semestafakta

Sedikit yang kita tahu tentang semesta…

31 FAKTA UNIK SURINAME

semestafakta-suriname flag

1. Penduduk awal Suriname adalah Indian Surinen yang menjadi asal nama dari Suriname. Pada abad ke-16 mereka digantikan oleh suku Indian Amerika Latin lainnya. Inggris menyerahkan kedaulatan kepada Belanda pada tahun 1667 (Perjanjian Breda).

2. Spanyol menemukan Suriname pada tahun 1593, tetapi pada tahun 1602 Belanda mulai mendiami daratan tersebut, diikuti oleh Inggris.

semestafakta-surinam map

3. Sekitar 33.000 tenaga kerja dari Indonesia didatangkan ke Suriname untuk menggantikan para pekerja Indian antara tahun 1900 dan 1940.

4. Pada akhir abad ke-17, Suriname menjadi suplier gula untuk Eropa. Untuk menanam tebu, Suriname memperkerjakan para budak yang didatangkan dari Afrika.

5. Etnis terbesar Suriname adalah Hindustani, yaitu sekitar 37% dari jumlah penduduk, yang bermigrasi dari Asia ke Amerika Selatan pada abad ke-19. Terdapat juga ras keturunan Perancis, Jawa (Indonesia) dan Maroon.

6. Hampir 50% penduduk Suriname tinggal di ibu kota Kota Paramaribo. Paramaribo adalah sedikit dari kota di dunia yang kita bisa menyaksikan bangunan masjid berdekatan dengan sinagog, sebagai lambang tolerasnsi beragama.

semestafakta-mosque and sinagoge

7. Paramaribo dianggap sebagai salah satu dari area kebudayaan yang menarik di Amerika Selatan, dengan banyaknya bangunan dari masa kolonial pada abad ke-17 dan 18 yang masih terlihat di sana. Arsitektur Belanda sangat kental dalam bangunan-bangunan tua.kota ini masuk dalam situs warisan budaya UNESCO pada tahun 2002.

8. Suriname dikenal dengan nama “Dutch Guiana”, ketika wilayah tersebut diambil alhi oleh Belanda.

9. Negara di Amerika Selatan ini berbahasa resmi bahasa Belanda, dan satu-satunya negara di Amerika Latin yang berbahasa Belanda. Bahasa lokalnya adalah bahasa Srana Tongo, Hindi, Bhojpuri, Inggris, Sarnami, Jawa, Hakka, dan Melayu.

10. Di Suriname, orang di bawah umur 30 tahun tidak diperbolehkan menikah tanpa persetujuan tertulis dari orang tuanya.

11. Suriname mempunyai katak yang terkenal, yang bernama “Katak Suriname”, atau dikenal juga dengan “Pica-Pica”, dan mempunyai cara reproduksi yang unik. Pica-Pica betina memelihara berudunya di kulit punggungnya yang berpori-pori dan tidak mempunyai lidah atau gigi.

12. Buku ilmu pengetahuan kelas 2 SD diberikan oleh MINOV (Ministry of Education and People’s Development) yang berisi pelajaran ilustrasi tentang “Pecandu Narkoba” (junkies). Di Suriname anak pertama kali diajarkan apa itu pecandu narkoba dan bagaimana cara menghindarinya.

13. Banyak imigran di Suriname meninggalkanwarisan kuliner. Makanan nasional Suriname terdiri dari ayam dan nasi. Di Paramaribo, menu masakan Jawa dan Cina adalah sangat populer. Di kota-kota pinggiranya, makan pagi terdiri dari nasi (khas Jawa), roti (Hindustani), atau roti (Kreole).

14. Salah satu makanan yang paling berbeda yang dapat kamu nikmati di Suriname adalah Pom, yang menunjukkan campuran budaya antara Yahudi dan keturunan Perancis. Biasanya disajikan pada upacara-upacara spesial budaya Suriname.

semestafakta-Pom

15. Meski Suriname adalah negara yang merdeka tetapi masih ada hubungan kuat dengan Belanda, dan mempuunyai hobi olahraga yang sama dengan Belanda, yaitu sepak bola. Pemain sepak bola yang terkenal keturunan Suriname adalah pemain Belanda, Ruud Gullit, Frank Rijkaard dan Nigel de Jong.

16. Resort Alam Anaula mengajak kamu ke pemandangan alam yang tak terlupakan dan suguhan budaya. Hutan hujan yang masih alami, flora dan fauna sangat indah adalah pemandangan di resort ini, yang terletak di sebuah pulau di Sungai Suriname Atas (Upper Surinam River), di dasar Air terjun Ferulassi.

17. Suriname mempunyai 2 gunung, yaitu Gunung Bakhusys dan Gunung Van Asch Van Wijck. Puncak tertinggi di Suriname adalah Puncak Juliana (Juliana Top), dengan ketinggian mencapai 1230 m.

18. Suriname mempunyai danau waduk terbesar di dunia, yaitu danau Professor W. J. van Blommestein Meer di area Taman Alam Brownberg.

19. Lelydrop yang umumnya dianggap sebagai kota di Suriname, tetapi sebenarnya hanyalah sebuah desa karena wilayahnya yang kecil dan letaknya di pedalaman. Nama kota ini berasal dari nama Gubernur Jenderal Suriname zaman penjajahan, Cornelis Lely, yang terkenal karena jasanya membangun proyek air di Belanda dan Suriname.

20. Pondokan Hutan Amaradam dibangun di sebuah pulau idilis di sungai Grand Rio, yang tersembunyi di hutan hujan Amazon di bagian sungai berarus deras Awarradam.

21. Taman Rekreasi Colakreek adalah resort berendam alam di tengah-tengah landskap savannah yang indah. Tempat ini sesuai untuk anak-anak dan orang dewasa yang ingin bersantai dan rileks dengan pemandangan sungai kecil berwana hijau jernih.

22. Suriname dikabarkan mempunyai tingkat “konsumsi” kembang api atau petasan tertinggi per kapita di dunia. Para peluncur kembang api (Pyromaniacs) mulai menambakkan kembang api beberapa hari sebelum hari Natal dan malam terakhir sampai memasuki tahun baru. Pada hari Tahun Baru toko-toko di Paramaribo menembakkan deratan petasan kertas berwarna merah yang dinamakan dengan “Pagara”.

23. Suriname juga dikabarkan paling banyak memiliki mobil per kapita di dunia. Rata-rata keluarga berpenghasilan menengah memiliki tiga atau lebih kendaraan. Mobil-mobil juga sering ditinggalkan di tengah-tengah hutan atau di pinggir jalan.

24. Suriname mempunyai air minum yang sangat murni dan sangat segar. Air keran bersih dan dapat langsung diminum, terutama di daerah perkotaan.

25. Di Suriname orang tidak bisa membeli unit rumah di bangunan bertingkat. Hanya kapling tanah yang boleh dibeli. Jika kamu ingin membeli rumah, maka kamu harus membangun rumah bertingkat di tanah miliknya sendiri atau membeli keseluruhan tanah dan rumah dari orang lain.

26. Seni cat adalah seni grafis yang paling berkembang di Suriname. Bentuk seni yang paling populer adalah seni musik. Yang paling popular di kalangan orang keturunan Perancis (Creole) adalah musik Kaseko dan musik Kawina, yang pada mulanya dinyanyikan dan dimainkan di perkebunan. Di kalangan Hindustani, lagu-lagu dari film India adalah sangat pavorit. Terdapat juga orkes gamelan Jawa tradisional dengan lagu Jawa tradisional.

27. Kamu harus mengetahui dokter yang menangani kamu telah mendapat “Verwijsbrief” (rujukan/surat ijin) untuk mengetahui spesialisasinya dan mendapatkan jaminan melalui perusahaan asuransi kamu untuk membayar kunjungan dokter tersebut. dokter mempunyai spesialisasi sendiri-sendiri, seperti dokter mata, ginekologis, onkologis, dan dermatologis.

28. Jika kamu menyewa rumah dan membeli asuransi sewa di Suriname, maka kamu akan mendapatkan jaminan untuk dari bahaya angin ribut yang merusak atap rumah sewa kamu, meski kamu tidak memiliki rumah tersebut.

29. Jembatan Jules Wijdenbosch adalah salah satu pemandangan agung di Suriname. Jembatan ini dibangun di atas Sungai Suriname. Pemandangan menarik lainnya adalah Katedral St. Peter dan Paul, yang sudah berusia satu abad lebih.

30. Di Suriname, pada ilmuwan menemukan 24 spesies makhluk hidup yang sebelumnya tidak dikenal dalam bidang ilmu pengetahuan. Ini adalah hasil dari ekspedisi tahun 2005 oleh para ahli organisasi Konservasi Internasional. Diantara spesies tersebut adalah katak dengan bercak berwarna ungu yang dinamakan Atelopus spp dan binatang amfibi lainnya. Para ilmuwan juga menemukan spesies baru ikan dan insekta.

semestafakta-Atelopus spp.jpg

31. Dengan beragamnya budaya, maka Suriname mempunyai banyak festival, diantaranya adalah Malam Tahun Baru, Phagwa Suci, Easter, Hari Buruh, Indian Arrival Day, Keti Koti, Javanese Arrival Day, Hari Pribumi, Hari Kemerdekaan, Natal, Hari Tinju, dan lain-lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on February 13, 2016 by .
%d bloggers like this: