaf

17. Liberia tercatat sebagai negara yang stabil dan lama dengan satu partai politik, dari tahun 1877 sampai 1980, yaitu Partai True Whig. Partai ini berdiri tahun 1869 yang didominasi penguasa keturunan kulit hitam yang berasal dari Amerika.

18. Liberia adalah salah satu negara termiskin di dunia, dengan tingkat mendapatkan pekerjaannya hanya 15% dan lebih dari 85% rakyatnya hidup di bawah garis kemiskinan.

19. Salah satu pemimpin yang paling dikagumi di dunia, Nelson Mandela, adalah lahir di Liberia.

semestafakta- nelson mandela

20. “Wanita Besi” adalah julukan presiden Ellen Johnson Sirleaf, yang terpilih kembali pada tanggal 15 November 2011. Pada tahun 2011 dia mendapatkan Nobel.

semestafakta- President Ellen Johnson Sirleaf

21. Liberia menjadi subyek dokumenter yang memenangkan award, yang berjudul Pray the Devil Back to Hell, yaitu sebuah cerita sangat mengagumkan tentang sekelompok kecil wanita Liberia di tengah-tengah berkecamuk perang sipil berdarah.

22. Liberia adalah satu-satunya negara yang menjadi judul lagu Michael Jackson, Liberian Girl

23. Liberia adalah salah satu dari tiga negara, bersama dengan Amerika dan Burma yang tidak menggunakan International System of Units, yaitu bentuk sistem metris modern.

24. Liberia lama dianggap sebagai “flag of convenience” (bendera kemudahan) bagi para pemilik kapal yang mencari pelabuhan dengan aturan yang longgar untuk berlabuh.

25. Pemukiman atau perkampungan asli Liberia dibeli untuk perdagangan barang-barang, perbekalan, senjata, dan minuman keras, senilai $300 tetapi tidak pernah dibayar lunas.

26. Ada 12 presiden Liberia adalah kelahiran Amerika, dan hanya 2 orang presiden yang asli keturunan Liberia.

27. Pada tahun 1960, Liberalia dipilih sebagai Konsili Keamanan PBB, yang menjadikan sebagai negara afrika pertama yang menempati jabatan bergengsi ini.

28. Pada tahun 1969, orang Liberia, Angie Brooks Randolph terpilih menjadi ketua selama 24 kali di Majlis Umum PBB.

semestafakta- Angie Brooks Randolph

29. Pada akhir tahun 1970-an, Liberia dipimpin oleh dua orang pemimpin agama, yaitu Presiden William Tolbert dan Wakil Presiden Bennie Warner.

30. Orang Liberia, Ruth Perry, adalah kepala negara pertama Afrika dan presiden Elen Johnson Sirleaf adalah presiden wanita pertama Afrika.

31. Salah satu presiden Liberia pernah memenangkan pemilihan presiden yang masuk dalam daftar the Guinness Book of Records (1982), dalam hal pemilihan presiden paling curang yang pernah terjadi dalam sejarah.

32. Ratu kecantikan Liberia adalah Sebah Esther Tubman dan menjadi “wanita tercantik di Afrika” pada tahun 1990-an. Dia berada di urutan ke-49 Miss Wordl di London pada tahun 1999. Dia mengalahkan 90 delegasi, termasuk Miss Amerika, Natasha Allas, dan Miss Inggris, Nicola Willoughby.

33. PRC (People’s Redemption Council/Konsili Penebusan Rakyat) buatan presiden Samuel Doe adalah nama lain dari ‘People Repeating Corruption’ (Korupsi Berulang-ulang Rakyat) dan Liberian Peace Council (LPC, salah satu faksi yang berperang pada saat perang sipil) adalah nama lain dari Lost Property Collector karena kebiasaannya merampas rumah-rumah.

34. Liberia mepunyai garis perbatasan sepanjang 1585 km, dengan Côte d’ Ivoire, Guinea, dan Sierra Leone

35. Taman Nasional Sapo di Liberia adalah hutan hujan tropis terbesar kedua di Afrika Barat dan habitat bagi 125 spesies mamalia, yaitu gajah, macan tutul, babi hutan raksasa, simpanse, kijang duiker, dan kuda nil kerdil yang langka.

36. Liberia adalah surganya ornitologis (unggas), habitat bagi 700 spesies burung, termasuk burung kicau tawon, yaitu seekor burung yang besarnya sedikit lebih besar dari tawon.

semestafakta-bee-warbler

37. Oprah Winfrey merunut asal-usul keturunannya sampai di Kpelle di Liberia.

semestafakta-oprah winfrey

38. Orang Liberia George Weah adalah satu-satunya orang Afrika yang pada tahun 1995 menjadi Player of the Year FIFA, European Footballer of the Year, dan African Footballer of the Year.

semestafakta-George Weah

39. Presiden pertama Liberia, Joseph Jenkins Roberts adalah seorang oktoron (dia seperdelapan berkulit hitam), yang lebih terlihat seperti berkulit putih.

semestafakta-Joseph Jenkins Roberts

40. Puncak tertinggi di Liberia adalah Gunung Wuteve, setinggi 1.440 meter di atas permukaan laut, terletak di barisan barat laut Gunung Afrika Barat dan Dataran Tinggi Guinea. Meski demikian, gunung Nimba adalah yang tertinggi dengan ketinggian 1.752, tetapi terletak berbatasan dengan Guinea dan Côte d’Ivoire.

semestafakta- Mount Wuteve

41. Liberia yang dianggap sebagai salah satu negara termiskin di dunia, tetapi pernah menjadi salah satu negara kulit hitam paling makmur pada tahun 1950-an.

42. Liberia adalah salah satu negara Afrika paling stabil sampai pecah perang sipil pada tahun 1989 yang mengakibatkan pembantai 200.000 jiwa selama tujuh tahun.

43. Pantai-pantai di Liberia adalah sangat indah namun susah dicapai dan hanya para perenang kuat yang akan menikmati pantai tersebut.

44. Pohon karet (Funtumia elastica) banyak tumbuh di Liberia, namun olahan Hevvea brasiliensis yang menjadi sumber karet komersil Liberia. Varietas kopi Liberia yang khas, Coffea liberica, dari dulu banyak ditemukan tapi lebih terkenal Coffea robusta. Pohon berbuahnya meliputi varietas pohon jeruk, apel aligator, pepaya, mangga, dan alvokat. Buah nanas tumbuh liar di Liberia. Diantara tanaman olahan adalah ketela pohon, kapas, kakao, nilai, dan padi gunung.

45. Di sebelah utara Liberia yang terkenal dengan rumah Lamco terdapat perusahaan tambang besi. Pemandangan utamanya adalah Bukit Guesthouse, daerah tertinggi di wilayah tersebut.

46. Mansion eksekutif berada di Monrovian dan sebagai rumah presiden dan keluarganya. Pertemuan pemerintah yang melibatkan anggota kabinet sering diadakan di sini. Kamu bisa menemukan benda-benda bersejarah di beberapa ruang mansion.

semestafakta- monrovian mansion

47. Film Sliding Liberia (Liberai Berselancar) disutradarai dan diproduksi oleh dua mahasiswa Stanford, Britton Caillouette dan Nivholai Lidow, yang bercerita tentang Liberia dan Surfing. Nicholai kembali ke Liberia pada tahun 2007 dan membawa film tersebut. Sliding Liberia tersedia di Netflix, iTunes, dan Amazon. Mereka juga mempunyai Facebook app.

48. Nama sungai terpanjang di Liberia, sungai Cavalla, berasal dari nama ikan Cavalla, yaitu sejenis ikan air tawar. Sungai ini bersumber dari Barisan Nimba di Guinea dan mengalir ke selatan membentuk bagi perbatasan Liberia dengan Cote d’Ivoire.

semestafakta-Cavalla River

49. Rumah-rumah di Liberia biasanya dibuat dari batu bata lokal yang dipanaskan matahari dengan plester, dengan atap besi yang berombak. Tanah bahan baku batu bata banyak terdapat di Provinsi Nimba, yang jenius tanahnya dinamakan “Laterite”.

50. Sepertiga dari wanita Liberia yang menikah antara usia 15-49 tahun mengalami pernikahan poligami. Undang-undang Liberia membolehkan lelaki mempunyai sampai 4 istri.

51. Liberia mempunyai alat musik kuno yang menjadi bagian dari warisan musik Afrika Barat, dan mempunyai kekhasan dari negara tetangganya. Ada beberap jenis drum yang berbeda yang digunakan dalam musik tradisional. Disamping drum ada alat musik yang dinamakan Saassaa yang juga digunakan dalam musik pada umumnya oleh banyak penyanyi dan musisi Liberia.

52. Liberia terkenal dengan dekorasi detail dan topeng hias, ukiran kayu wajah manusia, orang terkenal, pemandangan dalam bentuk kecil maupun besar dan aksesoris seperti sisir, sendok, dan garpu yang sering berbentuk seni pahat besar.

53. Pada abad 19, Edward Wilmot Blyden adalah penulis Liberia yang paling terkenal. Sebagai seorang diplomat, pendidik, negarawan, dan penulis, Blyden dianggap sebagai salah satu Bapak Pan Afrikanisme pertama bersama dengan W.E.B. Du Bois dan Marcus Garvy. Tulisannya berisi tentang perlunya rakyat Afrika membangun identitasnya sendiri, secara budaya, spiritual, dan politik dan menyadari potensi dirinya serta lebih berperan diri.

54. Liberia adalah Republik Kulit Hitam kedua setelah Haiti.

55. Liberia adalah negara sub Sahara pertama yang memperoleh Millennium Development Goal, karena bisa mengurangi tingkat kematian anak balita antara tahun 1990 dan 2015.

56. Pada abad 20, Liberia berjuang melawan apartheid di Afrika Selatan. Pada tahun 1976 pemerintah Liberia menyokong boikot anti anti apartheid di Montreal Kanada. Antara tahun 1978 dan 1977 Liberia memprotes kehadiran Miss Afrika Selatan di Miss World.

57. Folklor atau cerita rakyat yang terkenal di Liberia adalah “Mrs. Chicken and the Hungry Crocodile” yang ditulis oleh pencerita Liberia Won-Ldy Paye (dari suku Dan di timur laut Liberia) dan Margaret H. Lippert. Keduanya juga menulis Head, Body, Legs: A Story from Liberia.

58. Permainan atau game dari Liberia yang terkenal adalah Queah dan Mancala.

Advertisements

One comment on “58 FAKTA UNIMENARIK TENTANG LIBERIA

  1. sholeh
    September 27, 2016

    Good 👍

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on March 25, 2016 by .

Navigation

%d bloggers like this: