semestafakta

Sedikit yang kita tahu tentang semesta…

52 FAKTA MENARIK TENTANG MOZAMBIK

semestafakta-mozambique map

1. Nama Mozambik (Mozambique) diambil dari nama pulau Mozambique (diambil dari nama Musa al Big atau Mossa Al Bique atau Mussa Ben Mbiki), yaitu nama pedagang Arab yang pertama kali datang ke pulau tersebut dan hidup di sana) ketika Portugis tiba di wilayah tersebut. Sekarang pulau tersebut menjadi Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

2. Wilayah Mozambik ditemukan oleh Vasco da Gama pada tahun 1498 dan dijajah oleh Portugis pada tahun 1505.

3. Aktivitas gerilya dimulai pada tahun 1963 dan mencapai puncaknya pada tahun 1973, sehingga Portugis mengerahkan 40.000 pasukannya untuk melawan gerakan tersebut. Pertempuran berakhir pada September 1974, dan setelah 470 tahun dijajah Portugis, Mozambik memperoleh kemerdekaan pada 25 Juni 1975.

4. Dalam pemilihan multi partai pada tahun 1994, presiden Chissano menang. Pada November 1995, Mozambik menjadi negara bukan bekas jajahan Inggris pertama yang menjadi anggota persemakmuran Inggris. Rencana ekonomi ketat presiden mengalami kesuksesan dan menimbulkan kepercayaan dan bantuan luar negeri.

5. Pada bendera Mozambik, bintang kuning ditutupi dengan buku adalah menyimbulkan pendidikan; cangkul menyimbulkan pertanian; dan senjata melambangkan pertahanan dan kewaspadaan.

semestafakta-Flag_of_Mozambique-600x400

6. Kemerdekaan Mozambik dibangun di atas Pondasi Pan Afrikanisme. Pan Afrikanisme dan gerakan kemerdekaan membantu membentuk partai pembebasan, untuk memperjuangkan kebebasan atau kemerdekaan Mozambik (FRELIMO), yang terbentuk dari kelompok-kelompok politik anti kolonial. Para pemimpin gerakan kemerdekaan menggunakan solidaritas budaya untuk memperoleh dukungan dari penduduk yang membuat mereka sukses dalam melawan kolonialisme.

7. Ibu kota Mozambik, Maputo, dikenal resmi dengan nama Lorenzo Marques dan berdiri pada tahun 1850. Kota ini dijuluki “Kota Acacias”

8. Armando Guebuza adalah presiden Mozambik sekarang. Aires Ali adalah perdana menteri Mozambik sekarang.

9. Mozambik merupakan negara yang sangat miskin, dengan separoh penduduknya masih hidup dengan penghasilan kurang dari $1 per hari.

10. Mozambik meruapakan negara yang diramalkan bakal mengalami pertumbuhan pada sepuluh tahun mendatang karena diuntungkan oleh ekspor batubara dan minyak bumi.

11. Separoh dari penduduk Mozambik berumur di bawah 17 tahun.

12. Budaya Mozambik mempengaruhi banyak para bintang dunia, termasuk Beyonce, terutama budaya jogetnya. Pada tahun 2011, superstar Beyonce mendatangkan group Tofu dari Mozambik ke Amerika untuk mengajarkan kepada tim jogetnya gerakan-gerakan unik.

semestafakta-tofu

13. Mozambik termasuk tempat populer untuk membuat film. Salah satunya adalah film tahun 2006, Bloods Diamond, yang mengambil lokasi di Maputo, ibu kota Mozambik.

semestafakta-Bloods Diamond

14. Mozambik adalah tempat kelahiran pemain sepak bola legendaris, Pele.

semestafakta-pele

15. Maria de Lurdes Mutola, yang dijuluki “The Maputo Express”, adalah atlet keempat kelahiran Mozambik yang ikut Olimpiade enam kali.

semestafakta-Maria de Lurdes Mutola

16. Mozambik menghasilkan banyak penulis dan artis yang dipengaruhi oleh gerakan Frelimo. Beberapa figur penggerak Frelimo adalah Marcelino dos Santos dan Sérgio Vieira, yang menulis puisi dan mendukung ekspresi puitis sebagai bentuk perlawanan.

17. Pantai Mozambique adalah habitat bagi lima dari tujuh spesies kura-kura laut yang terancam punah.

18. Mozambik mempunyai stasiun rel kereta api CFM yang bisa menyaingi Grand Central di New York dan merupakan salah satu yang terindah di dunia menurut travelandleisure.com.

semestafakta-The CFM railway station in Mozambique

19. Danau Niassa adalah salah satu danau terbesar di Afrika dan berada di sebelah tenggara Mozambik, yang membentuk perbatasan antara Malawi dan Tanzania.

semestafakta-Niassa National Reserve2

20. Pada tahun 1977 sampai 1992 terjadi perang sipil antara faksi RENAMO dan FRELIMO dan kelaparan yang membunuh lebih dari 1 juta penduduk di Mozambik.

21. Puncak tertinggi di Mozambik adalah Monte Binga dengan ketinggian 2.436 meter di atas permukaan laut.

22. Cagar Alam Gajah Maputo adalah habitat bagi 350 gajah yang habitatnya terancam.

23. Lukisan batu Vumba di Mozambik diperkirakan telah berusia 8000 tahun yang menggambarkan para pemburu dan binatang buruannya.

semestafakta-vumba rock paintings

24. Makanan di pedesaan Mozambik berbahan dasar ketela pohon, yang dikenal dengan Mandioca dalam bahasa Portugis, kalau diterjemahkan adalah “serba cukup” (the all-sufficient). Sumber makanan yang bisa ditumbuk ini bisa dibakar, dijemur, atau diulet dengan air untuk dijadikan bubur.

25. Selama hampir 500 tahun Portugis sangat mempengaruhi menu makanan Mozambik, seperti pãozinho, rissóis, prego, espetada, puding, dan  inteiro com piripiri yang terkenal.

semestafakta-espetada semestafakta-inteiro com piripiri semestafakta-pãozinho semestafakta-Prego semestafakta-pudim semestafakta-rissóis

26. Sebuah penelitian menyatakan bahwa 13% dari penduduk Mozambik adalah terinfeksi HIV/AIDS. Setiap tahunnya, ada 110.000 orang yang mati karena HIV/AIDS.

27. Mozambik rentan terhadap bencana alam, seperti banjir. Pada tahun 2000, ratusan orang meninggal dunia karena badai siklon. Pada tahun 2011, terjadi bencana banjir karena hujan yang sangat lebat.

28. Usia harapan hidup di Mozambik hanya sampai pada usia 41 tahun, karena banyaknya penyakit infeksi di negara ini.

29. Hasil karya tertulis sangat terbatas karena kemiskinan dan tingkat baca yang rendah. Ada tradisi bercerita  yang kuat, dan banyak penulis kontemporer Mozambik terlibat dalam tradisi tersebut. Karya tulis sejarah bertema sekitar perlawanan terhadap kolonialisme Portugis dan mengalami banyak penyensoran sebelum kemerdekaan. Penulis seperti Luis Bernardo Honwana dipenjara karena karyanya. Honwana juga seorang pembuat film dokumenter yang terkenal dengan bukunya “We Killed Mangy-Dog”, yang mengkombinasikan otobiografi personal dan kultural.

semestafakta-Luis Bernardo Honwana semestafakta-We Killed Mangy-Dog

30. Alat musik tiup yang dikenal dengan Lupembe, yang digunakan oleh suku Makonde, adalah terbuat dari tanduk hewan, kayu, atau labu. Marimba, yaitu sejenis xylopon yang diadaptasi dalam musik barat, adalah berasal dari Mozambik, yang terkenal dengan nama Chopi. Musisi Chopi juga menggunakan Mbira, yaitu bilah logam yang ditempelkan ke kotak berlubang dan dipetik dengan jari. Jenis musik ini sama dengan model musik kalipso dan regge di Indian Barat.

semestafakta-Chopi

31. Mozambik terkenal dengan seni pahat tradisioanalnya yang dibuat oleh penduduk Makonde. Dengan menggunakan kayu keras (terutama kayu mahoni, eboni, dan kayu besi), topeng pakaian dan pahatan atau ukiran Makonde dikenal dengan “pohon keluarga”, yang menggambarkan berbagai macam figur yang diceritakan turun-temurun. Mozambik mencetak artis komtemporer seperti Malangatana Goenha Valente, yang lukisannya menggambarkan konflik antara budaya kolonial dengan budaya pribumi. Dua pemahat kontemporernya adalah Raffael Nkatunga dan Alberto Chissano

gozo-azul-Chissano.jpg

32. Di wilayah pesisir utara dan di pulau Mozambique, biasanya orang perempuan akan melumuri wajahnya dengan masker putih alami, yang dinamakan dengan Mussiro atau n’siro. Tujuan memakai topeng itu berkembang dari waktu ke waktu. Sekarang cenderung bertujuan untuk memperoleh kulit yang halus. Sedangkan menurut ceritanya, topeng Mussiro digunakan untuk membawa pesan tersembunyi lain yang berhubungan dengan status sipil seorang wanita.

semestafakta-Mussiro 2 semestafakta-Mussiro

33. Praktik animisme masih ada di Mozambik, termasuk tukang sihir, orang suci, dan dokter atau tabib tradisional, yang beromunikasi dengan ruh-ruh dan bertindak sebagai perantara penghubung kepada orang yang sudah meninggal. Para tabib menggunakan tumbuh-tumbuhan lokal untuk melaksanakan pengobatannya juga melakukan pengobatan spiritual.

34. Pulau terbesar di Mozambik, Pulau Bazaruto, luasnya adalah sekitar 23 mil (37 km) panjangnya dan 4 mil (7 km) lebarnya, dan dikelilingi oleh hamparan pasir putih yang menakjubkan. Bukit pasir yang besar terdiri dari bidang timur sedangkan bagian dalamnya terdiri dari danau yang besar yang menjadi habitat bagi sebagian besar burung air seperti flamingo, dan juga dihuni oleh buaya.

semestafakta-Bazaruto Island

35. Benguerra adalah pulau terbesar kedua di kepulauan Bazaruto, yang besarnya kurang dari separohnya Bazaruto dan berdekatan dengannya, yang mempunyai pantai yang menarik, bukit pasir yang besar dan danau air segar. Hutan dan tanah basahnya menarih banyak burung dan mamalia, dan dikelilingi oleh batu karang yang sangat baik untuk menyelam.

semestafakta-Bazaruto Island

36. Terletak di provinsi Tete di Mozambik, Danau Cahora Bassa adalah danau buatan terbesar kedua di Afrika. Sistem Dam Cahora Bassa adalah skema hidrolik terbesar di Afrika selatan dan merupakan salah satu dari tiga dam utama dari sistem sungai Zambezi, bersama dengan Dam Kariba dan Itezhi-Tezhi.

semestafakta-cahora bassa semestafakta-cahora bassa2

37. Sering ditunjuk sebagai ‘tempat di mana Nabi Nuh memarkir kapalnya’, Taman Nasional Gorongosa adalah tempat bermain dan bertamasya bagi orang kaya dan sudah terkenal sejak tahun 1960-an yang mempunyai pemandangan liar yang menarik.

38. Dengan area seluas 42.000 km persegi, Niassa Game Reserve adalah area dilindungi di Mozambik, dan merupakan salah satu dari area liar yang paling alami di seluruh Afrika. Seukuran dengan Taman Nasional Kruger yang terkenal di Afrika Selatan (seukuran Denmark), Niassa Reserva mempunyai banyak kehidupan satwa liar, seperti kehidupan burung dan pemandangan alam yang indah.

39. Mozambik adalah tempat untuk melihat burung yang fantastik di dunia.

40. Pemba adalah pernah menjadi pusat perdagangan antara Arab dan Portugis. Pemba kaya dengan sejarah dan pantai-pantai yang besar.

Pemba

41. Kepulauan Quirimbas adalah terdiri dari 30 pulau, batu karang, pantai-pantai yang fantastik, dan kehidupan satwa liar seperti ikan paus dan gajah.

semestafakta-Quirimbas Archipelago semestafakta-Quirimbas Archipelago2semestafakta-Quirimbas Archipelago3

42. Ilha de Mozambique, adalah bekas ibu kota Mozambik, yaitu pulau kecil yang dikelilingi benteng yang menakjubkan yang penuh dengan bangunan sejarah yang menunjukan sisa-sisa peninggalan Arab, Swahili, dan Portugis.

43. Tofo adalah tujuan pariwisata populer bagi turis dengan budget terbatas. Tofo mudah dituju dari Johannesburg dengan berkendara. Tofo menawarkan pantai untuk surfing, pantai-pantai yang indah dan akomodasi yang menyenangkan. Juga mudah untuk menuju kota bersejarah, Inhambane.

44. Ketika Vasco da Gama mengelilingi Afrika pada akhir tahun 1400-an, dia berlayar ke teluk Inhambane yang indah untuk mengisi perlengkapan kapalnya dan menjelajahi pulau tersebut, kemudian dia jatuh cinta dengan pulau Inhambane, dan menamainya dengan “Terra de Boa Gente”, pulau persahabatan dan ramah.

45. Mozambik mempunyai beberapa tempat untuk menyelam, yaitu di Ponta Malongane dan Ponta do ouro, terutama di Goza-Azul, menyelam dan berenang bersama dolpin.

semestafakta-Goza-Azul

46. Kura-kura meninggalkan telurnya antara bulan November dan Februari di pantai-pantai di Mozambik.

47. Kepulauan Bazarut adalah cagar laut terbesar di Samudera India.

48. Homoseksual adalah tindakan kriminal di Mozambik.

49. Pakaian tradisional Mozambik dikenal dengan nama Capulans

50. Gunung Mabu di Mozambik adalah tempat hutan yang dikenal dengan “Hutan Google”, karena pada tahun 2005 para ilmuwan menemukan hutan hujan yang belum dikenal dan belum dieksplorasi dengan menggunakan Google Earth.

51. Museum Sejarah Alam mempunyai koleksi fetus gajah yang dianggap unik di dunia.

52. Mozambik mempunyai rumah yang semuanya terbuat dari besi yang dikenal dengan Casa do Fero. Rumah tersebut diimpor ke Maputo pada tahun 1892 untuk rumah Gubernur Rafael Jácome de Andrade. Namun otoritas pemerintah lupa bahwa akibatnya bagian dalam rumah tersebut terasa sangat panas, sehingga gubernur tidak jadi pindah. Sekarang rumah tersebut menjadi kantor untuk Direktorat Nasional Warisan Budaya, dan sekarang dipasang AC.

semestafakta-iron house in mozambique

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on January 21, 2016 by .
%d bloggers like this: