semestafakta

Sedikit yang kita tahu tentang semesta…

61 Fakta Menarik tentang India

  1. Besar India adalah 1/3 Amerika, tetapi India menjadi negara berpenduduk kedua terbesar di dunia, dengan jumlah penduduk 1.166.079.217. India adalah negara terbesar ke tujuh di dunia dengan luas 1,27 juta mil persegi.
  2. India adalah negara demokrasi terbesar di dunia.
  3. Kumb Mela (atau Festival Kendi Agung) adalah festival keagamaan besar Hindu yang diadakan di India setiap 12 tahun. Pada tahun 2001, dihadiri oleh 60 juta orang, memecahkan rekor untuk kumpulan orang terbesar dunia. Kumpulan orang tersebut difoto dari udara dengan satelit.
  4. Banyak orang India menggunakan kertas toilet yang menjijikkan dengan tangan kiri. Akibatnya, tangan kiri dianggap tidak bersih dan tidak pernah digunakan untuk makan.
  5. Untuk mencegah polusi unsur-unsur (api, tanah, air, udara), para pengikut Zoroastrianisme di India tidak mengubur orang yang meninggal, dan sebagai gantinya dia meletakkan mayat tersebut di bangunan yang dinamakan “Menara Keheningan” untuk makanan burung bangkai. Setelah tulang tulangnya kering mereka dimasukkan ke dalam sumur.
  6. Dianggap ilegal membawa mata uang India (Rupee) ke luar dari India.
  7. India memimpin dunia dalam hal kejahatan, dengan 32.719 kasus, disusul oleh Rusia dengan jumlah kejahatan 28.904 per tahun.
  8. India mempunyai tingkat aborsi tertinggi di dunia.
  9. Lebih dari satu juta orang India adalah para milyuner, namun kebanyakan orang India hidup dengan kurang dari dua dollar per hari. Diperkirakan ada 35% penduduk India hidup di bawah garis kemiskinan.
  10. Sapi bisa bebas keluyuran di jalan-jalan kota India. Sapi dianggap suci dan sering sematkan tilak, simbol keberuntungan agama Hindu. Sapi dianggap salah satu dari tujuh ibu manusia karena sapi memberikan air susu seperti seorang ibu.
  11. Menari adalah kesenian yang paling berkembang di India dan menjadi bagian kesatuan dalam peribadatan di tempat-tempat suci dari setiap candi. Tarian adalah khusus gerakan tangan yang penuh ekspresif.
  12. Rabies adalah penyakit endemik di India. Apalagi “Perut Delhi” atau diare adalah hal yang biasa karena air minum yang sudah terkontaminasi.
  13. Kebanyakan istri di India tidak memanggil nama suaminya dengan suara keras yang dianggapnya tidak sopan. Ketika akan memanggilnya, seorang istri akan menggunakan beberapa petunjuk tidak langsung seperti “ji” atau “lihat di sini” atau “hello” atau bahkan menyebutnya dengan bapak dari anak-anaknya.
  14. Di India status janda dianggap jelek. Wanita yang sudah tua di pedesaan bisa disebut janda “yang telah memakan suaminya”. Pada beberapa keluarga yang orthodox, janda tidak diperbolehkan dekat-dekat dengan pengantin baru atau mendatangi perkumpulan sosial.
  15. India adalah tempat lahirnya permainan catur. Istilah “catur” berasal dari bahasa Sanskrit, chaturanga, yang berarti “empat anggota tentara” yang kemungkinan besar adalah gajah, kuda, kereta tempur, dan tentara kaki.
  16. Bendera India memiliki tiga pita warna horisontal: kuning jingga untuk keberanian dan pengorbanan, putih untuk kebenaran dan kedamaian, dan biru untuk keyakinan, kesuburan, dan kesatriaan. Lencana lingkaran roda menjadi pusat pita putih, tetapi ketika India memperoleh kemerdekaan, Budddhis Dharma Chakra, atau roda kehidupan, mengganti lingkaran roda.
  17. Candi Khajuraho terkenal karena pahatan erotisnya dan merupakan salah satu pertunjukkan paling menarik bagi turis di India. Para sarjana masih memperdebatkan tujuan penggambaran hubungan seksual yang jelas tersebut, yang terkadang melibatkan binatang.
  18. Katun yang paling tua di dunia dipintal dan ditenun di India. Kaisar Roma akan memakai katun yang lembut dari India yang mereka sebut dengan “angin tenun”. Kaisar Mogul menyebut kain tenun tersebut dengan “embun pagi” dan pakaian air mengalir”
  19. Di India kuno dan pertenghan, suttees, yaitu wanita janda mengorbankan dirinya ikut dalam pembakaran mayat suaminya adalah hal yang biasa.
  20. Himalaya berasal dari bahasa Sanskrit hima yang berarti “salju” dan alaya yang artinya “tempat kediaman” berada di sebelah utara India. Himalaya luasnya 1500 mil dan lama-lama bertambah tinggi sekitar 2,5 cm per tahun. Beberapa biara India kuno berdiri bagaikan mendekap besarnya gunung ini.
  21. India adalah produsen buncis kering terbesar di dunia, seperti kacang merah dan kacang polong. India juga pengekspor pisang terbesar di dunia, disusul Brazil.
  22. Di India, lipatan dan warna pakaian dipandang sebagai tanda penting dari klas sosial. Seorang wanita akan dipandang sebagai pelacur atau orang suci tergantung pada gaya di mana dia membelah rambutnya dengan sisir.
  23. Dengan 150.000 kantor pos, India mempunyai jaringan pos terbesar di dunia. Namun, sagat mengherankan kalau surat sampai dua minggu dalam pengiriman yang berjarak hanya 30 mil.
  24. Di India memegang telinga seseorang adalah menandakan penyesalan atau ketulusan.
  25. Macan Bengal adalah binatang nasional India. Macan Bengal pada mulanya ada di mana-mana, tetapi sekarang lebih sedikit dari 4000 ekor harimau liar yang tersisa.
  26. Orang India menduduki tempat terhormat di dunia internasional dan di Amerika. Misalnya pendiri Sun Microsystem (Vinod Khosla), pencipta chip Pentium(Vinod Dahm), pendiri/pencipta Hotmail (Sabeer Bhatia), dan manajer umum Hewlett-Packard/HP (Rajiv Gupta)  seluruhnya adalah orang India.
  27. Alexander The Great dari Macedonia (356-323 SM) adalah salah satu figur penting yang pertama kali membawa India melakukan kontak dengan Barat. Setelah kematiannya, hubungan antara Eropa dan Timur tidak akan pulih sampai penjelajah Portugis, Vaco da Gama (1460-1524) mendarat di Calicut, India, pada tahun 1498.
  28. British Raj, undang-undang Inggris bertahan dari tahun 1858-1947 (meski sudah ada di India sejak tahun 1700 an). Pengaruh Inggris masih terlihat pada arsitektur India, sistem pendidikan, transportasi, dan politik. Banyak kelaparan hebat di India ada hubungannya dengan undang-undang Inggris di India.
  29. Setiap agama besar dunia ada di India. Hinduisme, Buddhisme, Jainisme, dan Sikhisme adalah berasal dari India.
  30. Sekitar 80% penduduk India beragama Hindu. Islam adalah minoritas terbesar di India dan menyumbangkan sekitar 13% populasi negara. Kenyataannya, India mempunyai populasi muslim terbesar ketiga di dunia, setelah Indonesia dan Pakistan.
  31. India mempunyai industri film terbesar dunia, yang bermarkas di kota Mumbai (dikenal dengan “Kota Impian”). Huruf B dalam Bollywood berasal dari Bombai, nama pendiri Mumbai. Hampir seluruh film Bollywood itu bernuansa musik.
  32. Mumbai (Bombay) adalah kota terbesar India dengan penduduk 15 juta. Pada tahun 1661, teknisi Inggris membangun jalan lintas rawa-rawa yang menyatukan seluruh tujuh daerah asli Bombay menjadi satu wilayah.
  33. Mohandas K. Gandhi (1869-1948) dikenal di dunia dengan Mahatma, suatu sebutan kehormatan yang berarti “Jiwa Besar” dalam bahasa Sanskrit India kuno. Dia mencurahkan hidupnya untuk membebaskan India dari kekuasaan Inggris secara damai dan mendasarkan kampanyenya pada ketidaktundukan sipil. Hari kelahirannya adalah tanggal 2 Oktober, yang menjadi hari libur nasional. Dia dibunuh pada tahun 1948.
  34. Bunga lotus dianggap suci oleh umat Hindu dan Buddha. Rumah ibadah agama Baha’I du Delhi dikenal sebagai “Candi Lotus”, yang berbentuk seperti bunga lotus dengan 27 “daun bunga” yang besar yang dilapisi marmer./
  35. Banyan atau pohon ara India dianggap sebagai simbol keabadian dan disebutkan dalam banyak mitos dan legenda India. Tumbuhan pembaruan diri ini adalah pohon nasional India.
  36. Bunga Marigold digunakan sebagai dekorasi pada pernikahan Hindu dan merupakan simbol keberuntungan dan kebahagiaan.
  37. Nama resmi India adalah Republik India. Nama “India” berasal dari Sungai Indus yang berasal dari bahasa Sanskrit, Sindhu, yang berarti “sungai”. Nama resmi dari bahasa Sanskrit India adalah Bharat, menurut raja legendaris dalam epik Mahabharata.
  38. Diperkenalkan oleh Inggris, permainan kriket adalah olahraga paling populer di India. Hokey dianggap sebagai olahraga nasional, dan team hokey lapangan India dengan bangga memenangkan medali emas Olimpiade pada tahun 1928.
  39. India memberikan sumbangan yang signifikan terhadap kalkulus, trigonometri, dan aljabar. Sistem desimal ditemukan di India pada tahun 100 SM. Konsep nol sebagai nomor juga disumbangkan oleh India
  40. Buah nasional India adalah mangga. Burung nasional India adalah merak yang pada awalnya dipelihara untuk dimakan.
  41. Sejarawan sepakat bahwa laporan pertama tentang operasi plastik berasal dari teks Sanskrit India kuno.
  42. Bahasa India dan Inggris adalah bahasa resmi India. Pemerintah juga mengakui bahasa-bahasa lainnya (Assamese, Bengali, Gujarati, Nepali, Manipuri, Konkani, Kannada, Kashmiri, Malayalam, Marathi, Oriya, Punjabi, Sanskrit, Sindhi, Telugu, dan Urdu). Selain dari bahasa-bahasa ini, sekitar 1652  dialek digunakan di negara ini.
  43. Kelompok-kelompok penggembala di pedesaan sebagian besar bergantung pada perusahaan susu dan menjadikan India sebagai negara produsen susu terbesar di dunia.
  44. India mempunyai jaringan jalan raya terbesar ketiga di dunia sejauh 1,9 juta mil. India juga mempunyai jaringan real kereta api terbesar kedua di dunia yang menyediakan angkutan sipil terbesar dunia dengan 16 juta pekerja.
  45. Sungai berperan penting dalam budaya dan dongeng populer di India. Sungai disembah sebagai dewa karena sungai membawa air ke tanah lain yang kering. Mandi di sungai Gangga pada khususnya adalah untuk menghilangkan dosa seseorang. Sudah biasa menyebarkan abu seseorang yang dicintai di sungai Gangga.
  46. Raziya Sulatana (1205-1240)) adalah pemimpin perempuan pertama India. Dia dianggap sebagai pemimpin besar, meski dia hanya berkuasa selama tiga tahun sebelum akhirnnya dia dibunuh.
  47. Kebanyakan orang India akan membasuh tangan, kaki, dan wajahnya sebelum makan. Makan yang sopan adalah dengan memakai tangan kanan, dan kaum perempuan makan setelah semuanya selesai makan. Memubazirkan makanan adalah berdosa.
  48. Selama era Vedic di India, korban kuda dilakukan untuk kedaulatan raja.
  49. Pakaian tradisional ke makam adalah putih, bukan hitam. Janda-janda sering berpakaian putih untuk membedakan dengan pakaian perempuan yang sudah menikah atau belum menikah yang penuh warna-warni
  50. Seluruh India adalah menggunakan satu zona waktu.
  51. Pada hari kemerdekaan India, 15 Agustus 1947, negara terbagi menjadi India dan pakistan. Pembagian tersebut memindahkan 1,27 juta orang dan berakibat pada kematian ratusan ribu sampai jutaan orang.
  52. Para penulis India yang terkenal adalah Salman Rushdie dengan novelnya berjudul The Satanic Verses (1988), Vikram Seth dengan novelnya berjudul Suitable Boy (1993), dan Arundhati Roy dengan bukunya berjudul The God of Small Things (1997).
  53. India mengalami enam musim: musim panas, musim gugur, musim dingin, musim semi, angin musim panas, dan angin musim dingin.
  54. India adalah produsen teh terbesar dunia, dan teh (chai) merupakan minuman yang paling populer.
  55. Taj Mahal (“Istana Bermahkota”) dibangun oleh kaisar Mughal, Shah Jahan (1592-1666) untuk istri tercintanya, Mumtaz Mahal (1593-1631). Keindahan arsitektur ini disebut “sulaman marmer” karena pembuatannya yang rumit. Taj Mahal dikerjakan oleh 22.000 pekerja selama 22 tahun.
  56. Peradaban pertama dan terbesar pada masa India kuno berkembang di sekitar lembah sungai Indus (sekarang Pakistan) sekitar tahun 3000 SM. Disebut peradaban Lembah Indus, kekaisaran awal ini lebih besar dari kekaisaran manapun, termasuk Mesir dan Mesopotamia.
  57. Setelah peradaban besar Indus jatuh pada tahun 2000 SM, sekelompok orang Indo-Eropa yang dinamakan suku Arya (“bangsawan”) mengadakan perjalanan ke barat laut India dan menguasai selama masa yang disebut masa Vedic. Perpaduan pemikiran dari Aryan dan agmama-agama Lembah Indus membentuk dasar agama Hinduisme, dan dewa Shiwa, Kali, dan Brahma berasal dari peradaban Arya. Arya juga mencatat Weda, teks suci pertama Hindu, dan memperkenalkan sistem kasta yang berdasarkan pada etnis dan jabatan.
  58. Alexander The Great menjajah sebagian India karena dia ingin memecahkan misteri “laut” yang dia katakan sangat besar, laut yang terus-menerus mengalir mengelilingi negeri tersebut. Ketika dia sampai di laut India, dia mempersembahkan beberapa banteng untuk dewa Poseidon agar mengawal dia untuk mencapai tujuannya.
  59. Seni pahat Yunani berpengaruh kuat pada banyak cara penggambaran dewa-dewa India khususnya setelah jatuhnya Alexander the Great pada sekitar tahun 330 SM. Pada kenyataannya, dewa-dewa awal India mempunyai tampilan Yunani dan kemudian bentuk khas India muncul belakangan.
  60. Chandragupta Maurya (340-290 SM), seorang pemimpin di India yang mendirikan Kekaisaran Mauryan (321-185 SM) dikawal oleh sekumpulan wanita di punggung kudanya.
  61. Ketika pertama kali merdeka, pemimpin utama India, Jawaharlal Nehru (1889-1964) muncul di majalah Vogue, dengan tampilannya yang berbeda, dengan jas single breasted, cepat menjadi perbincangan penting mode dari gerakan Mod di Barat. Dengan menggunakan nama jas Nehru, jas pemimpin India tersebut dipopulerkan oleh kelompok musik the Beatles dan dipakai oleh orang terkenal seperti Johnny Carson (1925-2005) dan Sammy Davis Jr. (1925-1990).

http://facts.randomhistory.com/2009/05/04_china.html

Advertisements

2 comments on “61 Fakta Menarik tentang India

  1. Anonymous
    August 14, 2014

    ad

  2. cba
    September 4, 2015

    wow

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on August 3, 2013 by .
%d bloggers like this: