semestafakta

Sedikit yang kita tahu tentang semesta…

34 FAKTA MENARIK TENTANG KIRGISTAN

1. Nama Kirgistan (Kyrgyz) berasal dari istilah Kirgistan yang artinya “Daratan 40 Suku” Kemungkinannya adalah bahwa orang Kirgistan berasal dari empatpuluh keluarga atau klan.

semestafakta-kyrgyz flag

2. Penduduk asli Kirgistan adalah orang Turki yang pertama kali menghuni pegunungan Tien Shan. Mereka adalah nomaden pastoral tradisional. Untuk memperluas kolonisasi Russia pada tahun 1900-an, penduduk Russia memberikan beberapa tanah pertanian yang subur. Hal ini menimbulkan pemberontakan yang tidak sukses dan membawa petaka oleh orang Kirgistan pada tahun 1916. Kirgistan menjadi bagian dari Republik Sosialis Federasi Soviet ada tahun 1924 dan menjadi reublik otonomi ada tahun 1926. Kirgistan menjadi konstituante reublik USSR ada tahun 1936. Soviet memaksa Kirgistan meninggalkan budaya nomadiknya dan mengadopsi pertanian dan teknik produksi industri modern. Kirgistan memproklamirkan kemerdekaannya dari Uni Soviet pada 31 Agustus 1991.

semestafakta-kyrgyz map

3. Pahlawan yang paling terkenal di Kirgistan adalah pahlawan persatuan Kirgistan, yaitu Manas. Nama Manas terpampang di mana-mana di Kirgistan. Dari mulai jalan raya, patung, universitas, stasiun radio, sampai taman nasional, dan obyek lainnya mempunyai nama Manas, bahkan bandara utama Kirgistan adalah bernama Bandara Internasional Manas. Tempat peristirahatan terakhir Manas berada di Gunung Ala Too, di barat laut kota Talas. Di sana juga Manas Ordo, yaitu taman dan museum bersejarah yang dibangun untuk menghormati Manas. Manas berasal dari epos terpanjang di dunia, “Manas”, yang mempunyai 500.000 baris/bait, yang menceritakan migrasi orang Kirgistan di bawah piminan Manas.

semestafakta-manas

4. Hari besar umum Kirgistan adalah Hari Wanita Internasional (8Maret), May Day (1 Mei), Hari Konstitusi (5 Mei), Hari Kemenangan (9 Mei), Hari Lonceng Terakhir (pertengahan Juni), Hari Kemerdekaan (31 Agustus, Lonceng Pertama (1 Setember), dan Malam Tahun Baru (31 Desember). Harihari besar dirayakan dengan pesta di tempat umum dan di rumah-rumah dengan makan-makan, minum, berjoget/dansa, dan bernyanyi.

5. Orang-orang nomaden masih banyak terlihat mengembara di pegunungan Kirgistan, yang tinggal berkelompok dalam tenda bundar besar yang disebut dengan “Yurt”.

semestafakta-yurt semestafakta-yurt2

6. Kota-kota utama di Kirgistan adalah Bishkek (ibu kota), Frunze, Issyk-kul, Kant, Naryn, Osh, Talas, dan Tokmok. Tempat menarik di Bishkek adalah square (alun-alun) Ala-Too yang menawan dengan patung Lenin di tengah-tengahnya. Tidak jauh dari square terdapat Museum Bersejarah Negara. Di kota Frunze terdapat cerita tentang Mikhail Vasilievich Frunze. Dia adalah salah satu murid Lenin yang telah mengalahkan penjajah yang berusaha mengalahkan tentaranya. Setelah menang, dia dikirim untuk mengawasi Komisi Turki dan mendiddik penduduknya. Setelah itu dia menjadi pemimpin perang lagi. Setelah perang berakhir, dia menulis buku dan artikel tentang strategi perang.

klake-Ala-Too klake-Ala-Too2

7. Di Kota Kant terdapat tempat pembuatan bir, yaitu Abdysh Ata. Juga terdapat tempat pendidikan pilot profesional pada awal tahun 50-an dan sekarang dianggap sebagai Basis Angkatan Udara Russia. Masjid di Parvomayskoe mempunyai desain dan bangun yang unik. Di perkampungan Milianfan, yaitu komunitas kecil yang berada di sebelah selatan sungai Chuy yang terkenal dan terhampar padang rumput yang hijau tempat tinggal Dungan. Dungan adalah komunitas separoh Cina dan separoh muslim yang migrasi ke Kirgistan. Sergeant Mansur Vanahun, seorang ahlawan Russia yang hidu di kota ini, memunyai rumah yang kemudian dijadikan sebagai museum setelah kematiannya.

8. Pegunungan Tian-Shan sangat terkenal di kalangan penulis dan produser karena pemandangannya yang luar biasa khususnya setelah musim dingin. Video game seperti Indiana Jones and The Infernal Machine dan Call of Duty: Modern Warfare 2 menggunakan scan tempat ini sebagai lokasi gambaran dalam gamenya. Danau Son-Kul di Naryn juga mempunyai pemandangan yang sangat menakjubkan yang hanya dapat dimasuki dari bulan Juni sampai September melalui jalan Sary-Kul.

semestafakta-Call of Duty, Modern Warfare 2 semestafakta-Indiana Jones and The Infernal Machine semestafakta-Tian-Shan Mountains

9. Pemadangan utama di kota Osh adalah jalur Sutera, yaitu jalur perdagangan penting yang menghubungkan Asia dan Eropa yang anjangnya sekitar 7000 mil. Monumen/patung banyak terdapat di kota Osh, seperti patung Kurmanjan Datka dan patung Lenin. Di Osh juga terdapat pegunungan Sulayman, yaitu situs peninggalan dari tahun 689 yang masuk dalam situs budaya UNESCO.

semestafakta-Sulayman Mountainsemestafakta-silk road

10. Pemandangan di kota Tokmok adalah reruntuhan Ak-Beshim, yaitu peninggalan arkeologis yang terdiri dari artefak dan naskah Uyghur dan prasasti Sogdian dari nenek moyang Kirgistan. Di Tokmok juga ada Menara Burana, yang melatari cerita-cerita seperti dongeng Rapunzel dan kronik Sleeping Beauty.

semestafakta-Ak-Beshimsemestafakta-sogdian

11. Orang Kirgistan menyukai teh. Di sini teh menggantikan air. Teh disajikan dalam mangkuk kecil dengan ditemani roti tradisional Kirgistan.

12. Mayoritas penduduk Kirgistan adalah Islam Sunni. Namun di jalanan kota Bishkek jarang ditemukan tanda-tanda Islam karena pengaruh Soviet-nya. Setelah runtuhnya Komunis, pengaruh Islam lambat laun muncul kembali dalam masyarakat Kirgistan.

13. Berjabat tangan adalah bagian yang sangat penting dalam budaya Kirgistan. Setiap bertemu orang Kirgistan pasti bersalaman, kecuali terhada lawan jenis.

14. Orang Kirgistan sangat menjaga kebersihan. Setiap akan masuk rumah harus mencopot sandal dan sepatu.

15. Topi tradisional yang dipakai kaum laki-laki di Kirgistan dinamakan Ak-Kalpak (topi putih). Sutera hias dipakai pada upacara khusus di Kirgistan.

semestafakta-Ak-Kalpak 2 semestafakta-Ak-Kalpak

16. Kirgistan secara umum bisa dianggap sebagai negara yang aman, tetapi banyak jalan raya yang belum mendapat penerangan, bahkan di ibukota Bishkek, listrik jalan juga masih jarang.

17. Bishkek adalah salah satu kota terhijau di bekas Republik Soviet, bahkan di dunia. Sebagian besar jalan raya di Bishkek lebar dan di sisi kanan kiri jalan berjajar pohon-pohon dan hutan.

18. Orang yang paling terkenal dari Kirgistan adalah seorang penulis bernama Chingiz Aitmatov. Dia lebih terkenal di dunia melebihi seorang olahragawan, politikus, dan musisi.

semestafakta-Chingiz Aitmatov

19. Minuman paling terkenal di Kirgistan adalah Kumyz, yaitu susu kuda.

semestafakta-kumyz semestafakta-kumyz2

20. Hutan kenari Kirgistan di Arslanbob (10.000) adalah diantara hotan alam terbesar di dunia dari jenisnya. Hutan ini sudah ada sejak Alexander the Great.

21. Kota Osh adalah pusat perdagangan penting pada abad ke-10 sebagai bagian dari Jalur Sutera, yaitu rute perdagangan antara Cina dan Eropa.

22. Di Pasar Osh, kita dapat membeli produk-produk makanan, semua peralatan rumah tangga, pakaian, sovenir Kirgistan, dan bahkan alat musik. Pakaian nasional Kirgistan dijual di blok/bagian barang-barang nasional dan dijahit di pasar di serikat penjahit yang dinamakan dengan “Kyyal” (dari bahasa Kirgis yang artinya “fantasi/impian”), dan bisa memesan untuk ukuran tertentu.

semestafakta-osh bazar

23. Glasier Inylchek di Kirgistan adalah salah satu glasier terbesar di dunia.

semestafakta-Inylchek Glacier

24. Kirgistan (Kyrgyz) adalah salah satu kelompok yang menyerang perbatasan Cina, sehingga Cina perlu mendirikan Tembok Besar Cina.

25. Danau tertinggi kedua di dunia berada di Kirgistan, yaitu Danau Issyk Kul. Danau ini dijuluki dengan “Permata Tien Shan”. Fakta menarik tentang Danau Issyk Kul, yang artinya “Laut Panas”, adalah danau tersebut tidak pernah terasa dingin, meski terletak di pegunungan, dan bahkan pada musim terdingin.

26. Kirgistan berbagi Lembah Fergana dengan Uzbekistan dan Tajikistan. Lembah Fergana terkenal dengan kuda legendarisnya. Lembah Fergana adalah tempat kelahiran Akhmed Al Fergani, yaitu seorang astronom terkenal dari zaman pertengahan Islam.

27. Orang Kirgistan menyukai kuda, sebagian karena nenek moyangnya yang nomaden dan tergantung pada binatang untuk bertahan hidup. Salah satu olah raga paling populer di Kirgistan adalah Kok-boru atau Ulak-tartysh, yaitu permainan kuda yang dikenal dengan “Polo Kambing Mati”. Dua tim enunggang kuda laki-laki bertarung/berjuang untuk mendapatkan kambing mati.

semestafakta-Kok-boru

28. Bangunan bersejarah abad ke-10, Menara Burana Kirgistan terletak di Balasagyn, yaitu salah satu kota abad pertengahan terbesar di Lembah Chui yang indah. Untungnya, pasukan Genghis Khan, tidak menghancurkan menara tersebut ketika mereka kemudian menyerang wilayah tersebut. Menara Burana tingginya mencaai 25 meter.

semestafakta-Kyrgyzstan’s Burana Tower semestafakta-Kyrgyzstan’s Burana Tower2 semestafakta-Kyrgyzstan’s Burana Tower3

29. Kirgistan adalah tempatnya Lada, yaitu mobil buatan Russia. Lada adalah sangat mungil, khususnya berwarna berwarna kuning menyala, tetapi seringkali dijadikan bahan tertawaan, seperti ungkapan bahwa Lada bisa mencapai kecepatan 100 km per jam, bila diterjunkan dari tebing. Mercedes, Audi, dan BMW tahun 1990-an dan Aught awal juga banyak ditemukan di Kirgistan, sebagian disebabkan karena mesinnya menurut laoran bisa bertahan dalam musim dingin dan musim panas.

semestafakta-lada semestafakta-lada2

30. Kazakhstan terkenal sebagai nenek moyang apel, tetapi Kirgistan mempunyai M. Kirghisorum yang sangat tua, atau “apel Kirgistan” dan nenek moyang dari buah prem, ceri, dan buah lainnya.

31. Setiap hari Minggu di kota Karakol, di timur Kirgistan, terdapat pasar hewan besar yang menjual kuda, sapi, dan kambing.

32. Makanan utama orang Kirgistan adalah Lagman, Manti, lov, elmeni, Ashlam-foo, Samsa, dan daging atau kentang goreng. Sebagian besar dagingnya adalah daging domba, dan daging lainnya adalah daging sapi, ayam, dan kalkun. Orang Kirgistan tidak makan daging babi. Lagman dan Manti adalah makanan harian penduduk bagian utara sedangkan Plov adalah makanan yang banyak dimakan orang Kirgistan bagian selatan. Sebagian besar orang makan emat atau lima kali sehari, tetapi hanya satu kali makan besar, dan yang lainnya adalah makan makanan kecil, seperti vareynya, kaimak, sara-mai, dan bermacam-macam salad.  

semestafakta-lagman semestafakta-Plovsemestafakta-manti semestafakta-pelmeni semestafakta-samsa

33. Kafe Kirgistan, Chaikanas dan Ashkanas, biasanya akan menyajkan enam atau tujuh makanan, serta dua atau tiga makanan pendamping di dalam menu makanannya. Minuman pilihannya terbatas pada teh, soda, dan air mineral.

34. Alat musik yang terkenal di Kirgistan adalah Komuz (kecapi), oz-komuz (harpa mulut), Choo Choor (alat musik tiup dari tanah), dan Kuiak (alat musik gesek yang dimainkan dengan menunduk).

semestafakta-komuz semestafakta-ozkomuz

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on July 22, 2015 by and tagged .
%d bloggers like this: