semestafakta

Sedikit yang kita tahu tentang semesta…

36 FAKTA MENARIK TENTANG SUDAN

semestafaakta-sudan flag

1. Nama Sudan berasal dari Bilad al Sudan, yang artinya “daratan orang hitam”

2. Sudan merupakan negara terbesar di Afrika dan Timur Tengah, sebelum negara tersebut pecah menjadi dua pada Juli 2011 (Sudan dan Sudan Selatan). Saat itu Sudan menduduki peringkat ke-10 sebagai negara terbesar di dunia. Sekarang, Sudan adalah negara terbesar ketiga di Afrika (setelah Algeria dan Kongo) dan peringkat ke-16 sebagai negara terbesar di dunia.

semestafaakta-sudan ma

3. Sudan Selatan didominasi oleh agama Kristen dengan pemerintahan suku, sedangkan Sudan Utara diperintah dengan hukum syariah Islam. Pada 1 Januari 1956 diperingati sebagai Hari Nasional.

4. Ibukota Sudan, Khartoum, berasal dari bahasa Arab yang artinya adalah “belalai gajah”, yang merujuk pada kelokan besar di Sungai Nil yang mengalir ke utara dari kota tersebut.

5. Sungai Nil Putih dan Biru mengalir melintasi Sudan dan bertemu di Khartoum sebelum mengalir ke Mesir.

6. Puncak tertinggi Sudan adalah Kaldera Deriba di ketinggian 3,42 m. Kaldera ini terbentuk oleh erupsi vulkanis ada 3500 tahun yang lalu, yang panjangnya mencapai 8 km dan pusatnya dipenuhi dengan danau.

semestafaakta-deriba caldera

7. Sudan memiliki situs-situs yang masuk dalam World Heritage Sites UNESCO, yaitu Situs Arkeologi Pulau Meroe, Cultural Gebel Barkal, dan Situs Wilayah Napatan

semestafaakta-Gebel Barkal semestafaakta-Gebel Barkal2 semestafaakta-Gebel Barkal3

8. Meski sebagian besar daratan Sudan terdiri dari tanah datar dan gurun pasir, tetapi Sudan mempunyai tanah subur yang luas, cadangan tambang emas yang signifikan, dan cadangan minyak yang besar. Menurut catatan Menteri Energi Sudan bahwa Sudan mempunyai cadangan minyak sebanyak 3 milliar barel.

9. Sudan Selatan adalah negara terbaru di dunia. Negara ini terletak di Afrika Tengah. Ibu kota Sudan Selatan adalah Juba, yang berada di sekitar Sungai Nil Putih.

10. Ribuan tahun yang lalu, wilayah utara Sudan adalah berupa gunung berapi ekstrim, yang sisa-sisanya masih terlihat di sebelah utara.

11. Di Sudan terdapat banyak reruntuhan dan piramida Mesir, bahkan lebih besar dari yang ada di Mesir. Sudan pernah menjadi bagian dari Mesir sebelum kemerdekaannya.

12. Sudan mempunyai salah satu dari gerakan pertama wanita yang paling aktif di Afrika dan dunia Arab selama 1960-1970-an. Wanita Sudan juga menjadi pioner dalam sains, politik, dan aktivisme. Sudan mempunyai anggota parlemen wanita pertama di Afrika dan Timur Tengah (1965), menteri kesehatan wanita pertama (1974), dan hakim wanita pertama di Timur Tengah, sinematograf, wasit sepak bola, tentara, dan pegawai polisi.

13. Sudan adalah negara Arab dan negara muslim pertama yang mengangkat wanita sebagai hakim, yaitu pada tahun 1960-an. Ada sekitar 67 hakim di kehakiman Sudan sekarang dan yang terbanyak di negara Arab dan negara muslim di dunia.

14. Sebelum Arab Spring, yang dimulai di Tunisia pada tahun 2010, Sudan adalah negara pertama yang mengadakan pemberontakan, bahkan terjadi dua kali. Yang pertama terjadi pada tahun 1964, yang terkenal dengan “Revolusi Oktober”, yang berhasil mengusir diktator militer pertama, Jenderal Aboud. Pemberontakan kedua terjadi pada tahun 1985, yang berhasil menjatuhkan diktator militer lain, Jafar Numeiri, yang berkuasa setelah melalui kudeta pada tahun1969.

semestafaakta-General Aboud

15. Pada tahun 2003, terjadi peperangan antara dua kelompok, Sudan Liberation ArmuMovement (SLA/M) dan Justice and Equality Movement (JEM) melawan pemerintahan Sudan, karena alasan kerawanan ekonomi.

semestafaakta-Sudan Liberation Army semestafaakta-the Justice and Equality Movement

16. Pemerintah Sudan merespon perlawanan tersebut dengan mengerahkan milisi Arab (aka Janjaweed) untuk melakukan serangan yang kejam di desa-desa seluruh Sudan. Sejak awal tahun 2003, diperkirakan sudah 400.000 penduduk yang meninggal dunia secara langsung atau tidak langsung akibat serangan tersebut.

17. Pada September 2004, sekretaris negara Amerika, Colin Powel, menganggap konflik Darfur sebagai genosida dan menyebutnya sebagai krisis kemanusiaan terburuk pada abad 21.

18. Sekitar 2,5 juta penduduk selamat dari serangan tetapi mereka kemudian dipindahkan ke kamp pembuangan orang. Pada tahun 2004, pemerintah Sudan tidak mau mengakui telah melakukan genosida.

19. Pada Juli 2008, kejaksaan tinggi International Criminal Court’s/ICC (Pengadilan Kriminal Internasional) memanggil tahanan Presiden Omar Al Bashir karena kasus genosida, kejahatan melawan kemanusiaan dan kejahatan perang di Darfur.

semestafaakta-President Omar Al Bashir

20. Tingkat melek huruf Sudan hanya 62% – 70%, menurut laporan UNESCO. Hanya sekitar 68% anak yang mengenyam pendidikan dasar. Banyak dari wanita Sudan meninggal dunia pada saat melahirkan atau mengandung.

21. Sudan mempunyai tingkat pengangguran kaum muda sebanyak 34%. Lebih dari 18% penduduk Sudan menganggur dan 40% penduduknya hidup di bawah garis kemiskinan. Lebih dari 90% enduduk di Sudan Selatan hidup dengan enghasilan kurang dari 1 dollar. Malaria adalah enyakit endemik di Sudan Selatan. 80% dari penduduk Sudan tidak bisa menikmati fasilitas toilet yang layak.

22. 83% dari penduduk Sudan tinggal di Tukel (bangunan melingkar dari lumpur dengan atap jerami.

semestafaakta-tukel2

23. Hampir 95.000 anak berusia lima tahun meninggal dunia di Sudan Selatan pada tahun 2012 karena penyakit .

24. Meski bahasa resmi Sudan adalah Arab dan Inggris, tetapi menurut para antropolog dan para ilmuwan sosial bahwa ada 100 bahasa dan dialek yang digunakan di Sudan. Hampir 600 kelompok etnis menggunakan lebih dari 400 bahasa dan dialek.

25. Sekitar tahun 400 SM, kincir air diperkenalkan di Sudan dan masih berperan penting dalam perekonomian negara tersebut.

26. Sumber alam Sudan meliputi tembaga, bijih krom, minyak tanah, zinc, cadangan kecil bijih besi, hidropower dan mika, tungsten, perak, dan emas. Hasil pertaniannya adalah kapas dan kacang.

27. Menurut PBB, perang sipil di wilayah Darfur , dianggap sebagai “salah satu trategi terburuk dalam sejarah sekarang”.

28. Menurut undang-undang Sudan, usia nikah minimum adalah usia 18 tahun ke atas bagi kaum laki-laki dan 16 tahun bagi kaum wanita. Acara pernikahan di Sudan bisa memakan waktu sampai satu minggu. Di dalamnya ada lima upacara nikah “pilihan”, yaitu Jertik (upacara pernikahan spiritual), Henna pengantin laki-laki, Henna pengantin perempuan, Subhiya atau Ragis al aroos (pengantin wanita berjoget/dansa untuk tamu wanita), dan al Dukha (upacara pernikahan gaya barat).

29. Wanita yang akan menikah akan pergi ke salon henna, yaitu salon kecantikan yang melukis henna di tangan, kaki, dan lengan seorang wanita. Desain henna yang paling pavorit adalah bunga dan pola-pola simetris. Kuku juga dicat dan warna yang banyak dipakai adalah hitam kemudian merah dan cokelat. Hasil henna akan terlihat setelah dua atau tiga minggu.

semestafaakta-hanna3 semestafaakta-hanna

30. Pakaian tradisional wanita Sudan adalah “Thawb/Thobe”. Thawb berasal dari bahasa Arab yang artinya garmen.

semestafaakta-jalabiya semestafaakta-jalabiya2

31. Sebelum pernikahan, sudah menjadi tradisi bahwa pengantin perempuan akan berendam di bak mandi panas berasap yang diberi wangi-wangian dari kayu akasia yang dinamakan dengan Dukhan, dua kali selama 40 hari. Selama periode itu dia tidak akan mandi. Tubuhnya akan dilumuri dengan minyak beraroma. Pada hari ke-40, lapisan hitam tipis yang menutupi tubuhnya akan dibersihkan dan kulit akan nampak lebih cerah.

32. Sudan mempunyai 4,2 juta pelanggan internet pada Desember 2011, yaitu sebanyak 10% dari total penduduk Sudan.

33. Sudan adalah negara berdasarkan syariah Islam, yang melarang mengkonsumsi dan menjual alkohol. Bagi yang ketahuan akan dicambuk 40 kali. Bekas presiden, Gaafar Nimeiry menerapkan syatiah Islam pada Semptember 1983, ditandai dengan membuang alkohol besar-besaran ke sungai Nil. Pada waktu itu minuman beralkohol yang dilarang adalah Iraqi.

34. Masakan khas Sudan adalah Waika, Bussara, dan Sabaroag, Miris, Sharmout Abiyad, dan Kajaik yang biasanya dimakan bersama dengan Asseda atau Asseeda Dukun. Sup Sudan yang terkenal adalah Kawari dan Elmussalammiya. Keju khas Sudan adalah Gibna Bayda (keju putih). Roti khas Sudan adalah Kissra dan Gurrasa.

semestafaakta-gurrasa semestafaakta-kissra bread semestafaakta-sudanase bread semestafaakta-sudanase food semestafaakta-waika

35. Penulis terkenal dari Sudan adalah Tayeb Salih, yaitu penulis novel The Wedding of Zein dan Season of Migration to the North.

semestafaakta-Season of Migration to the North semestafaakta-tayeb salih semestafaakta-The Wedding of Zein

36. Di Khartoum, Sudan, terdapat Teater Nasional, yang menampilkan seni pertunjukkan. Juga di sana terdapat The College of Fina and Applied Arts, yang telah menghasilkan banyak seniman grafis yang terkenal.

semestafaakta-National Theater in Khartoum semestafaakta-National Theater in Khartoum2

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on August 30, 2015 by and tagged , , .
%d bloggers like this: