semestafakta

Sedikit yang kita tahu tentang semesta…

50 FAKTA MENARIK TENTANG PARAGUAI

semestafakta-paraguay map

1. Paraguai pertama dihuni oleh semi-nomadik Guaraní, dan orang Barat pertama yang datang ke Paraguai adalah penjelajah Portugis, Alejo Garcia pada tahun 1525. Setelah merdeka pada tahun 1811, Paraguai hampir menjadi negara dengan teritorial yang jelas sampai terjadi tragedi lima tahun perang tiga aliansi yang berakhir pada tahun 1870. Paraguai kehilangan dua pertiga dari seluruh lelaki dewasanya dan sebagian besar teritorialnya. Setelah dekade stagnasi ekonomi, Paraguai berhasil mengusir Bolivia dalam perang Chaco pada tahun 1932-1935.

2. Orang pertama yang menjelajahi Paraguai adalah Sebastian Cabot, yang tiba di sana pada tahun 1526. Pada tahun 1608 para Jesuit berkuasa, sampai Spanyol mengambil alih pada tahun 1767. Namun pemberontakan pada tahun 1811 akhirnya bisa mengantarkan Paraguai merdeka dari Spanyol.

semestafakta-Sebastian Cabot

3. Pada zaman dahulu Paraguai pernah disebut dengan “Gai Beo” (Parrot Gay). Cerita bagaimana orang Paraguai mendpat julukan ini adalah sudah sangat lama, ketika burung beo homoseks bernama Frank dijadikan teman oleh penduduk Yesuit, yang kemudian memakannya. Oleh karena itu, wilayah ini dikenal dengan “Gai Beo”.

4. Nama Paraguai (Paraguay) berasal dari bahasa Guarani. Kata tersebut terdiri dari frasa kata, yaitu “Para” yang artinya “banyak golongan”; “Gua” yang artinya “tempat”; dan “y” yang artinya “air, sungai, atau danau”.

5. Guarani disamping sebagai nama suku asli Paraguai, nama bahasa, juga digunakan sebagai nama mata uang Paraguai.

semestafakta-peace

6. Semboyan Paraguai adalah “perdamaian” dan “keadilan”.

7. Mayoritas penduduk Paraguai memeluk agama Katolik Roma.

8. Paraguai mendapat julukan “El corazón de América” atau “Jantung Amerika”, karena berada di tengah-tengah tepat benua Amerika.

9. Paraguai adalah negara dengan rakyatnya yang menguasai dua bahasa (bilingual), yaitu yang pertama berbahasa Guaraní dan yang kedua berbahasa Spanyol.

10. Paraguai mempunyai populasi paling homogen di Amerika Latin. Sekitar 95% populasinya penduduknya adalah etnis Mestizo, yang merupakan keturunan campuran Spanyol, Amerika dan India.

11. Kerajinan dari Paraguai yang terkenal adalah Nanduti, yaitu kerajinan bordir renda terbaik di dunia, yang diroduksi oleh kaum wanita. Nanduti dibuat dalam bentuk desain melingkar. Nama Nanduti berasal dari bahasa Gurani berarti “jaring laba-laba”.

semestafakta-Nanduti semestafakta-Nanduti2 semestafakta-Nanduti3

12. Paraguai adalah habitat bagi Capybara/Carpincho, yaitu binatang mengerat terbesar di dunia.

semestafakta-Capybara

13. Bendera Paraguai adalah satu-satunya bendera di dunia yang memiliki emblem di atas dan di belakang yang berbeda.

semestafakta-paraguay flag2

14. Bunga nasional Paraguai adalah bunga Mburucuya.

semestafakta-mburucuyá semestafakta-mburucuyá2

15. Cemilan klasik Paraguai adalah Mandioca (ketela pohon). Makanan tradisionalnya dinamakan dengan jopará, yang dalam bahasa Guaraní berarti “campuran”.

semestafakta-Mandioca semestafakta-Mandioca2

16. Orang Paraguai suka makan kue Chipa, yang bahan-bahannya terdiri dari tepung jagung, keju, dan manios.

semestafakta-chipa

17. Jenderal Alfredo Stroessner berkuasa pada tahun 1954 dan diberhentikan pada tahun 1989. Ribuan orang Paraguai melarikan diri ke Argentina selama pemerintahannya. Stroessner adalah bagian dari Operation Condor, yaitu sebuah konsirasi diantara diktator Amerika Latin, yang melibatkan Jenderal Pinochet dari Cili, untuk menghancurkan musuh-musuhnya. Pada tahun 2004, pemerintah diekstradisi dari Brazil.

semestafakta-General Alfredo Stroessnersemestafakta-Operation Condor

18. Paraguai adalah negara korup. Salah satu bekas presidennya, Luis Gonzales Macchi dihukum enam tahun penjara pada hari Senin karena berusaha menggelapkan uang sebesar $16 juta. Presiden lainnya, Juan Carlos Wasmosy, dihukum empat tahun penjara karena peniuan pada tahun 2002.

semestafakta-Luis Gonzales Macchi

19. Dalam sejarah Paraguai pernah terjadi jenderal Lino Oviedo berusaha mengusir presiden Wasmosy dari kantornya ada tahun 1996. Tetapi rakyat Paraguai tidak mengizinkannya dan dia secepatnya ditangkap. Koleganya, Raúl Cubas Grau, kemudian dipilih ada tahun 1998.

semestafakta-Juan Carlos Wasmosy

20. Memancing adalah hobi orang Paraguai di samping sepak bola. “Kita ini negara air, tetapi kita gila bola”, kata Pereira.

21. Alat musik yang paling populer di Paraguai adalah harpa dan gitar. Terdapat dua jenis alat musik, yaitu Polka atau Purajhei yang berasal dari Eropa selama era kolonial dan Guaranda, yang ditemukan oleh José Asunción Flores. Lagu-lagu yang terkenal di sana adalah “India”, “Recuerdos de Ypacarai”, “Mi Dicha Lejana”, dan lain-lain.

semestafakta-Mi Dicha Lejana semestafakta-Recuerdos de Ypacarai

22. Di samping sebagai pemain sepak bola, banyak dari orang Paraguai adalah seorang musisi dan komposer musik klasik, diantaranya adalah gitaris klasik, Berta Rojas dan Luz María Bobadilla, dan direktur musisi klasik, Luis Szarán.

semestafakta-Berta Rojas semestafakta-Luis Szarán semestafakta-Luz María Bobadilla

23. Orang Paraguai adalah sangat ramah. Menurut Alberto Pereira, yaitu seorang duta besar Paraguai untuk Inggris, “Ketika kita menerima seorang tamu di rumah kita, maka kita bertanggungjawab atas kenyamanan tamu tersebut”. Orang Paraguai adalah suka bergaul dan gila musik.

24. Minuman khas Paraguai adalah “yerba mate” (dibaca “mah-tay”), yaitu ramuan herbal dari daun teh.

semestafakta-mate semestafakta-mate2

25. Sopa Paraguaya adalah makanan khas Paraguai. Meski artinya sup Paraguai, tetapi masakan ini kaya dengan keju.

semestafakta-sopa paraguaya semestafakta-sopa paraguaya2

26. Paraguai pernah masuk dalam the Guinnes Book of World Records karena mengadakan Festival makanan terbesar di dunia dengan membakar daging, yang diikuti oleh 30.000 peserta.

semestafakta-barbecue in paraguay semestafakta-barbecue in paraguay2 semestafakta-barbecue in paraguay3

27. Dam Itapu (artinya “batu berbunyi”) yang dibangun di sungai Parana yang membentuk perbatasandi tenggara Paraguai adalah pembangkit listrik tenaga air terbesar kedua di dunia (terbesar pertama adalah tiga Dam Gorges di Cina). Beton yang digunakan membangun Dam Itepu bisa untuk membangun 210 stadiun sepak bola.

semestafakta-Itapu dam

28. Dam Itapu dikerjakan oleh 40.000 pekerja, yang mayoritas berasal dari Brazil. Pembangunannya memakan waktu 7 tahun dan selama pembangunannya memakan korban 149 pekerja. Lebih dari 50 juta ton tanah dan batu dipindahkan untuk membuat saluran untuk mengalihkan aliran sungai. Saluran ini panjangnya 1,3 mil, dalamnya 300 kaki, dan lebarnya 490 kaki. Pembangunannya menghabiskan 12,3 juta kubik beton. Baja yang digunakan adalah cukup untuk membangun 380 menara Eifel. Dam Itapu masuk dalam tujuh keajaiban dunia.

29. Paraguai adalah pengekspor listrik tenaga air terbesar di dunia yang dihasilkan dari dam Itapu yang memiliki bersama dengan Brazil.

30. Reruntuhan bangunan Jesuit bersama dengan peninggalannya di seluruh Amerika Selatan, termasuk Jesús, San Cosme y Damián dan Trinidad Missions, adalah masuk dalam daftar situs UNESCO World Heritage.

semestafakta-Jesuit Ruins in Paraguay semestafakta-San Cosme y Damián semestafakta-Trinidad Missions

31. Di Paraguai terdapat lebih dari 275 air terjun tunggal dalam air terjun Iguacu di Sungai Iguace. Air terjun ini lebarnya sama dengan air terjun Niagara dan juga lebih tinggi dari niagara.

semestafakta-Iguacu Falls

32. Meski di kebanyakan negara Amerika Latin mempunyai klas atas aristokratis, tetapi di Paraguai tidak ditemukan.

33. Pembagian kesejahteraan di Paraguai sangat tidak seimbang dan timpang. Di sana sedikit sekali orang kaya dan kebanyakan penduduk yang miskin.

34. Rel kereta api pertama di Paraguai dibangun pada tahun 1858 sampai 1861 oleh teknisi Inggris.

35. Jawaban “tidak” dianggap tidak sopan di Paraguai. Jika kamu ditawai sesuatu dan kamu tidak berminat, maka jangan ucapkan “tidak”, tapi diganti dengan “Gracias” (terima kasih). Jika ada orang lain akan menjual sesuatu dan kamu tidak berminat, maka ucapkanlah “Otra dia” (lain kali). Jika seseorang mengundang kamu dan kamu tidak menginginkan hadir, maka ucapkanlah “Mas tarde” (nanti).

36. Rumah di Paraguai tidak ada belnya. Kalau kamu akan bertamu ke rumah seseorang maka setelah sampai di depan pintu, kamu harus membeli apa-apa dengan bertepuk tangan. Karena di sana cuacanya cukup panas dan biasanya jendela rumah terbuka, maka tepukan tangan bisa terdengar dengan jelas.

37. Ucapan sapaan di Paraguai bukanlah “hello”, tetapi “adios” yang sebenarnya berarti selamat tinggal. Ucapan ini berarti seseorang tidak bisa membagi waktu untuk sekedar berhenti dan minum bersama.

38. Hotel atau penginapan yang murah di Paraguai biasanya sekaligus sebagai rumah pelacuran.

39. Selain daerah perkotaan, Paraguai didominasi daerah pedesaan dengan pertaniannya. Oleh karena itu, ketika datang hari liburan dan festival, maka bersiap-siap merayakan panen sukses Alfalfa dengan musik dan dansa serta minum-minuman.

semestafakta-Juan de Salazar Y Espinoza

40. Berdirinya ibu kota Paraguai, Asuncion, yang didirikan oleh penjelajah Spanyol terkenal, Juan de Salazar Y Espinoza, diperingati pada 15 Agustus. Kota ini didirikan pada tahun 1537, meski pemilihan pemimpin secara demokratis baru terlaksana pada tahun 1993.

41. Hari Pahlawan atau Hari Pertahanan diadakan pada tanggal 1 Maret untuk menghormati Marshal Francisco Solano Lopez, yang meninggal dalam mempertahankan negaranya pada tahun 1870. Hari libur ini juga memperingati jasa  semua tentara dan veteran. Orang-arang merayakannya dengan memakan semua jenis makanan khas Paraguai diiringi musik yang berhubungan sejarah nasionalnya.

semestafakta-Heroes Day semestafakta-Marshal Francisco Solano Lopez

42. Pada tahun 1893, sekelompok orang Australia mengunjungi Paraguai untuk melihat praktik teori Karl Marx tentang Komunisme. Akibatnya adalah di Paraguai ada Australia Baru, yaitu sebuah koloni yang masih ada sampai sekarang.

semestafakta-New Australia in Paraguay

43. Rawa-rawa terbesar di dunia yang dinamakan dengan Pantatal, berada di Paraguai.

semestafakta-Pantatal semestafakta-Pantatal2

44. Di Paraguai kamu bisa menantang duel seseorang. Duel di sana diakui dan diperbolehkan selama dalam kondisi tertentu, yaitu harus terdaftar sebagai donor darah.

45. Paraguai mempunyai sistem hukum yang menggunakan praktik hukum terbaik di seluruh dunia dan menggunakan prinsip hukum Romawi dalam hal teladan hukum dan yang diletakkan oleh Perancis dan Argentina.

semestafakta-Paraguay Tetra

46. “Tetra Paraguai”, Aphyocharax paraguayensis, adalah ikan kecil yang menarik. Nama lainnya adalah “Panda Tetra”, “Rio Paraguay Tetra”, “Dawn Tetra” dan “Para Tetra”. Ikan ini berasal dari Sungai Paraguai di Paraguai dan Brazil. Ikan ini tumbuh hanya mencapai 4 cm dan sangat agrasif.

47. Menurut Deartemen Antropologi Universitas Dili, orang Paraguai dianggap sebagai orang yang paling galak di dunia.

48. Menurut salah satu statistik, di Paraguai ada anjing untuk setiap orang yang tinggal di Paraguai. Kebanyakan anjing ini bukanlah peliharaan tetapi liar di jalan-jalan.

49. Setiap orang di Paraguai hampir sudah memiliki ponsel, tetapi hanya untuk sms dan bukan untuk menelpon, karena biayanya dianggap lebih murah.

5. Paraguai merupakan penandatangan Perjanjian Asuncion pada tahun 1991, untuk membentuk dinamakan Mercosur, yaitu blok perdagangan yang didirikan untuk mempromosikan prinsip perdagangan bebas, suplai barang-barang dan jasa, dan persatuan antar negara-negara Amerika Selatan. Didirikan oleh Argentina, Uruguai, Brazil, dan Paraguai, dan kemudian Venezuela menjadi anggota penuh pada tahun 2012.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on June 28, 2015 by and tagged , .
%d bloggers like this: