semestafakta

Sedikit yang kita tahu tentang semesta…

74 FAKTA MENARIK TENTANG JEPANG

Japanese flag

1. Jepang adalah Negara dengan perekonomian terkuat nomor tiga di dunia, setelah Amerika dan China.

2. Ada 127 juta jiwa penduduk Jepang

3. Jepang sudah berdiri sejak tahun 660 SM. Hari lahirnya Jepang diperingati sebagai hari libur nasional, yaitu setiap tanggal 11 Februari

4. Lebih dari 70% wilayah Jepang adalah pegunungan

5. Ada lebih dari 200 gunung berapi di Jepang

6. Gunung Fuji adalah yang tertinggi di Jepang dan merupakan gunung yang masih aktif

japan2-semestafakta

7. Zen Buddhisme dan Shintoisme adalah agama terbesar di Jepang

japan3-semestafakta

8. Ada empat sistem tulisan di Jepang, yaitu Romaji, Katakana, Hiragana, dan Kani

9. Dalam tradisi Jepang, seorang wanita akan menghadiahi coklat pada hari Vallentine kepada seorang laki-laki. Namun, seorang lelaki tidak cukup hanya mengucapkan ‘terimakasih’, tetapi harus membalas dengan sesuatu pada hari khusus, yang dinamakan ‘Hari Putih’ (White Day), yang jatuh sebulan setelah hari Vallentine

10. Hati-hati memberi hadiah kepada orang Jepang. Angka 4 menunjukkan kematian dan angka 9 menandakan penderitaan. Oleh karena itu, hindari hadiah yang menampilkan angka-angka. Jangan pernah memberi hadiah jam yang menyimbulkan waktu yang sedang berjalan dan gunting yang menyimbulkan akhir atau pisahnya hubungan

11. Nama ‘Chan’ adalah menunjukkan gadis atau teman dekat gadis; ‘Kun’ menunjukkan anak muda atau teman dekat laki-laki, ‘Sama’ untuk Dewa, Buddha, atau konsumen dan ‘San’ untuk orang dewasa atau tokoh yang terhormat

12. Jepang mengimport sekitar 85% dari total produk kopi Jamaika

13. Tingkat melek huruf Jepang hampir 100%

14. Hampir tidak ada imigran di Jepang. Hamper 98% penduduknya asli etnis Jepang

15. 98,5% penduduk Jepang adalah campuran dari etnis Yamato

16. Sumo adalah olahraga nasional Jepang

japan4-semestafakta

17. Baseball juga popular di Jepang karena pengaruh Amerika setelah Perang Dunia II

18. Pakaian tradisional Jepang adalah ‘Kimono’ dan merupakan pakaian tradisonal paling mudah dipakai di dunia

Microsoft Word - Document1

19. Sampai terakhir tahun 1800-an, gigi putih dianggap jelek dan banyak wanita mewarnai giginya dengan warna hitam

20. Menyedot makanan adalah tanda kalau makanan itu lezat dan merupakan pujian terhadap makanan

21. Jepang adalah konsumen terbesar kayu hutan Amazon

22. Terjadi lebih dari 1500 gempa bumi di Jepang setiap tahunnya, meski gempa tersebut dalam skala kecil

23. Usia orang Jepang rata-rata 4 tahun lebih panjang dari orang Amerika

24. Pasar Tsukiji di Tokyo adalah pasar ikan terbesar di dunia dan mayoritas ikan di dunia di jual di sana

25. Jepang masih menangkap hiu dengan dalih untuk “penelitian” meski dagingnya banyak dijual di supermarket

26. Novel pertama Jepang adalah The Tale of Genji, yang ditulis oleh peraih nobel Jepang, Murasaki Shikibu pada tahun 1007

japan6-semestafakta

27. Origami, seni melipat kertas ala Jepang adalah menjadi keahlian yang popular di dunia

????????????????????????????????????????

28. Di Jepang karaoke berarti “orchestra diam”

29. Lantai yang ditinggikan di rumah menandakan harus melepas sepatu atau sandal ketika akan masuk

30. Kebanyakan ATM di Jepang di menerima kartu ATM asing. Kamu harus menggunakan mesin ATM di kantor pos

31. Untuk menjadi koki ikan Fugu (blowfish) memerlukan latihan selama 11 tahun. Koki Fugu harus mencicipi ikannya agar lulus dari latihannya dan mendapatkan sertifikat untuk memasak ikan tersebut

japan8-semestafakta

32. Di Jepang, geisha berarti “artis panggung” dan actor geisha pertama adalah seorang laki-laki

33. Banyak perusahaan Jepang mengharuskan sesi latihan pagi bagi para pekerjanya agar lebih giat dan siap bekerja

34. Makanan yang paling popular di Jepang adalah daging kuda mentah

35. Mie Ramen adalah mie yang paling popular di Jepang. Makanan ini terdiri dari mie rebus yang disajikan dengan jenis suo yang bermacam-macam, seperti tulang ayam, sardine kering, tulang babi, komu dan bumbu-bumbu seperti bawang, merica, jahe, jamur, dan sebagainya

japan9-semestafaktajapan10-semestafakta

36. Jepang memiliki tingkat pembunuhan terendah kedua di dunia. Tingkat pembunuhannya adalah 50 per 100.000 orang

37. Jepang memenangkan 10 kali nobel

38. Mafia Jepang, Yakuza, akan memotong sendiri jari kelingkingnya sebagai hukuman atas kesalahannya

japan11-semestafakta

39. Jepang terdiri dari 6800 pulau

40. Empat pulau utama, Honshu, Kyushu, Shikoku, dan Hokaido, adalah memakan 97% dari total daratannya

41. Jepang sudah dihuni sejak tahun 30.000 SM

42. Film animasi Jepang dan pertunjukan televisi (seperti animasi) mencatat 60% dari animasi dunia

43. Hampir ada 130 sekolah untuk acting animasi untuk mengisi suara film animasi

44. Lebih dari 23% penduduk Jepang berusia lebih dari 65 tahun

45. Jepang memiliki 50.000 orang yang berusia lebih dari 100 tahun

46. Tokyo adalah area metropolitan terbesar di dunia dengan penduduk lebih dari 35 juta jiwa

47. Sushi disiapkan sebagai makan di perjalanan

japan12-semestafakta

48. Ikan tuna paling mahal di dunia ada di Jepang dengan harga $735,000 USD

japan13-semestafakta

49. Dianggap tidak sopan mengeluarkan ingus di tempat umum

50. Di Jepang ada kafe dimana para pengunjungnya bisa bercengkerama dengan anak anjing dan anak kucing

japan14-semestafakta

51. Kekuasaan monarki Jepang adalah yang paling lama di dunia

52. Satu-satunya bahasa asing yang diajarkan di sekolah-sekolah Jepang adalah bahasa Inggris

53. Bahasa Jepang adalah bahasa yang paling banyak digunakan ke-6 di dunia. 99% orang Jepang menggunakan bahasa Jepang, meski tidak popular digunakan di luar Jepang

54. Daging sapi Kobe hanya da di Jepang karena ketatnya pengawasan dan larangan

55. Di bawah undang-undang Jepang, daging sapi Kobe hanya berasal dari daerah Hyogo

56. Jepang adalah satu-satunya Negara di dunia yang pernah di bom atom

57. Di Jepang, manusia salju (snowman) adalah terbuat dari dua bola salju besar dan bukan dari kayu

58. Di Jepang, restoran akan memberi kamu handuk basah segelas the hijau sebelum kamu makan

59. Puisi Jepang, Haiku, adalah puisi terpendek di dunia, yang hanya terdiri dari tiga baris

60. Pendaki gunung Himalaya tertua adalah orang Jepang, yaitu Mr. Yuichiro Miura, yang saat itu berusia 70 tahun ketika berhasil menaklukkan puncaknya yang pertama kali dan pada usia 75 ketika dia kembali menaklukkan puncak Himalaya yang kedua kalinya.

japan15-semestafakta

61. Samurai Jepang adalah prajurit yang pemberani dan disegani. Mereka dianggap sebagai para prajurit yang paling hebat

japan16-semestafakta

62. Ninja adalah prajurit bayaran yang bercadar pada zaman feudal Jepang yang spesialis dalam bidang perang khusus

japan17-semestafakta

63. Japan adalah nama lain dari “Daratan Matahari Terbit”

64. Film Jepang, The Hidden Fortress adalah inspirasi untuk film Star Wars Episode IV: A New Hope

japan18-semestafakta

65. Sake Jepang terbuat daru fermentasi beras

66. Tokyo adalah kota tempat tinggal termahal di dunia

67. Ada 1600 lebih kuil di Kyoto

68. Kereta api di Jepang adalah yang paling tepat waktu di dunia. Keterlambatannya hanya dalam hitungan 18 detik

japan19-semestafakta

69. Hanya di Jepang buah semangka berbentuk kotak karena alasan agar lebih mudah menyimpan dan menumpuknya

japan20-semestafakta

70. Di Jepang terdapat lebih banyak hewan peliharaan daripada anak kecil

71. 90% handphone di Jepang diciptakan tahan air karena banyaknya pemuda menggunakannya, bahkan sampai di tempat mandi

72. Tidur di tempat kerja diperbolehkan di Jepang, karena kelelahan bekerja

73. Jepang dan Rusia belum mengadakan perjanjian damai sampai akhir Perang Dunia II karena perselisihan masalah pulau Kuril

74. Jumlah rakyat China yang terbunuh oleh tentara Jepang selama Perang DUnia II adalah lebih banyak dibandingkan jumlah Yahudi yang terbunuh pada peristiwa Holocaust

Advertisements

25 comments on “74 FAKTA MENARIK TENTANG JEPANG

  1. sela sakura
    November 11, 2014

    Uwooo

  2. Gakarian
    December 26, 2014

    hehehe

  3. saputro321
    December 28, 2014

    wah nomor 38 sangar gan, g kebayang harus motong jari sendiri kayak apa rasanya heheh, btw ane juga ada artikel nih tentang jepang http://vevnews.blogspot.com/2014/12/mengirim-nengajo-tradisi-menyambut.html mampir ya gan hehe

  4. gamegokil.com
    February 15, 2015

    fakta tentang cewek2 nya dong gan,hehehe

  5. Suci
    February 22, 2015

    kerennn banget… izin kutip ya (pasti saya tulis sumbernya) buat bahan tulisan saya.

    • papanyameka
      February 22, 2015

      silakan, smoga bermanfaat bg suci. slm kenal

  6. Anonymous
    May 14, 2015

    keren banget gan, baru tau banyak hal 🙂

    Biang Sepatu

  7. ikan sapu
    August 16, 2015

    menarik sekali gan ijin comot ye

  8. aku sebentar lg mau ke jepang aku takut

  9. oh my good setem banget

  10. Ahmad Syifa
    September 23, 2015

    ya insya allah gw taun brsok ke jepang nganterin teteh gw

  11. Anonymous
    October 6, 2015

    luar biasa gan, jdi pengen tinggal di jepan.

  12. Rez Helena
    December 24, 2015

    Doumu Arigato Gozaimasu, sensei heheh 🙂
    hopefully can goes to japan in the future Amin

  13. saepul amri efendi
    January 3, 2016

    ooh jadi gitu fakta faktanya… jadi tau ey

  14. ajispedia
    January 22, 2016
  15. Pingback: Japan!! – ganisfauziyyah

  16. bokep
    October 12, 2016

    Woow mantab gan ,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on April 24, 2014 by .
%d bloggers like this: