semestafakta

Sedikit yang kita tahu tentang semesta…

78 FAKTA MENARIK TENTANG BELANDA

semestafakta-holland map

1. Nama Belanda (Nederland) berasal dari keadaaan geografinya yang 20% daratan dan penduduknya hidup lebih rendah dari permukaan laut. Daratan yang tinggi, hanya 1 meter di bawah permukaan laut, luasnya sekitar 50%. Istilah Nederland artinya adalah “Negara Rendah”.

semestafakta-netherland flag

2. Ada 23 juta orang yang menggunakan bahasa Belanda sebagai bahasa pertama dan 5 juta sebagai bahasa kedua. Di samping Belanda, bahasa Belanda juga menjadi bahasa Aruba, Belgia, Curacao, Sint Maarten, dan Suriname.

3. Belanda memiliki 12 provinsi, yaitu Holland Selatan, Holland Utara, Brabant Utara, Gelderland, Utrecht, Overijssel, Limburg, Friesland, Groningen, Drenthe, Flevoland, dan Zeeland.

4. Belanda adalah negara Republik dengan monarki konstitusional. Monarki Belanda adalah sejak Pangeran William of Orange pada abad ke-16. Raja Willem Alexander berkuasa sejak April 2013, ketika ibunya, Ratu Beatrix turun tahta setelah selama 33 tahun menjadi ratu.

semestafakta-Prince William of Orangesemestafakta-King Willem-Alexander

5. Belanda memiliki dua ibukota, yaitu Amsterdam (ibu kota resmi yang disahkan sejak abad ke-18) dan Hague (pusat pemerintahan dan ibu kota pertama sejak tahun 1584).

6. Nama Amsterdam berasal dari nama kampung nelayan pada abad ke-12, yaitu dari nama sungai Amstel dan dam yang digunakan untuk mencegah banjir.

7. Belanda adalah bangsa Eropa yang pertama kali menjelajahi Australia dan New Zealand pada abad ke-17. Australia kemudian diberi nama “New Holland”. New Zealand adalah berasal dari nama provinsi Zeeland. Tasmania berasal dari nama penjelajah Belanda, Abel Janszoon Tasman (1603-1659).

semestafakta-Abel Tasman

8. New York awalnya adalah jajahan Belanda yang diberi nama New Amsterdam. Banyak nama-nama tempat di New York yang masih menggunakan nama Belanda.

9. Lagu kebangsaan Belanda, Wilhelmus, adalah yang tertua di dunia. Ditulis dan dilagukan pertama kali pada tahun 1568, meski secara resminya dipergunakan baru pada tahun 1932. Bendera Belanda dibuat pada tahun 1572.

10. Negara kepulauan, Mauritius, diberi nama pada tahun 1598 untuk menghormati Pangeran Maurice dari Nassau, penguasa Belanda pada waktu itu.

semestafakta-Prince Maurice of Nassau

11. Meski Portugis adalah yang pertama kali “menemukan” teh di Asia Timur, namun Belanda yang memperkenalkan dan memperdagangkan teh ke Eropa pada tahun 1610. Teh baru sampai ke Inggris pada tahun 1650-an.

12. Bahasa Belanda sangat mirip dengan bahasa Jerman. Oleh karenanya, banyak orang Belanda yang bisa bahasa Jerman. Namun, kebanyakan orang Belanda tidak menyukainya jika bahasanya dibanding-bandingkan dengan bahasa Jerman

13. Ikan haring dengan irisan bawang dan acar adalah makanan nasional Belanda. Belanda mengkonsumsi 12 juta kg setiap tahunnya, dan berarti 5 ikan per orang.

semestafakta-herring fishNETHERLANDS-ECONOMY-FISHING-HERRING

14. Belanda adalah salah satu dari negara anggota pendiri Uni Eropa.

semestafakta-europe uni

15. 86% dari penduduk Belanda berbahasa Inggris sebagai bahasa kedua.

16. Netherland dan Holland itu tidak sama. Holland adalah wilayah pantai barat Netherland. Yang terdiri dari Amsterdam, Rotterdam, Haarlem, Leiden, dan Hague.

17. Rotterdam adalah pelabuhan terbesar kedua di dunia.

semestafakta-rotterdam port

18. Belanda adalah negara pertama yang melegalkan perkawinan sesama jenis pada tahun 2001.

19. Belanda adalah ahli dalam mengelola ombak laut dan sungai. Bahkan pemerintah Amerika meminta bantuan Belanda untuk menangani badai Katrina.

20. Di Belanda ada istilah “Tuhan menciptakan Bumi, tetapi Belanda menciptakan Holland”. Laut Utara akan menyapu seluruh Belanda seandainya Belanda tidak membendungnya. Selama berabad-abad, Belanda membangun banyak kanal, bendungan, dan stasiun pompa air untuk menghalau ombak laut.

21. Universitas tertua dan kebun botani tertua di Belanda berada di Holland Selatan. Universitas Leiden berdiri tahun 1575. Limabelas tahun kemudian, universitas mendirikan Hortus Botanicus untuk tujuan holtikultural dan riset florikultur.

HPIM0597.JPGsemestafakta-Hortus Botanicus

22. Belanda memiliki lebih dari 4000 km kanal, sungai, dan danau.

23. 70% bacon di dunia adalah berasal dari Belanda.

semestafakta-bacon

24. Belanda adalah mempunyai rata-rata tinggi tubuh paling tinggi di dunia, laki-lakinya mencapai 184 cm sedangkan tinggi perempuannya sampai 170 cm.

25. Bandara Schiphol berada 4,5 m di bawah permukaan air laut.

26. Sebagian besar tanah makam dikontrakkan hanya selama 10, 15, atau 20 tahun dan tidak dijual.

27. Sekitar 2/3 tanah Belanda mudah tergenang banjir karena 25% kerendahan  tanahnya berada di bawah permukaan laut dan 50% kurang dari 1 m berada di atas permukaan air laut. Hampir seluruh orang Belanda bisa berenang, main skateboard, dan bersepeda.

28. Belanda terkenal sebagai penemu Bakfiet, yaitu sepeda pengangkut. Sepeda ini didesain oleh pendiri Belanda, Maarten van Andel.

semestafakta-bakfetsemestafakta-Maarten van Andel

29. Belanda mempunyai 1.281 jembatan.

30. Dataran tertinggi di Belanda adalah Vaalserberg, yang tingginya hanya 323 meter di atas permukaan laut. Sisanya adalah berupa tanah datar.

31. Perusahaan-perusahaan Belanda yang terkenal adalah Philips, Akzo Nobel, Royal Dutch Shell (separoh Inggris), Unilever (separoh Inggris), Heineken, IKEA (resminya milik Swedia) dan ABN-AMRO.

semestafakta-Akzo Nobelsemestafakta-SHELL

32. KLM (Royal Dutch Airlines) adalah perusahaan penerangan nasional terlama di dunia. Berdiri sejak tahun 1919.

semestafakta-KLM

33. Belanda sudah lama menjadi negara terkaya di dunia. GDP per kapitanya tertinggi di dunia pada tahun 1820, dan tertinggi kedua di Eropa pada tahun 1900 (setelah Belgia). Sekarang Belanda menempati GDP tertinggi ke-4 di Uni Eropa.

34. Kota Eindhoven dikenal juga dengan “Kota Cahaya” karena perusahaan listrik raksasa, Philips, bermula dari sana dengan memproduksi bolam lampu. Perusahaan ini juga menemukan player audio (tahun 1967), player video (1972) compact disk (1982) dan CD-ROM (1985).

semestafakta-Eindhovensemestafakta-PHILIPS

35. Merek bir Belanda yang terkenal di dunia adalah Heineken, Grolsch, dan Amstel. Tempat pembuatan bir Heineken di Belanda adalah pabrik terbesar ketiga di dunia dengan 140 panrik di lebih dari 70 negara. Di dalam negeri Heineken menguasai 50% pasar bir di Belanda.

semestafakta-heineken beersemestafakta-Grolschsemestafakta-Amstel

36. Rata-rata orang Belanda meminum 74 liter bir setiap tahunnya.

37. Belanda adalah peminum kopi terbesar di dunia setelah bangsa-bangsa Skandinavia dengan rata-rata 140 liter setiap tahunnya atau 3,2 gelas setiap harinya.

semestafakta-dutch coffe

38.Kincir angin yang terkenal di Belanda digunakan untuk memompa air selama ratusan tahun yang lalu. Belanda terkenal dengan negara kincir angin bersejarah di dunia dengan lebih dari 1000 kincir angin yang menjulang yang masih bekerja.

39. Taman Keukenhof adalah taman bunga terbesar di dunia.

semestafakta-keukenhof park

40. Belanda memiliki delapan Situs Warisan Dunia UNESCO, yaitu Schokland, Satsiun pompa uap D.F. Wouda, Laut Wadden, Benteng Pertahanan Amsterdam, Beemster Polder, Rietveld Schröder House, the Kincir angin Kinderdijk, dan kanal Amsterdam.

semestafakta-D.F. Wouda Steam Pumping Stationsemestafakta-Defense Line of Amsterdamsemestafakta-Kinderdijk windmillsemestafakta-Rietveld Schröder House

41. Selama 4 kali selama bulan Mei dan Juni sejak tahun 1909, ribuan anak sekolah Belanda bersama orang tuanya berjalan sejauh 5 atau 10 km pada sore hari selama 1 jam melalui jalan-jalan dalam pawai besar yang terkenal dengan nama avondierdaagse, atau “Pawai Empat Sore” dengan menyedot setengah potong jeruk dan kalung dari gula-gula melingkar di lehernya.

semestafakta-avondvierdaagsesemestafakta-avondvierdaagse2

42. Belanda adalah negara penggemar sepeda. Ada lebih dari 18 juta sepeda di negara tersebut. Satu orang mempunyai lebih dari satu sepeda.

43. Di seluruh Belanda ada “fietspaden” yang didesain khusus atau jalur sepeda dan para pejalan kaki dilarang melintasinya.

semestafakta-fietspaden

44. Belanda sudah membuat keju sejak tahun 400. Belanda adalah pengekspor keju terbesar di dunia  dengan perputaran industri setiap harinya mencapai sekitar EUR7 milliar. Keju Belanda adalah yang terbaik di dunia, sebagaimana yang telah dinilai oleh 40 juri dari 17 negara yang telah menilai 2500 keju pada tahun 2012 dalam World Cheese Making Contest yang diadakan di Amerika. Merek keju yang terkenal adalah Gouda, Edam, Leerdammer.

semestafakta-edamsemestafakta-Leerdammersemestafakta-gouda-2

45. Pasar keju di Woerden dan Gouda, tempat dimana para petani keju menimbang keju dan mencicipi keju serta menentukan harga keju telah berusia 300 tahun dan masih beroperasi sampai sekarang.

semestafakta-gouda

46. Maeslantkering, yaitu penahan gelombang di dekat Rotterdam, panjangnya menyamai menara Eiffel di Perancis.

semestafakta-Maeslantkering

47. Bunga tulip Belanda  yang terkenal di dunia pada awalnya tidak asli dari Belanda, tetapi diimport dari Turki. Jika kamu ingin melihat bunga tulip, kunjungi Belanda pada tanggal 25 April – 5 Mei, masa ketika bunga tulip berbunga.

semestafakta-tullip2

48. Bapak Belanda yang terobsesi dengan bunga tulip adalah seorang botanis, Carolus Clusius. Dia yang mempopulerkan tulip di sana. Dia juga yang pertama mengidentifikasi “broken tulip”, yaitu infeksi virus yang menyebabkan kerusakan pada bunga tulip.

semestafakta-Carolus Clusius

49. Vincent Willem van Gogh (1853-1890) yang terkenal dengan karya post-impresisionisnya yang terkenal dan berpengaruh pada abad ke-20 adalah orang Belanda. Di samping dua karyanya yang terkenal, yaitu lukisan berjudul “Vase of Sunflowers” dan “Starry Night”, dia membuat lebih dari 2000 lukisan hanya dalam waktu 10 tahun dengan banyak karya terkenalnya dalam 2 tahun waktu terakhirnya.

semestafakta-van goghsemestafakta-vase of sunflowerssemestafakta-starry night

50. Salah satu pelukis terbesar dalam sejarah seni Eropa, Rembrandt van Rijn (15 Juli 1606 – 4 Oktober 1669), adalah orang Belanda. Dia juga merupakan figur penting dalam sejarah seni Belanda. Karyanya yang terkenal adalah “The Night Watch”, tahun 1642.

semestafakta-Rembrandt van Rijnsemestafakta-The Night Watch

51. Mikroskop, teleskop, jam pendulum, dan termometer merkuri adalah penemuan Belanda pada abad 16 atau 17.

52. Dibutuhkan waktu 48 jam untuk mengelilingi semua provinsi Flevoland. Provinsi ini sebesar 3 kali Manhattan, New York. Jika bendungan jebol provinsi ini akan penuh dengan air, karena permukaan air laut lebih tinggi dari provinsi ini.

53. Ada 1000 museum di Belanda.

54. Musik dansa elektronik Belanda telah menaklukkan dunia dengan DJ-DJ seperti Armin van Buuren, Tiësto dan Afrojack, yang telah mengekspor musiknya ke seluruh penjuru dunia. Total ekspornya senilai EUR81,5 juta pada tahun 2010.

semestafakta-afrojacksemestafakta-armin van buuren

55. Sepatu kayu atau bakiak atau “Klompen” telah populer di Belanda selama 700 tahun sebagai sepatu atau sandal pabrikan yang dipakai oleh petani, nelayan, buruh pabrik, artis dan lainnya untuk melindungi kakinya agar tidak terluka dan agar tetap kering.

semestafakta-klompensemestafakta-klompen2

56. Orange adalah warna resmi dan kesukaan orang Belanda karena Rumah of Orange (House of Orange), yang menimbulkan perlawanan Belanda atas Spanyol dan kemudian menjadi keluarga kerajaan Belanda.

57. Wortel orange ditemukan di Belanda pada abad ke-16. Sebelumnya wortel hanya berwarna putih, kuning, hitam, ungu atau merah. Wortel orange dipelihara untuk menghormati House of Orange.

58. Rata-rata orang Belanda bersepeda setiap harinya sejauh 2,5 km, dan 900 km setiap tahunnya.

semestafakta-Dutch person cycles

59. Belanda adalah negara yang sangat liberal. Mariyuana diperolehkan. Pelacuran sumbuh subur di Belanda. Kaum laki-laki bisa bisa bebas bermain seks di kloset bersama pacarnya yang dia mau, asalkan sudah berusia 16 tahun.

60. Ganja dan prostitusi adalah legal di Belanda. “Kedai kopi” yang mempunyai izin diperbolehkan menjual barang-barang tersebut, dan orang diperbolehkan menanam ganja di rumahnya. Meski mariuana dan ganja legal di Belanda, tapi kamu hampir tidak pernah melihat orang yang mengkonsumsinya. Bisnis prostitusi yang terkenal di Belanda adalah Red Light District.

semestafakta-free cannabissemestafakta-Red Light Districtsemestafakta-Red Light District2

61. Tempat-tempat menarik di Belanda diantaranya adalah Rumah Anne Frank, Rijksmuseum, museum van Gogh, museum Rembrandthouse, dan Heineken Experience.

semestafakta-Rijksmuseumsemestafakta-anne frank housesemestafakta-anne franksemestafakta-Rembrandthouse

62. Gin, sejenis minuman beralkohol, ditemukan di Belanda. Gin disebut dengan “jenever” (diucapkan dengan yeh-NAY-ver), dan pada mulanya hanya digunakan untuk keperluan kesehatan pada abad ke-16. Jintan saru (juniper berry), yang digunakan untuk menambah cita rasa, berasal dari hutan juniper, dan merupakan tanaman yang dilindungi.

semestafakta-genever

63. Meski musim hujan, orang Belanda lebih memilih menggunakan jas hujan daripada payung karena anginnya terlalu kencang dan akan kesulitan bila menggunakan payung.

64. Meski warna bendera nasional Belanda adalah merah, putih, dan biru seperti yang telah diputuskan oleh Ratu Wilhelmina pada tahun 1937, namun bendera berwarna orange berkibar sebagai tanda kesetiaan rakyat Belanda terhadap House of Orange, menemani bendera nasional.

semestafakta-orange flagsemestafakta-queen Wilhelmina

65. Hanya ada dua lubang colokan listrik di Belanda.

66. Anak-anak di Belanda akan pergi meninggalkan rumah orang tuanya ketika mereka sudah berusia 18 tahun, sebagai tanda kemandiriannya.

67. Orang Belanda lebih menyukai tangga rumah yang sempit. Maka ketika ingin memindah perabot rumah tangga ke lantai dasar, mereka mengereknya daripada melewati tangga.

semestafakta-narrow staircases

68. Kebanyakan rumah di Belanda bercat hitam.

69. Lantai Dasar (Ground Floor) di Belanda berarti Lantai 0, dan lantai berikutnya adalah lantai 1, 2, dan seterusnya. Sedangkan di Asia lantai dasar adalah lantai 1 kemudian naik ke lantai 2, dan seterusnya.

70. Orang Belanda suka secara terus terang dan to the point, meski dianggap tidak sopan menurut budaya lain.

71. Salah satu budaya di Belanda yang sangat berharga adalah “Gezellig” (pengucapannya adalah gher-zai-leghkk), bahasa Belanda yang artinya “ramah dan suka bergaul”. Mereka berusaha menciptakan suasana rileks, keramahan, dan kebaikan dalam setiap harinya.

semestafakta-gazellig

72. Amsterdam seluruhnya dibangun di atas tiang. Karena tanah Amsterdam mengandung lapisan tipis rawa dan tanah lempung, maka seluruh bangunan dibangun di atas tiang kayu yang yang dilapisi pasir yang rata-rata sedalam 11 meter. Istana Kerajaan di Dam Square dibangun dengan pondasi 13.659 tiang kayu.

73. Sekitar 30% bayi di Belanda lahir di rumah.

74. Belanda mempunyai banyak pilihan sarapan yang bermacam-macam, termasuk sereal atau roti, dan keju. Tetapi yang sering dimakan adalah ontbijtkoek (kue sarapan), yang terkenal dengan nama peperkoek (kue merica) atau kruidkoek (kue bumbu).

semestafakta-ontbijtkoek2semestafakta-ontbijtkoek

75. Orang Belanda menyukai permen. Permen di Belanda dinamakan drop. Ada lebih dari 80 jenis permen di Belanda, dan semua toko menyediakan tempat untuk permen. Merek permen yang terkenal diantaranya Engelse drop, Zoute drop, Dubbelzoute drop, dan lain-lain.

semestafakta-Engelse dropsemestafakta-zoute

76. Smith & Jones di Amsterdam adalah klinik ketergantungan obat pertama dan satu-satunya di Eropa. Klinik ini merawat segala hal yang berhubungan dengan ketergantungan, dari kecanduan judi sampai alkoholisme, dari kelainan makan sampai kecanduan main game.

77. Sudah menjadi kebiasaan orang Belanda memasang bendera Belanda dan tas sekolah di luar rumahnya ketika anaknya sedang menjalani ujian sekolah.

semestafakta-to hang a Dutch flag and school bag

78. Satu kali setiap sepuluh tahun, salah satu pameran pertanian terbesar di dunia diadakan di Belanda.

2 comments on “78 FAKTA MENARIK TENTANG BELANDA

  1. jonocom
    January 16, 2017

    Kompeni

  2. zik611
    May 22, 2018

    Reblogged this on jonegoro13.

Leave a comment

Information

This entry was posted on February 9, 2015 by and tagged .